Efektifkah Sendok untuk Pengobatan Infeksi Kemih

507
Sendok untuk Pengobatan Infeksi Kemih
Sumber Gambar - Flickr

Diedit:

Daun sendok (Plantago mayor) dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan, perkebunan teh dan karet, maupun hutan yang lembab. Meski sering dianggap sebagai tanaman gulma, tanaman dengan bentuk daun menyerupai sendok ini, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Seberapa efektifkah tanaman daun sendok untuk pengobatan infeksi kemih?

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi lengkap seputar daun sendok untuk pengobatan infeksi kemih. Bagaimana proses pengolahan tanaman daun sendok sebagai herbal untuk infeksi kemih. Benarkah daun sendok untuk pengobatan infeksi kemih dapat bekerja secara efektif? Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Sendok untuk Pengobatan Infeksi Kemih

Di Jawa, Daun sendok dikenal dengan nama Sangkabuah, Sangkuah, Sembung otot dan Suri pandak. Sedangkan, orang sunda mengenalnya dengan nama Ki urat dan Ceuli. Bagaimana rupa tanaman daun sendok?

Tinggi tanaman ini hanya mencapai 60-80 cm saja dengan daun tunggal bertangkai panjang, berbentuk bulat telur sampai lanset melebar. Biasanya, daun muda dari tanaman Daun sendok dimasak oleh masyarakat sebagai sayuran, maupun sebagai pelengkap salad.

Dalam dunia pengobatan, Daun sendok dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah gangguan pada saluran kencing, termasuk peradangan yang terjadi, seperti akibat batu ginjal, pembengkakan dan radang prostat, serta infeksi saluran kencing. Bagaimana Daun sendok membantu mengatasi sejumlah penyakit tersebut?

Pengobatan Infeksi Kemih

Dalam suatu penelitian yang dilakukan terhadap khasiat tanaman ini, Daun sendok terbukti ampuh meluruhkan seni yang tersumbat dengan kandungan kalium yang dimilikinya. Mekanisme ini tentu saja berperan penting dalam pengobatan sejumlah penyakit di atas, termasuk dalam membantu proses pelarutan dan peluruhan endapan kalsium dan magnesium dari batu ginjal.

Pengobatan Infeksi Kemih
Sumber Gambar – Shutterstock

Selain itu, efek farmakologis lain yang dapat ditemukan dari Daun sendok, antara lain sifat antibakteri dan antiinflamasi. Untuk melancarkan seni yang tersendat, ramuan Daun sendok berikut dapat dicoba sebagai alternatif upaya pengobatan secara tradisional.

Cara Menggunakan Tanaman Daun Sendok

Karena prosesnya tidak terlalu sulit, ramuan Daun sendok ini dapat Anda buat sendiri di rumah. Sehingga daun sendok dapat dijdikan alternatif pengobatan infeksi kemih yang proktis. Untuk mempermudah, Anda dapat memilih cara membuat ramuan dengan merebus atau menghancurkan daunnya.

Cara Pertama:

  • Ambil sebanyak 6 ons Daun sendok segar yang baru dipetik dan rebus dalam 3 liter air putih.
  • Tunggu air rebusan tersebut mendidih hingga tersisa menjadi separuhnya.
  • Dinginkan dan minum ramuan tersebut dalam sehari.

Cara Kedua:

  • Ambil Daun sendok segar secukupnya dan cuci bersih.
  • Hancurkan dengan cara ditumbuk atau diblender sampai lumat.
  • Saring air sari Daun sendok tanpa menambahkan air lagi dan kumpulkan dalam gelas.
  • Lakukan langkah 1-3 sampai air sari dalam gelas mencapai setengah gelas.
  • Tambahkan satu sendok makan Madu dan langsung minum sampai habis.
  • Minumlah secara rutin, satu kali sehari.

Cukup mudah bukan membuat ramuan herbal dengan bahan Daun sendok ini? Tentu saja, pengobatan dengan Daun sendok ini perlu diikuti juga dengan pola makan dan pola hidup yang sehat. Dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah berserat yang diimbangi dengan cukup air putih dan hindari makanan berminyak dan berkadar lemak tinggi.

Demikianlah informasi lengkap terkait dengan penggunaan daun sendok untuk pengobatan infeksi kemih. Efektivitas penggunaan herbal sama seperti obat medis yang bergantung pada tingkat keseriusan penyakit. Serta kemampuan tubuh setiap orang dalam menyerap kandungan senyawa aktif yang ada dalam herbal. Namun, pastikan agar Anda melakukan konsultasi medis dengan dokter terlebih dulu.

Advertisement
Alinesia