Resep Herbal Wasir, Cara Cepat dan Alami Atasi Wasir atau Ambeien

587
daun wungu untuk resep herbal wasir
Credit: laurelhillgardens.com

Diedit:

Penyakit wasir, atau ambeien, merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Pembengkakan kadang muncul ke permukaan hingga dapat dilihat dari luar lubang anus. Meski kerap kali dianggap sebagai keluhan tidak serius, keberadaannya pada tubuh pasien bisa sangat mengganggu. Dan karenanya perlu ditindak lanjuti, seperti dengan resep herbal wasir.

4 Resep Herbal Wasir yang Teruji secara Empiris

Ada beberapa resep herbal yang bisa Anda gunakan untuk pengobatan wasir. Pada umumnya, pengobatan dilakukan dengan cara mengoleskan ramuan herbal wasir ini pada area pembengkakan di anus. Tetapi dapat pula dilakukan dengan mengonsumsi atau meminum ramuannya.

Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda bisa mencoba kedua cara sekaligus. Seperti dengan mengacu pada beberapa resep herbal wasir berikut ini.

Resep Herbal Wasir 1

Bahan Baku:

Buah tomat yang sudah masak, secukupnya.
Minyak kelapa, secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Wasir:

Rebus buah tomat di dalam minyak kelapa.
Rebus selama sekitar 10 – 15 menit hingga tomat lembek.
Angkat dan saring dengan sehelai kain.

Cara Pakai:

Simpan dalam wadah selagi hangat.
Gunakan sebagai obat luar untuk dioles pada wasir.

Khasiat Tomat dan Minyak Kelapa untuk Resep Herbal Wasir

Dalam dunia pengobatan Eropa, tomat sudah lama dikenal bermanfaat untuk mengatasi varises. Sedang sebenarnya, penyakit wasir ini sendiri memiliki kemiripan dengan masalah varises, karena merupakan pembengkakan dari pembuluh darah.

Sedang di dalam pandangan medis, tomat memang memiliki potensi merawat masalah varises, termasuk wasir. Hal ini dijelaskan dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research 2016. Dijelaskan kandungan lycopene, vitamin C dan beta karoten dalam tomat akan membantu memperbaiki struktur pembuluh darah, mengatasi kerusakan jaringan dan mereduksi pembengkakan.

tomat untuk resep herbal wasir
Buah Tomat (Credit: Steemit.com)

Peran minyak kelapa di sini juga cukup besar. Di satu sisi, minyak kelapa akan memudahkan kita mengoleskan ramuan dan menyatukan ekstrak tomat. Juga akan bekerja sebagai lubrikator yang memudahkan proses pelumasan pada area anus.

Karena biasanya penderita wasir akan kesulitan BAB karena pergesekan feses dan dinding anus akan menyakitkan dan rentan iritasi. Minyak kelapa akan membantu melicinkan area ini dan mencegah iritasi. Selain itu, minyak kelapa juga akan bekerja sebagai anti inflamasi sehingga mencegah wasir berkembang menjadi peradangan yang menyakitkan.

Di sisi lain, dikatakan bahwa kandungan lycopene dalam tomat akan semakin maksimal manfaatnya ketika dipanaskan. Dan memanaskan dalam minyak kelapa dianggap sebagai cara paling efektif mempertahankan kandungan lycopene dengan optimal.

Resep Herbal Wasir 2

Bahan Baku:

Daun dan batang dari bayam duri yang masih segar, secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Wasir:

Bersihkan daun dan batang bayam duri dengan dicuci.
Rebus dalam air sampai mendidih dan daun tampak lemas dan matang.
Angkat segera selagi air masih panas.

Cara Pakai:

Gunakan uap yang keluar dari air rebusan untuk menguapi wasir.
Atau gunakan air rebusannya yang sudah hangat untuk merendam wasir.

