Sereal Utuh Makanan Untuk Diet Sehat!


By Fery Irawan

Apa itu sereal utuh? Ini juga disebut dengan istilah whole grain, sereal yang berasal dari biji-bijian utuh. Makanan ini merupakan jenis sumber karbohidrat yang sering direkomendasikan saat menjalani program diet sehat. Beberapa jenis yang tergolong dalam padi-padian atau biji-bijian ialah gandum, jagung, dan padi. Sereal utuh terdiri dari semua bagian biji, yaitu; bagian luar yang disebut bran atau dedak, bagian lembaga yang disebut endosperm, dan bagian embrio yang disebut germ. Walau sulit menemukan sereal utuh ini, namun hasil olahannya justru berlimpah sekali. Misalnya; roti gandum, biskuit gandum, oats, dan sereal oats. Lalu, apa manfaat sereal utuh sebagai makanan diet?

Konsumsi whole grain sangat bermanfaat bagi gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan penuaan dini. Karena didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, maka tak heran jika sereal utuh ini dapat menjadi makanan anti-kanker. Sereal utuh juga mampu mengontrol tekanan darah selama 10 jam sejak dikonsumsi. Selain dapat membantu atasi gangguan kesehatan yang serius, sereal utuh juga digunakan bagi mereka yang menjalani program pengurangan berat badan. Mengapa ini cocok sebagai makanan untuk diet sehat?

Sekalipun sereal utuh memiliki kandungan karbohidrat yang menjadi sumber energi Anda, tampaknya jenis makanan diet yang satu ini mampu mengurangi timbunan lemak yang mengendap dalam tubuh Anda. Sebagai contoh, orang dewasa yang mengonsumsi 3 porsi sereal utuh setiap hari tampaknya memiliki ukuran lemak perut 10% lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sereal utuh tersebut. Apa artinya ini? Ketahuilah timbunan lemak perut dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung, sekalipun berat badan Anda normal.

Baca Juga:  Makanan yang Teroksidasi Apa Dampaknya Bagi Tubuh Anda

Lalu, informasi apa yang sudah Anda dapatkan? Ya, tampaknya mengonsumsi sereal utuh adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan Anda dari beragam penyakit berat. Maka, daripada sekadar menambahkan sereal utuh kedalam daftar untuk konsumsi harian Anda. Sebaiknya Anda mengganti semuanya dengan sereal utuh tersebut. Pada awal mencobanya bisa jadi Anda merasa tidak terbiasa dan tergoda untuk memilih makanan lain. Kelihatannya sangat membosankan, apabila Anda mengonsumsi makanan untuk diet sehat setiap hari, tapi itu cara supaya sehat.

Namun bayangkan manfaatnya, bentuk badan yang normal dan kesehatan prima adalah satu paket ekslusif yang dapat meningkatkan mutu kehidupan Anda. Selain itu konsumsi sereal utuh juga dapat membantu Anda terhindar dari rasa lapar yang berlebihan. Olahraga guna mempercepat proses pembakaran lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda juga dapat dilakukan. Konsumsi sereal utuh merupakan cara yang praktis bagi Anda dan efektif untuk diet sehat. Apakah Anda sudah mencobanya? Rasakan sendiri manfaatnya selama menjalani gaya hidup yang sehat.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}