Sakit Punggung: Penyebab dan Cara Mencegahnya

531

Diedit:

Sakit punggung adalah salah satu penyebab terbanyak orang-orang tidak bisa bekerja dan penyebab utama keterbasan fisik orang-orang di seluruh dunia. Kebanyakan orang pernah merasakan sakit punggung setidaknya satu kali dalam kehidupan mereka.

Kabar baiknya, Anda bisa mencegah atau mengurangi rasa nyeri yang diakibatkannya. Jika sakit punggung tidak dapat dicegah, maka perawatan sederhana di rumah seringkali sanggup memulihkan kembali sakit di punggung dalam beberapa minggu. Jarang sekali dibutuhkan operasi pembedahan untuk menyembuhkan sakit punggung.

Gejala yang Menyertai Sakit Punggung

Sakit punggung yang Anda alami bisa saja disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti rasa sakit di otot, nyeri yang menusuk, rasa sakit yang menjalar ke bagian bawah kaki, serta pergerakan punggung yang terbatas.

Kebanyakan kasus sakit punggun dapat membaik secara bertahap dengan perawatan rumahan, biasanya dalam waktu 2 minggu. Tetapi jika sakit punggung tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan ke dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit punggung bisa menandakan adanya masalah penyakit lain yang serius. Karena itu, carilah segera pertolongan medis apabila sakit punggung:

  • Menyebabkan masalah pada usus atau kandung kemih
  • Disertai demam
  • Diakibatkan oleh terjatuh atau kecelakaan lain yang mencederai punggung

Selain itu, periksakan juga diri Anda ke dokter apabila sakit punggung:

  • Parah dan tidak kunjung membaik dengan perawatan rumahan
  • Menyebar ke salah satu atau kedua kaki, terutama jika nyeri menjalar ke bawah lutut
  • Menyebabkan kelemahan, mati rasa, atau kesemutan pada salah satu atau kedua kaki
  • Disertai dengan penurunan berat badan yang penyebabnya tidak jelas

Juga hubungi dokter Anda jika Anda mulai mengalami masalah sakit punggung setelah melewati usia 50 tahun, atau jika Anda memiliki riwayat sakit kanker, osteoporosis, pernah menggunakan obat steroid atau pernah menyalahgunakan obat-obatan dan kecanduan alkohol.

Penyebab Sakit Punggung

Sakit punggung bisa datang tiba-tiba dan terus terasa sakit selama kurang dari 6 minggu, kemungkinan karena sebelumnya Anda terjatuh atau mengangkat beban berat—ini dinamakan sakit punggung akut. Sedangkan sakit punggung yang terus ada selama lebih dari 3 bulan disebut sebagai sakit punggung kronis. Sakit punggung jenis ini lebih jarang dialami dibandingkan yang jenis akut.

Masalah sakit punggung seringkali muncul tanpa ada penyebab jelas yang bisa diperiksa dokter. Akan tetapi ada dugaan penyebab sakit punggung disebabkan oleh masalah-masalah seperti berikut:

  • Otot atau ligamen yang tegang. Berulang kali mengangkat beban berat atau gerakan tiba-tiba yang dipaksa dapat menyebabkan tegang pada otot punggung dan ligamen tulang belakang. Jika kondisi fisik Anda sedang buruk, ketegangan yang terus terjadi pada punggung dapat mengakibatkan kejang otot yang menyakitkan.
  • Disk yang menggembung atau pecah. Disk berguna sebagai bantalan antara tulang-tulang (vertebrae) pada tulang belakang Anda. Bantalan lembut di dalam disk tersebut dapat menggembung atau pecah dan menekan saraf-saraf di sekitarnya. Namun Anda bisa saja mengalami hal tersebut tanpa merasakan rasa sakit. Masalah pada disk ini sering diketahui dokter secara kebetulan sewaktu pasien menjalani pemeriksaan sinar-X tulang belakang untuk memeriksa penyakit lain.
  • Radang sendi. Osteoartritis dapat memengaruhi punggung bagian bawah. Dalam beberapa kasus masalah artritis pada tulang belakang tersebut bisa menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang—kelainan yang disebut stenosis tulang belakang.
  • Ketidakteraturan tulang. Sakit punggung dapat terjadi bila tulang punggung Anda melengkung dengan tidak semestinya. Kelainan skoliosis—dimana tulang punggung melengkung ke samping—juga bisa jadi penyebab sakit punggung, akan tetapi biasanya ini terjadi jika masalah skoliosis sudah sedemikian parah.
  • Osteoporosis. Tulang vertebrae Anda lama-kelamaan bisa retak jika tulang Anda menjadi keropos dan rapuh akibat osteoporosis.
Baca juga:  Sakit Pinggang: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah pada sakit punggung ini bisa dialami siapapun pada usia berapapun, bahkan pada usia anak-anak dan remaja sekalipun. Akan tetapi, faktor-faktor tertentu bisa membuat Anda rentan mengalami sakit punggung.