Khasiat Bayam Duri untuk Resep Herbal Wasir

Dalam penjelasan UK Journal of Pharmaceutical and Bioscience tahun 2013 dijelaskan bahwa dalam bayam duri ditemukan sejumlah komponen anti oksidan termasuk alkaloids, glycosides, steroids, tri-terpenoids, tannins, flavonoids, gums dan mucilage.

bayam duri untuk ramuan herbal wasir
Bayam Duri (Credit: Flickr/Dinesh Valke)

Beberapa komponen ini diketahui baik untuk membantu merawat pembuluh darah yang membengkak dan rusak sebagaimana pada kasus penyakit wasir. Dalam wacana lain Journal of Medicinal Plants Research tahun 2012, dijelaskan adanya komponen unik bernama betacyanin yang akan membantu merawat pembuluh darah yang rusak termasuk membantu meredakan pembengkakan pada dinding pembuluh darah.

Resep Herbal Wasir 3

Bahan Baku:

Daun pegagan segar sekaligus akarnya, sekitar 50 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Wasir:

Cuci bersih pegagan dengan air mengalir.
Rebus dalam air sebanyak 2 gelas.
Didihan selama 15 menit.
Angkat, dinginkan, dan saring.

Cara Pakai:

Minum ramuan herbal wasir ini sekaligus habis.
Lakukan pengobatan ini setiap hari hingga pulih.

Khasiat Daun Pegagan untuk Resep Herbal Wasir

Pegagan atau gotu kola dalam pengobatan ayurveda dikenal baik untuk pengobatan beragam penyakit kulit, termasuk kusta, varises, luka bakar, borok, eksim dan lain sebagainya.  Pegagan juga dikenal luas dalam pengobatan tradisional di Nusantara.

pegagan untuk resep herbal wasir
Daun Pegagan (Credit: Shutterstock/Todja)

Dalam dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research 2016 dijelaskan bahwa dalam pegagan diperoleh kandungan triterpenoid seperti saponin dan sapogenin yang memiliki efek anti inflamasi,penyembuhan luka dan terapi vaskular.

Ini akan mendorong pembentukan kolagen pada proses penyembuhan luka. Sedang kolagen adalah elemen penting pada regenerasi sel pembuluh darah. Terapi dengan teh pegagan terbukti dapat membantu meredakan pembengkakan varises dan membantu memperbarui kerusakan pada pembuluh darah.

Resep Herbal Wasir 4

Bahan Baku:

Daun andong yang masih segar, 3 helai.
Daun wungu yang masih segar, 7 helai.

Baca juga:  Resep Herbal untuk Bantu Perawatan Radang Otak

Cara Membuat Ramuan Herbal Wasir:

Cuci bersih daun andong dan daun wungu dengan air mengalir.
Potong potong besar supaya mudah direbus.
Rebus semua bahan dengan air sebanyak 3 gelas.
Didihkan sampai tersisa air 1 gelas.
Angkat, dinginkan, dan saring.

Cara Pakai:

Minum ramuan herbal wasir ini sekaligus habis, sehari sekali.
Lakukan pengobatan ini sampai gejala ambeien hilang.

Khasiat Daun Andong untuk Resep Herbal Wasir

Tanaman andong atau hanjuang adalah sejenis tanaman perdu dengan daun merah lebar. Tanaman yang bernama latin Cordyline fruticosa ini lazim dijadikan sebagai tanaman hias karena warnanya yang cantik.

daun andong untuk ramuan herbal wasir
Daun Andong (Credit: latin-wife.com)

Tanaman andong sendiri ternyata sudah lama dikenal sebagai tanaman pengobatan tradisional. Di dalam daunnya saja terkandung sejumlah komponen anti oksidan seperti saponin, tanin, flavonoid, polifenol, steroida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi.

Dalam Integrative Medicine Research tahun 2018 dijelaskan bahwa saponin dapat bekerja merawat kesehatan pembuluh darah dan menstimulasi proses perbaikan sel-sel rusak pada dinding pembuluh darah. Selain saponin, kandungan flavonoid, tanin dan polifenol dalam andong juga akan membantu memperbaiki sirkulasi darah dan kesehatan pembuluh darah.

