Blog Herbal No. 1 Indonesia

Nyeri Punggung di Usia Muda, Apa Saja Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?


By Cindy Wijaya

Anak muda biasanya tidak perlu khawatir dengan sakit punggung atau tulang belakang, karena masalah ini jauh lebih rentan dialami oleh orang tua. Tapi di usia pertengahan 20-an sampai awal 30-0an, Anda mungkin tiba-tiba mengalami nyeri punggung. Jenis rasa sakit ini bisa sangat melemahkan dan mengganggu kegiatan Anda.

Apa sebenarnya penyebab nyeri punggung di usia muda? Apa saja gejala-gejala yang harus diperhatikan? Dan bagaimana cara mengatasi sakit punggung di usia muda?

Apa Penyebab Nyeri Punggung di Usia Muda?

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab sakit punggung di usia muda. Mungkin itu karena hal yang ringan, misalnya otot yang terkilir, tapi kadang juga bisa disebabkan oleh masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab sakit tulang belakang pada usia muda yang umum terjadi.

Ketegangan Otot Punggung

Salah satu penyebab nyeri punggung di usia muda yang paling umum adalah ketegangan otot punggung. Masalah ini seringnya disebabkan oleh mengangkat benda berat, olahraga berlebihan, gerakan tiba-tiba, atau memutar ke posisi yang canggung.

Apabila penyebab sakit punggung di usia muda adalah ketegangan otot punggung, Anda mungkin mengalami gejala-gejala seperti:

  • Sulit berjalan atau berdiri tegak tanpa rasa sakit
  • Rasa sakit yang tumpul dan pegal
  • Rasa kaku atau nyeri saat disentuh
  • Rasa sakit yang tidak menyebar ke kaki, tapi ada di sekitar area punggung bawah, selangkangan, dan bokong

Ligamen dan otot di punggung Anda mungkin jadi meregang atau mengalami robekan mikroskopis (sangat kecil), sehingga menyebabkan rasa nyeri. Ketegangan ini sering kali bisa sembuh sendiri dengan dibantu perawatan sederhana, seperti istirahat, kompres dingin dan/atau panas, minum obat nyeri anti-inflamasi, serta peregangan dan latihan punggung secara bertahap.

Penyakit Diskus Degeneratif

Penyakit diskus lumbar degeneratif dapat terjadi pada orang berusia 20-an. Ketika diskus lumbar di antara tulang belakang Anda mulai rusak, diskus yang rusak dapat menyebabkan peradangan yang menyakitkan dan sedikit ketidakstabilan di punggung bawah, yang menimbulkan kejang otot dan kadang linu panggul.

Apabila penyebab nyeri punggung di usia muda adalah penyakit diskus degeneratif, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti:

  • Nyeri punggung lebih parah saat duduk
  • Nyeri punggung terasa konstan (tetap), tapi kadang diselingi nyeri hebat / kejang otot, selama beberapa hari hingga beberapa bulan
  • Rasa sakitnya berkurang saat berjalan, bahkan berlari, daripada duduk/berdiri
  • Rasa sakitnya berkurang ketika mengubah posisi

Sebaiknya segera ke dokter apabila mengalami gejala-gejala seperti di atas. Penyakit diskus degeneratif umum terjadi dan sering berhasil diobati dengan baik.

Herniasi Diskus Lumbar

Herniasi diskus adalah masalah pada salah satu diskus seperti karet di antara tulang belakang yang menumpuk untuk membentuk tulang belakang.

Jika penyebab sakit tulang belakang di usia muda adalah herniasi diskus lumbar, Anda mungkin akan merasakan gejala-gejala seperti:

  • Rasa sakit yang konstan (tetap), bukan kambuh-kambuhan, selama beberapa hari atau minggu dan kemudian berhenti
  • Nyeri lebih terasa di kaki daripada di punggung
  • Rasa sakit biasanya ada di satu sisi bokong atau kaki
  • Sakitnya lebih parah setelah lama berdiri atau duduk diam, tapi berkurang saat berjalan
  • Rasa sakitnya disertai kesemutan atau rasa terbakar, bukan rasa sakit yang tumpul
  • Bisa disertai kelemahan, mati rasa, atau kesulitan menggerakkan kaki

Anda bisa saja mengalami herniasi diskus tanpa gejala yang kentara, tapi kadang juga bisa sangat menyakitkan. Rasa sakit yang disebabkan herniasi diskus sering disebut skiatika. Skiatika terjadi ketika akar saraf di tulang belakang bagian bawah tertekan, menyebabkan nyeri dan mati rasa menjalar di sepanjang saraf skiatika besar yang menyokong bokong, tungkai, dan kaki.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Punggung di Usia Muda?

Penyebab nyeri punggung di usia muda biasanya tidak terlalu serius dan bisa ditangani dengan penyesuaian gaya hidup. Anda bisa mengupayakan tips-tips berikut untuk cara mengatasi sakit punggung di usia muda. Tips-tips ini berdasarkan saran dari Wilson Ray, MD, seorang kepala bedah tulang belakang untuk Departemen Bedah Saraf di Washington University School of Medicine.

Teruslah Bergerak

Cobalah untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti biasa. Anda juga bisa mencoba olahraga berjalan cepat selama 30 menit. Upayakan untuk olahraga setidaknya tiga kali seminggu.

Kalau Anda kurang bergerak, itu membuat otot di sekitar tulang belakang dan punggung menjadi lemah. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan berkurangnya dukungan untuk tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit jangka panjang.

Peregangan dan Latihan Otot

Otot yang kuat, terutama di inti perut, membantu menopang punggun. Kekuatan dan kelenturan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegahnya.

Salah satu latihan yang dapat memperkuat seluruh punggung atas dan bawah adalah dengan berbaring tengkurap lalu mengangkat kaki dan lengan Anda dalam posisi seperti terbang.

Jaga Postur Badan

Ini membantu mengurangi tekanan pada punggung bawah. Anda bisa menggunakan selotip, tali pengikat, atau pita elastis untuk membantu menjaga tulang belakang tetap sejajar. Usahakan agar kepala tetap terpusat di atas panggul. Jangan bungkukkan bahu atau mengangkat dagu ke depan.

Jika Anda bekerja di depan layar, letakkan tangan Anda secara merata di atas meja, dan jaga agar mata Anda sejajar dengan bagian atas layar. Sering-sering lah bangun dari kursi, lakukan peregangan, dan berjalan-jalan sebentar ke sekitar.

Upayakan Berat Badan Sehat

Mengurangi sebagian berat badan akan mengurangi beban pada punggung bawah Anda, karena itu berdiet bisa jadi cara mengatasi sakit punggung di usia muda.

Jika Anda butuh banduan, mintalah saran dokter tentang rencana diet dan olahraga yang mungkin paling cocok untuk keadaan Anda.

Kompres Dingin dan Panas

Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan yang mungkin terjadi pada area punggung Anda. Sedangkan kompres panas dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot punggung.

Sesuai kebutuhan, Anda bisa menempelkan kompres panas atau dingin pada area yang terasa nyeri selama 20 menit setiap kali. Atau Anda bisa mencoba menggunakan keduanya secara bergantian.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai nyeri punggung di usia muda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}