Faktor tersebut antara lain: usia di atas 30-40 tahun, kurang olahraga, kelebihan berat badan, penyakit seperti artritis dan kanker, salah posisi saat mengangkat beban berat, masalah psikologi seperti depresi dan kecemasan, serta kebiasaan merokok.

Cara Mencegah Sakit Punggung

Anda bisa mencegah sakit punggung dengan memperbaiki kondisi fisik Anda. Berikut adalah tips-tips untuk mengembalikan kondisi fisik Anda menjadi sehat dan kuat lagi:

  • Olahraga. Olahraga jenis aerobik yang tidak menegangkan dan menarik otot punggung dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tulang punggung serta memungkinkan otot-otot Anda berfungsi lebih baik. Konsultasikanlah dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga apa yang terbaik untuk Anda lakukan.
  • Membangun kekuatan otot dan kelenturan. Latihan otot perut dan punggung akan membantu membentuk otot-otot tersebut sehingga mereka bisa saling bekerja sama seperti korset alami yang melindungi punggung Anda. Membentuk kelenturan di pinggul dan kaki bagian atas sejajar tulang panggul Anda dapat meringankan rasa sakit punggung. Konsultasikanlah dengan dokter atau ahli terapi fisik Anda untuk mengetahui jenis latihan mana yang tepat bagi Anda.
  • Jaga berat badan tetap ideal. Kelebihan bobot badan dapat memberi beban ekstra bagi otot-otot punggung. Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah kurangi sedikit demi sedikit berat badan Anda untuk mencegah sakit punggung yang terjadi berulang-kali.
  • Berdiri dengan posisi yang benar. Pertahankan posisi panggul tetap netral. Jika Anda harus berdiri dalam waktu lama, letakkan satu kaki di sebuah bangku pendek untuk membantu mengurangi beban pada punggung bagian bawah. Ganti posisi kaki seiring waktu berjalan. Postur berdiri yang baik dapat mengurangi tekanan pada otot punggung.
  • Duduk dengan posisi yang benar. Pilih kursi yang nyaman bagi punggung bagian bawah Anda, dan memiliki lengan kursi dan bisa berputar. Jika kurang nyaman, taruhlah bantal atau gulungan handuk di belakang punggung Anda untuk mempertahankan posisi duduk yang benar. Jaga posisi lutut dan pinggul Anda. Sering-seringlah mengatur kembali posisi duduk Anda, setidaknya setiap setengah jam.
  • Sadari keterbatasan diri. Jika mungkin, hindari sama sekali mengangkat beban berat. Tetapi jika Anda harus mengangkat sesuatu yang berat, biarkanlah kaki Anda yang melakukan bagiannya dengan berjongkok. Jaga punggung tetap dalam posisi lurus, jangan membungkuk. Pegang beban dekat dengan tubuh Anda agar posisi punggung tetap lurus. Cari bantuan orang lain jika bebannya terlalu berat.
Baca juga:  Sakit Pinggang: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit punggung adalah masalah kesehatan yang sangat sering dialami orang-orang. Karena itu banyak produk kesehatan yang menawarkan solusi seketika untuk mengatasi sakit punggung. Namun ingatlah bahwa tidak ada bukti bahwa produk-produk tersebut, misalnya sepatu khusus, bantalan sepatu, bantalan punggung, atau produk-produk lain yang didesain khusus masalah punggung, yang sanggup mengatasi sakit punggung secara instan.

Satu-satunya solusi terbaik untuk mengatasi sakit punggung adalah dengan berhenti melakukan aktivitas apapun yang sedang dilakukan saat itu. Dan biarkan punggung untuk pulih selama beberapa minggu. Dalam jangka waktu pemulihan tersebut jangan lakukan aktivitas yang bisa menambah sakit punggung.

Advertisement
Alinesia