Sering Sakit Punggung, Apa Sebenarnya Penyebabnya?


By Cindy Wijaya

Seseorang yang menderita sakit punggung kronis biasanya terus-menerus merasakan tidak nyaman di punggungnya atau sering kambuh sakit punggungnya. Kalau Anda mengalaminya, Anda mungkin ingin tahu apa sebenarnya penyebab sering sakit punggung ini. Apa karena punggung Anda sudah tidak bagus? Atau karena cedera lama yang kambuh lagi? Atau mungkin karena pernah terpeleset dan jatuh sehingga kerusakannya bertahan lama?

Sebenarnya kebanyakan rasa sakit yang kronis atau bertahan lama disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya. Tentu, salah gerak atau terjatuh memang bisa memicu rasa sakitnya, tapi biasanya itu bukan penyebab utama.

Jadi, apa saja penyebab sering sakit punggung? Mari kita awali dengan mencari tahu apa itu sakit punggung kronis. Lalu kita akan kupas penyebab sakit punggung kronis dan bagaimana Anda bisa mendapat kelegaan yang bertahan lama.

Apa Itu Sakit Punggung Kronis?

Sakit punggung kronis biasanya ditandai dengan rasa sakit di punggung yang muncul secara bertahap dan bertahan lama, bertahan selama lebih dari 6 minggu. Seperti yang disebutkan rasa sakit kronis biasanya tidak disebabkan oleh satu kejadian atau cedera, juga tidak hilang begitu saja atau sembuh sendiri tanpa perawatan medis.

Di sinilah bedanya dengan sakit punggung akut, yang biasanya muncul tiba-tiba dan hilang dalam 2 sampai 6 minggu. Dan karena rasa sakit kronis berlangsung lama, sering kali membuat Anda harus menghindari aktivitas fisik atau mengimbanginya dengan cara lain, yang justru bisa memperburuk rasa sakit Anda dalam jangka panjang.

Apa Penyebab Sering Sakit Punggung?

Banyak orang menyalahkan satu kejadian atau cedera tertentu sebagai penyebab sering sakit punggung yang mereka alami. Tapi kenyataannya, biasanya tidak bisa diketahui satu saja penyebab, melainkan ada beberapa kondisi mendasar yang menyebabkan rasa sakit kronis. Kemungkinan penyebab kenapa Anda sering sakit punggung adalah karena gabungan dari dua kondisi atau lebih berikut ini.

Penurunan Kondisi Otot Punggung

Penurun kondisi otot—disebut juga atrofi otot—adalah salah satu yang paling sering menyebabkan sakit punggung kronis. Penurunan kondisi otot terjadi jika otot-otot punggung Anda kelihangan kekuatan dan kestabilannya untuk menopang Anda dengan baik.

Meski sebagian jenis penurunan kondisi terjadi secara alami seraya usia kita menua, tapi kebanyakan disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik.

Bila Anda sering sakit punggung atau baru-baru ini cedera, Anda mungkin mulai mencoba kurangi aktivitas fisik. Dalam jangka pendek, mengubah aktivitas atau menghindari mengangkat beban berat memang disarankan untuk pemulihan punggung.

Tapi kalau terlalu banyak menghindari aktivitas fisik justru bisa membuat ototnya jadi menyusut dan melemah. Jika ini sudah terjadi, otot-otot punggung Anda mungkin tidak lagi mampu menopang ligamen dan tulang belakang seperti normalnya—yang dapat menimbulkan rasa sakit atau membuat Anda lebih rentan cedera.

Postur Tubuh yang Buruk

Kebiasaan buruk dapat membuat tulang belakang Anda tertekan dan meregangkan jaringan lunak sekitarnya. Seiring waktu tekanan berulang itu dapat merusak komponen struktural tulang belakang.

Meskipun postur tubuh Anda terdiri dari setiap gerakan yang Anda lakukan (atau tidak lakukan), namun lingkungan kerja Anda dapat berdampak besar.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Ada sering mengangkat beban atau gerakan berulang, maka Anda seharusnya melakukannya dengan postur yang tepat agar tidak sering sakit punggung.

Bagi pekerjaan kantoran, ketika Anda duduk di belakang meja dalam waktu lama tanpa melakukan peregangan, itu dapat membuat fleksor pinggul Anda menegang. Seiring waktu, ini dapat membuat pinggul dan paha belakang melemah, yang menyebabkan sakit punggung sebelah bawah.