Khasiat Daun Wungu untuk Resep Herbal Wasir

Tanaman yang secara original tumbuh di kawasan hutan Papua ini kini banyak dikenal di seluruh Indonesia. Dan dibalik warna ungunya yang khas, tanaman perdu ini diketahui mengandung banyak komponen anti oksidan yang padat.

daun wungu untuk resep herbal wasir
Daun Wungu (Credit: Wikimedia Commons/Forest & Kim Starr)

Mengonsumsi daun wungu diketahui baik untuk konstipasi, sehingga ini akan sangat efektif untuk meredakan ketegangan di area anus yang dapat memperburuk kondisi penyakit wasir. Hal ini dijelaskan dalam Ancient Science of Life tahun 2015.

Antosianin, alkaloid dan flavonoid di dalam daun wungu terbukti baik untuk anti inflamasi dan membantu perawatan pembuluh darah yang rusak. Meredakan pembengkakan dan mencegah perdarahan pada area wasir.

Alternatif Pengobatan Wasir dengan Noni Juice

Selain beberapa resep herbal wasir di atas, rupanya terapi dengan herbal Noni juice juga memiliki khasiat pengobatan wasir. Dengan mengonsumsi Noni juice dengan teratur sesuai dosis yang disarankan, penderita dapat mengatasi penyakit wasir dengan efektif.

Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Foods tahun 2018 dijelaskan bahwa dalam Noni terdapat manfaat anti konstipasi. Konstipasi kerap menjadi penyebab utama masalah penyakit wasir. Dan mereka dengan penyakit wasir akan merasakan nyeri hebat saat mengalami konstipasi. Sehingga mencegah konstipasi akan membantu meringankan keluhan pada pasien.

noni juice untuk ramuan herbal wasir
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Shutterstock/SOMMAI)

Di sisi lain, Noni juice dapat bekerja untuk memperbaiki sirkulasi darah dan mendorong produksi kolagen. Di satu sisi ini akan membantu memperbaiki kerusakan sirkulasi darah yang menjadi salah satu pemicu penyakit wasir. Juga dapat membantu regenerasi sel dinding pembuluh darah yang rusak pada kasus varises dan wasir.

Noni juice juga akan mencegah terjadinya inflamasi pada area anus, sebagai anti bakteri yang efektif mencegah terjadinya infeksi E. coli yang rentan muncul pada penyakit wasir. Herbal ini juga memiliki khasiat penyembuhan luka sehingga turut mempercepat pemulihan dari wasir.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Berbeda dari ramuan-ramuan herbal lainnya, Noni juice sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal yang siap diminum. Jadi Anda hanya perlu meminumnya sesuai takaran yang dianjurkan.

Rekomendasi konsumsi Noni juice untuk pemulihan dari wasir yaitu sebanyak 50 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kurang-lebih setara dengan 1/4 gelas belimbing.

Apa Sebenarnya Penyakit Wasir Itu?

Pada dasarnya, penyakit wasir adalah pembesaran yang terjadi pada area dinding tambahan pada sekitar bawag rektum. Ini adalah jaringan hemoroidal yang terdiri dari pembuluh darah, otot terakhir menuju anus dan beberapa jaringan lunak yang bermembran tipis.

Baca juga:  Resep Herbal Kanker: Solusi Rumahan Ekonomis

Ketika terjadi kontraksi pada otot anus yang berlebihan, dorongan ini menyebabkan darah terkumpul pada area ini. sementara tekanan juga menyebabkan pembuluh darah mengalami ketegangan. Kondisi ini yang memungkinkan terbentuknya pembengkakan pada dinding rektum bawah.

Kondisi ini adalah tanda awal dari wasir, tetapi biasanya sifatnya sementara dan akan hilang dalam beberapa hari. tetapi bila keluhan ini kerap terjadi, pembengkakan akan menyebabkan area jaringan hemoroidal ini membengkak permanen.

