Sewaktu Anda Didiagnosa Mengidap Kanker

520
Shutterstock

Diedit:

Ada beragam reaksi yang bisa jadi dirasakan seseorang setelah didiagnosis menderita kanker. Ada yang mungkin merasa terpukul, tidak percaya, takut, cemas, sedih, depresi, dan marah.

Cara tiap-tiap orang mengatasi berbagai perasaan tersebut berbeda-beda. Tetapi yang pasti, akan lebih mudah menghadapinya jika Anda mendapat dukungan dari orang-orang terdekat karena diagnosa kanker tidak hanya mempengaruhi Anda, tetapi juga pasti keluarga Anda.

Perubahan-perubahan pasti akan terjadi dalam hidup Anda maupun keluarga yang Anda sayangi. Menerima diagnosis tersebut dan menjadikan kanker sebagai bagian dari hidup Anda merupakan tantangan yang tidak mudah. Keterangan berikut dapat membantu Anda menghadapi tantangan itu.

Setelah Diagnosa Kanker, Bagaimana Selanjutnya?

Dalam menghadapi penyakit Anda, adalah baik jika Anda mencari tahu tentang penyakit Anda. Semakin banyak pengetahuan Anda tentang diagnosis, perjalanan penyakit, maupun terapi kanker, Anda akan mempersenjatai diri Anda lebih baik dalam perjuangan melawan penyakit kanker. Pengetahuan tentang kanker dapat mengatasi rasa takut karena ketidaktahuan Anda.

Timbulnya keraguan terhadap pendapat dokter setelah didiagnosis kanker adalah hal yang wajar. Meskipun dokter itu sudah Anda kenal baik dan Anda percayai selama ini.

Diagnosis kanker memang mengejutkan bagi setiap orang dan juga menakutkan. Maka wajar bila pada awalnya Anda tidak yakin, sambil berharap bahwa dokter Anda itu keliru. Oleh karena itu Anda berhak untuk mencari pendapat dokter lain, atau second opinion.

Anda tidak perlu ragu mencari pendapat dokter lain karena ini menyangkut kehidupan Anda. Mencari pendapat kedua adalah hak setiap pasien. Bahkan dokter yang baik mungkin akan menawarkan Anda untuk mencari pendapat kedua, ketika ia melihat ada keraguan pada sikap Anda. Dokter yang baik tidak akan mencegah pasiennya mencari pendapat kedua.

Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Penyakit Kanker

Anda boleh mencari pendapat kedua termasuk saat mencari pengobatan yang terbaik bagi anda. “Pendapat kedua sering menolong karena hal itu memperkuat keyakinan pasien serta membuat dia lebih siap menghadapi penyakitnya”, kata Dr. Harold J. Burstein dari Cancer Institute, Harvard Medical School, Boston.

Pendapat kedua akan membuat pasien yakin dalam memilih jalan yang akan ia lalui dalam pengobatan kankernya. Selain itu juga dapat memberikan pilihan alternatif yang sesuai dengan keadaan Anda atau menambah pengetahuan Anda tentang kanker yang Anda hadapi.

Walaupun tidak bisa mengubah diagnosis kanker, Anda dapat mencari informasi yang terpercaya dan terbaru sehubungan dengan pengobatan yang tersedia-baik secara medis maupun alternatif-serta membicarakannya dengan keluarga, teman, dan dokter yang membantu Anda.

Dengan memiliki sumber informasi dan dukungan yang baik, penderita kanker dapat terbantu mengatasi penyakit dan mengambil keputusan yang terinformasi.

Informasi yang Anda dapatkan sangat besar pengaruhnya pada cara Anda memandang penyakit yang Anda alami dan cara Anda mengambil keputusan. Ini akan membuat Anda berfokus pada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki situasinya dan terbebas dari perasaan tidak berdaya.

Untuk mendapatkan informasi seputar pengobatan kanker dan tumor dengan herbal, baca juga artikel kami lainnya di halaman Sekilas Sarang Semut dan Kanker-Dapatkah Dihindari?

Advertisement
Alinesia