Singkirkan si Biang Kerok Penyebab Sakit Kepala!

408

Diedit:

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Kadang, sakit kepala datang mendadak tanpa diduga dan menyebabkan Anda kesulitan melakukan aktivitas seperti biasa. Penyebab sakit kepala bisa sangat bervariasi pada setiap orangnya. Apa sajakah itu?

Mengetahui apa saja penyebab sakit kepala bisa berguna di kemudian hari karena Anda bisa menghindari atau mencegahnya supaya tidak sampai sakit kepala. Berikut adalah berbagai penyebab dan pemicu sakit kepala yang paling sering.

  • Cuaca. Tidak setiap jenis cuaca menjadi penyebab sakit kepala, jenis cuaca yang paling sering menimbulkan masalah adalah cuaca panas. Perubahan tingkat kelembapan serta tekanan udara bisa memengaruhi zat kimiawi di dalam otak dan memicu timbulnya sakit kepala.

  • Stres. Banyak orang mengkambinghitamkan stres sebagai penyebab serangan nyeri di kepala. Namun sebenarnya sakit kepala biasanya timbul setelah stres mereda. Ini disebabkan karena hormon yang tadinya aktif melawan stres tiba-tiba menurun dan memicu pembesaran dan reaksi saluran darah sehingga menimbulkan sakit kepala.

    Stres juga bisa membuat otot leher, bahu, dan otot kepala jadi tegang. Ketegangan otot-otot ini selanjutnya memengaruhi postur dan jadi semakin buruk apabila Anda duduk diam di depan komputer terlalu lama dan jarang melakukan aktivitas fisik. Hal ini bisa menimbulkan sakit kepala.

    Atasi stres dengan belajar caranya mengendalikan stres, salah satunya adalah dengan membaca cara mengatasi stres di artikel 10 Tips Praktis untuk Mengobati Stres.

  • Minuman. Terlalu banyak minum kopi, teh, ataupun alkohol bisa memicu serangan sakit kepala. Ketiga jenis minuman tersebut dapat membuat Anda dehidrasi dan ini bisa jadi penyebab sakit kepala. Jadi kurangilah minum kopi, teh, atau alkohol jika Anda merasa sakit kepala setelah meminumnya.

  • Telat makan. Ketika Anda terlambat makan, kadar gula darah akan menurun dan kondisi inilah yang memicu sakit kepala. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat menyebabkan sakit kepala karena bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara cepat dan tiba-tiba. Dianjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dan menu makanan yang memiliki gizi seimbang agar terhindar dari problem sakit kepala.

  • Kurang tidur. Kurang tidur malam juga bisa menimbulkan sakit kepala. Sebaiknya upayakan untuk mengikuti pola tidur yang seimbang, yakni tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari termasuk di akhir pekan.

  • Kebanyakan olahraga. Olahraga memang baik bagi kesehatan, tetapi terlalu memaksakan tubuh untuk olahraga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kegiatan fisik yang energik meningkatkan peredaran darah di kepala dan leher sekaligus membuat pembuluh darah melebar. Jika terus menerus terjadi, hal itu dapat menimbulkan sakit kepala. Jadi, sebaiknya Anda berolahraga secara seimbang, tidak berlebihan, agar problem sakit kepala bisa hilang bukannya malah tambah parah.

Baca juga:  Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri: Berbahaya atau Tidak?

Untuk menganalisa apa yang jadi penyebab sakit kepala yang Anda derita, buatlah catatan untuk kondisi cuaca, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan aktivitas olahraga apa saja yang dilakukan sebelum terjadinya sakit kepala. Dengan begitu Anda bisa mengenali pemicunya dan bisa dihindari di kemudian hari.

Advertisement
Alinesia