Tanya-Jawab Alzheimer Info Selengkapnya

659
Tanya-Jawab Alzheimer
Tanya-Jawab Alzheimer

Diedit:

0
()

Alzheimer – Fakta dapat mengatasi rasa takut. Begitulah yang harus Anda lakukan terhadap penyakit Alzheimer. Cari tahu lebih banyak mengenai penyakit yang kerap ditakutkan orang-orang lansia ini, dan apa saja yang jadi penyebab penyakit Alzheimer. Simak artikel ini yang membahas gambaran umum mengenai penyakit Alzheimer.

Dalam artikel ini Anda akan melihat sekilas tanya-jawab alzheimer guna mengenalinya lebih dalam. Mari kita perhatikan informasi berikut, sesuai dengan keterangan dari healthline.

Tanya-Jawab Alzheimer

Alzheimer ialah nama penyakit dimana sel-sel saraf di otak mati, sehingga menyulitkan pengiriman sinyal-sinyal menuju otak. Gejala Alzheimer mungkin sulit dideteksi dari awal. Seorang penderita Alzheimer bermasalah dengan ingatan, penilaian, dan cara berpikirnya—membuatnya sulit bahkan untuk sekadar beraktivitas seperti biasa.

Apakah Penyakit Alzheimer Merupakan Penyakit Keturunan?

Para ahli menduga bahwa kombinasi antara faktor genetik dan faktor-faktor lain ialah yang menyebabkan Alzheimer. Penyakit ini lebih sering dan lebih awal menyerang orang-orang tertentu. Para peneliti menemukan bahwa terdapat kelainan pada satu gen dari kromosom 21 yang umum dimiliki beberapa keluarga. Dan mereka mengaitkan kelainan ini dengan risiko penyakit Alzheimer.

Apakah Anda Memiliki Risiko Penyakit Alzheimer?

Periksalah beberapa faktor risiko penyakit Alzheimer berikut ini:

  • Usia. Berdasarkan Alzheimer’s Association, 10 persen dari semua orang berusia lebih dari 65 tahun memiliki Alzheimer. Dan sebanyak 50 persen orang lebih dari usia 85 tahun memilikinya.
  • Jenis kelamin. Penyakit Alzheimer lebih sering memengaruhi wanita daripada pria.
  • Sindrom Down. Penderita sindrom Down seringkali menderita Alzheimer saat menginjak usia 30 sampai 40-an.
  • Cedera kepala. Sejumlah studi memperlihatkan adanya kaitan antara penyakit Alzheimer dengan cedera serius di kepala.
  • Racun lingkungan. Ada dugaan bahwa terlalu banyak paparan zat tertentu (seperti aluminium) mungkin dapat membuat seseorang rentan terhadap Alzheimer.
  • Faktor-faktor lainnya. Periset juga menemukan bahwa kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi—faktor yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke—juga dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.
Baca juga:  Penyebab Alzheimer Yang Perlu Diwaspadai

Bisakah Penyakit Alzheimer Dicegah?

Anda bisa mengecilkan risiko penyakit Alzheimer. Bagaimana caranya? Orang dewasa yang aktif secara fisik lebih kecil kemungkinannya menderita Alzheimer dibandingkan mereka yang tidak aktif. Sementara orang dewasa menjelang usia tua yang aktif secara mental sangat bisa mencegah penyakit Alzheimer. Membaca buku, bermain kartu atau permainan lain, mengisi TTS, dan bahkan sekadar menonton televisi atau mendengarkan radio bisa membantu mereka menghindari gejala-gejala Alzheimer. Selain itu, mereka yang aktif secara sosial dan sering keluar rumah juga bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Ada juga yang menyarankan untuk membiasakan diri mengonsumsi lebih banyak buah, sayur, makanan berserat tinggi, makanan mengandung omega-3, dan mengurangi konsumsi daging merah serta produk susu—adakalanya dikenal sebagai pola makan Mediterania—lebih mendapatkan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Nantikan informasi penting seputar kesehatan dan herbal – hanya di deherba.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: / 5. Pemilih:

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?