Pembuluh darah dalam hemoroidal mengalami kerusakan sehingga bentuknya tidak lagi sekecil dan seelastis sebelumnya. Bisa dikatakan telah terjadi parut yang merusak bentuk dari pembuluh darah. Ada dua jenis penyakit wasir, yaitu:

Wasir Internal

Jenis pembengkakan hemoroid yang terbentuk pada lubang rektum bawah. Karena lokasinya di dalam, biasanya tidak akan muncul ke luar kecuali ada efek tekanan yang menyebabkan area wasir ini tegang, membesar dan iritasi.

Kala itu akan muncul massa merah yang keluar dari lubang anus, sedikit terasa perih tetapi tidak berbahaya. biasanya dapat masuk kembali setelah beberapa saat. Jenis ini lebih mudah berdarah tetapi cenderung tidak terlalu sakit.

Wasir Eksternal

Lokasi pembengkakan hemoroid terbentuk di area sekitar lubang anus. Akibatnya lubang anus akan terlihat lebih tebal dari seharusnya. Kadang juga muncul rasa gatal, tebal dan perih akibat efek mengejan atau efek pergesekan saat aktivitas.

Area ini jarang berdarah, karena terlindung oleh permukaan kulit pada area anus yang lebih tahan pergesekan. Akan tetapi bila sampai terjadi perdarahan akan menyebabkan rasa nyeri yang lebih kuat.

Kenapa Wasir Dikatakan Tidak Berbahaya?

Keluhan wasir ini adalah kondisi lazim sekali terjadi pada masyarakat. Beberapa kondisi seperti masa kehamilan, manula dan mereka yang  banyak bekerja sembari duduk akan memiliki resiko lebih tinggi mengidap penyakit wasir.

Meski demikian penyakit ini dikatakan tidak berbahaya. Anda dapat mengidap wasir tanpa banyak mengalami gangguan dalam menjalankan aktivitas. Beberapa pasien baru akan mengalami keluhan saat terjadi sembelit. Dan pada kondisi yang lebih berat mengaku merasa tidak nyaman hanya saat melakukan BAB.

Karena lokasinya yang cukup tepi, sebenarnya faktor resiko dari masalah ini relatif sangat kecil. bahkan efek hemoroid yang paling berat sekalipun pada umumnya tidak beresiko kematian. Hanya saja, pada kasus yang sangat berat keluhan nyeri dan perdarahan dapat demikian kerap terjadi. ini akan sangat mengganggu.

Bahkan tingkat resiko dari perkembangan hemoroid menjadi kanker rektum sendiri sangat kecil. sehingga beberapa pakar sepakat mengabaikannya.  Hemoroid juga pada umumnya tidak dapat menjadi awal dari keluhan infeksi usus lain.

Penyakit Wasir dan Kanker Rektum

Meski dikatakan secara umum tidak ada kaitan antara kedua keluhan ini, banyak kasus kanker rektum terlambat terdeteksi akibat dokter salah mendiagnosa kanker sebagai ambeien. Kedua keluhan ini memiliki tingkat resiko yang sangat berbeda, tetapi menunjukan gejala awal yang serupa.

Pada umumnya, gangguan yang muncul akibat kanker akan lebih serius dari pada gangguan akibat penyakit ambeien. Ambeien atau wasir cenderung tanpa gejala dan tidak mengganggu kecuali munculnya rasa nyeri di saat-saat tertentu saja.

Secara spesifik, kanker akan menunjukan perdarahan yang cukup berat, kadang muncul tanpa sebab dan terjadi sewaktu-waktu. Rasa nyeri yang muncul bisa terasa hingga ke area panggul atau menyebar dan pada umumnya tanpa rasa gatal sama sekali. Rasa gatal terlalu identik dengan wasir.

Bagaimanakah Pengobatan Wasir secara Medis?

Meski dikatakan bahwa penyakit wasir tidak berbahaya dan cenderung tidak memberi efek gangguan berarti. Kadang massa wasir yang seharusnya dapat kembali masuk tidak juga kunjung masuk kembali ke dalam anus.

Ukuran justru semakin membesar dan tampak membengkak, keluhan akan terjadi dengan intensitas lebih tinggi. Pada fase ini mungkin beberapa langkah pengobatan wasir berikut bisa Anda coba.