Kalau Anda tanpa sadar atau secara sadar membungkuk di atas keyboard beberapa kali sehari, Anda bisa saja mengalami kyphosis. Ini adalah kondisi dimana tulang belakang melengkung berlebihan, dan sering dikaitkan dengan sakit punggung kronis.

Faktor Genetik dan Penuaan

Tubuh kita berubah seraya usia kita bertambah tua, juga rasa sakit dan nyeri menjadi lebih terasa lagi. Kita kehilangan kekuatan otot dan ruang cakram di dalam tulang belakang kita.

Tentu saja, proses penuaan alami ini dapat dipercepat oleh kondisi-kondisi penyebab sakit punggung kronis lain yang dikupas dalam artikel ini.

Kejadian Traumatis

Kejadian seperti kecelakaan mobil, tersandung dan terjatuh, juga kejadian-kejadian berdampak besar lain dapat mempercepat proses penuaan pada tulang belakang dan memicu sering sakit punggung. Kejadian-kejadian ini bisa membuat Anda terlalu banyak menghindari aktivitas fisik karena pengaruh cedera.

Pengaruh Aktivitas Sehari-hari

Setiap hal kecil yang Anda lakukan sehari-hari bisa berdampak pada seberapa banyak tekanan pada tubuh Anda. Contohnya antara lain:

  • Menyetir atau duduk terlalu lama
  • Aktivitas dengan gerakan berulang seperti berjalan, membungkuk, berolahraga, atau mengetik
  • Mengangkat beban (termasuk menggendong anak)
  • Tidur dalam posisi yang aneh atau di kasur yang tidak nyaman

Sering Sakit Punggung Bagian Tengah

Sakit punggung bagian tengah adalah segala jenis rasa sakit atau tidak nyaman di daerah antara punggung atas dan bawah.

Punggung tengah terdiri dari tulang belakang (spinal column), sumsum tulang belakang, saraf, cakram, otot, pembuluh darah, ligamen, dan tendon. Salah satu struktur di tulang belakang atau area punggung dapat menjadi iritasi atau meradang sebagai respons terhadap berbagai kondisi ringan hingga serius.

Beberapa penyebab sering sakit punggung bagian tengah antara lain: cedera olahraga, postur tubuh yang buruk, radang sendi (artritis), ketegangan otot, dan cedera kecelakaan mobil.

Sakit punggung bagian tengah tidak sering seperti sakit punggung bawah karena tulang belakang bagian tengah tidak bergerak sebanyak tulang belakang di bawah dan atas.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Punggung Kronis?

Salah satu cara terbaik untuk mendapat kelegaan dari masalah sering sakit punggung adalah melalui gerakan. Kita biasanya akan menghindari gerakan tertentu jika merasa sakit di punggung, mengira itu akan mengurangi rasa sakit atau mempercepat pemulihan.

Tapi sebenarnya semakin sedikit Anda bergerak, semakin besar juga risikonya bagi otot punggung untuk mengalami penurunan kondisi. Akibatnya sakit punggung Anda bisa lebih buruk lagi.

Jadi untuk memulihkan masalah sakit punggung kronis ialah melalui gerakan-gerakan yang terkontrol dengan baik dalam suatu terapi fisik.

Apa itu terapi fisik? Disebut juga fisioterapi, ini adalah terapi yang melibatkan gerakan-gerakan yang terkontrol seperti: peregangan, latihan rentang gerak, serta latihan penguatan dan pengkondisian tulang belakang yang ditargetkan.

Gerakan dan latihan dalam terapi ini dirancang untuk mengatasi penyebab utama sakit punggung kronis sehingga Anda bisa memperkuat punggung, mengkondisikan otot, dan meningkatkan mobilitias Anda.

Apabila Anda sering sakit punggung, ada baiknya menemui dokter terlebih dulu untuk memeriksa kondisi Anda. Jika ia merasa Anda perlu melakukan terapi fisik, maka ia akan merujuk Anda ke seorang terapis fisik tulang belakang.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang kondisi-kondisi di balik sering sakit punggung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Health Partners. What causes chronic back pain? Here are the 5 most common culprits. URL: https://www.healthpartners.com/blog/common-causes-of-chronic-back-pain/

Healthgrades. Middle Back Pain. URL: https://www.healthgrades.com/right-care/back-pain/middle-back-pain

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>