Tahukah Anda, meski jarang terjadi di Indonesia, kanker tenggorokan sangat perlu untuk diwaspadai. Bagaimana melakukan pengobatan kanker tenggorokan atau pengobatan kanker nasofaring? Adakah obat kanker tenggorokan yang cocok bagi pasien kanker?

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan pilihan informasi pengobatan kanker tenggorokan baik secara medis ataupun secara herbal. Ayo temukan beberapa informasi menarik lainnya dalam artikel berikut!

Pengobatan Kanker Tenggorokan – (Pengobatan Kanker Nasofaring)


Jika telah ditemukan kanker pada tenggorokan secara positif, maka dokter akan menyarankan beberapa metode penyembuhan yang umum digunakan. Pilihan pengobatan kanker nasofaring yang tepat sangat bergantung dari tempat tumbuhnya kanker dan level stadium kanker. Penyembuhan dapat berupa:

Terapi radiasi Sebagai Pengobatan Kanker Tenggorokan

Menggunakan partikel berenergi tinggi seperti X-ray untuk menyampaikan radiasi ke-sel yang tumbuh dengan ganas. Ketika radiasi ini berhasil maka sel-sel yang ganas tersebut akan mati. Terapi radiasi adalah metode pengobatan kanker nasofaring yang paling baik pada stadium awal.

Bagaimana cara kerja terapi radiasi sebagai pengobatan kanker tenggorokan? Terapi radiasi dilakukan dengan pemaparan gelombang radiasi menuju lokasi sel kanker berada. Paparan sinar radiasi akan merusak susunan sel kanker sehingga berhenti melakukan pembelahan sekaligus menghentikan sel tersebut.

Hanya saja pengobatan kanker tenggorokan dengan cara ini turut merusak sel sehat disekitar jaringan yang terkena paparan radiasi. Setelah sel kanker rusak dan mati maka pengobatan kanker tenggorokan beralih menuju proses rehabilitasi sel guna meremajakan kembali sel yang telah rusak.

Adapula kemoterapi, dilakukan dengan menggunakan bahan kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh agar sel-sel kanker mati. Pada banyak kasus, kemoterapi kemudian dikombinasikan dengan terapi radiasi. Karena setelah mendapat kemoterapi biasanya sel-sel kanker akan sangat sensitif terhadap radiasi. Tujuan dari kemoterapi adalah melemahkan tingkat keganasan dari sel kanker dengan menghambat proses penyebarannya.

Selain itu, untuk kasus kanker tenggorokan, obat kanker tenggorokan yang digunakan sebagai terapi adalah Cetuximab. Biasanya penderita kanker tenggorokan mengombinasikan obat ini dengan kemoterapi dan terapi radiasi, sehingga pengobatan kanker nasofaring menjadi lebih efektif. – Sumber: Throat Cancer Treatment

Pembedahan Sebagai Pengobatan Kanker Tenggorokan

Ada beberapa jenis pembedahan yang penerapannya sangat tergantung dari lokasi tumbuhnya sel kanker dan stadium kanker. Pada stadium awal, pembedahan akan dilakukan dengan endoskopi yakni memasukkan suatu alat ke dalam tenggorokan sehingga bagian-bagian yang terkena kanker bisa dibedah atau dipotong.

Untuk stadium lanjut, misalnya kanker tenggorokan pada pita suara, tidak ada jalan lain selain mengambil keseluruhan atau sebagian dari pita suara. Tetapi dokter akan berusaha untuk mempertahankan agar penderita kanker tetap bisa berbicara dan bersuara.

Namun, sekalipun dokter berupaya mempertahankan suara Anda, kecil kemungkinan Anda dapat berbicara normal seperti sediakala, terutama jika terjadi kelalaian atau terpaksa memotong bagian jaringan penghasil suara tersebut. Anda mungkin tidak sepenuhnya dapat berbicara dengan jelas setelah prosedur pengangkatan dilakukan. Jika dibiarkanpun sel kanker dapat menyebar dan menjadi ancaman bagi kehidupan Anda.

Sarang Semut Sebagai Pengobatan Kanker Tenggorokan

Herbal yang satu ini dikenali dapat membantu proses pemulihan dari serangan kanker, bahan dasar alaminya sendiri ialah Sarang Semut Papua yang terdapat pada tanaman epifit asli Papua. Kandungan anti kanker dalam Sarang Semut menjadikannya sebagai obat kanker tenggorokan yang bisa menjadi pilihan pengobatan kanker nasofaring.

Kanker tenggorokan memang tak sepopuler kanker payudara atau darah namun Anda tetap harus waspada terhadap gejalanya. Terlebih Anda yang merokok dan minum minuman beralkohol. Karena tenggorokan adalah aset manusia yang berharga sebagai bagian dari sistem pencernaan dan produksi suara. Mari kita jaga tenggorokan Anda dengan mencegah semua penyebab kanker tenggorokan.

Selain metode medis tersebut, adakah obat kanker tenggorokan alami yang membantu atasi kanker? Tentu saja masih ada pengobatan alternatif lain yang bermanfaat sebagai obat kanker tenggorokan yang ampuh memulihkan kemampuan tubuh dalam menjaga vitalitasnya.