  • Konsumsi pereda nyeri

    Ketika rasa nyeri menjadi terlalu tajam dan mulai menggangu, dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi beberapa jenis pereda nyeri semacam ibuprofen atau parasetamol atau aspirin. Pengobatan wasir ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman.

  • Terapi Anti Radang

    Ketika penyakit wasir kambuh, dengan munculnya area wasir hingga menonjol keluar, biasanya itu artinya sedang terjadi peradangan ringan di area pembesaran. Untuk mencegah rasa nyeri dan peradangan memburuk, pasien sebaiknya mendapatkan terapi anti peradangan dengan cara oles.

    Biasanya pilihan yang lazim diberikan adalah hidrokortisone salep. Terapi ini juga efektif mengempiskan pembengkakan wasir dengan cepat. Hanya saja sebaiknya terapi diberikan dalam jangka pendek, sekitar 1 pekan saja. Karena hidrokortisone dapat menyebabkan melemahkan jaringan dan membuat area wasir semakin sensitif.

  • Terapi BAB

    Salah satu masalah yang perlu mendapat perhatian ketika seseorang memiliki masalah wasir adalah kelancaran BAB. BAB yang lancar, tanpa keluhan sembelit akan sangat membantu mencegah penyakit wasir memburuk.

    Anda bisa mengonsumsi serat atau justru menambahkan asupan suplemen serat untuk membantu melancarkan pencernaan dan BAB tanpa memberi efek kontrasi usus berlebihan. Pemberian produk laksatif sebaiknya sangat dibatasi karena efek laksatif dapat memicu kontraksi usus dan dapat memperburuk rasa nyeri.

  • Penggunaan Karet Penahan

    Pengobatan wasir ini adalah prosedur yang cukup lazim diberikan pada pasien wasir dan lazimnya diberikan pada kasus wasir internal. Karet penahan ini dipasangkan untuk menghentikan suplai darah menuju area wasir sehingga wasir akan mengering dan biasanya dapat lepas setelah beberapa pekan.

    Pengobatan wasir ini dapat dilakukan setelah pasien menjalani prosedur anoskopi atau pemeriksaan area anus dan rektum dengan mendalam.  Kadang selama masa pemasangan pasien akan merasa tidak nyaman karena efek tekanan dari karet penahan, tetapi pada kasus medium penanganan ini dianggap efektif.

  • Skleroterapi

    Pengobatan wasir ini dilakukan dengan menyuntikan sejenis senyawa kimia ke dalam area wasir untuk membantu mematikan pembuluh darah di dalamnya. Dalam jangka beberapa waktu area wasir akan mengering karena tidak mendapatkan cukup suplai darah.

    Setelah sel mulai melemah dan akhirnya mati, jaringan  wasir ini dapat dengan mudah disingkirkan dari dalam area rektum. Secara umum cara kerjanya menyerupai konsep karet penahan. Pasien yang mengonsumsi obat anti pembekuan darah akan lebih disarankan menggunakan prosedur ini.

  • Infrared Koagulasi

    Ketika bentuk dan ukuran dari wasir cenderung solid, prosedur pengobatan wasir dapat dilakukan dengan melepaskan jaringan rusak dengan sinar infra merah. Ini akan melepas jaringan rusak dengan sekaligus menutup luka dengan cepat, sehingga tidak terjadi perdarahan.

    Terapi ini banyak diambil karena dianggap ringan, cepat dan tidak menyakitkan. Hanya perlu dilakukan oleh pakar yang memahami prosedur operasi sinar infra merah. Dan hanya dapat dilakukan pada jenis wasir yang bentuknya tidak melebar.

  • Hemoroidektomi

    Prosedur pengobatan wasir ini adalah bahasa ilmiah untuk tindakan pengangkatan jaringan atau operasi. Tindakan ini akan dilakukan hanya ketika penyakit wasir yang dialami sangat buruk.  Seperti ketika ukuran wasir menjadi terlalu besar dan mulai menghalangi saluran rektum. Atau bila telah terjadi eksternal dan internal wasir sekaligus yang menutup jalan keluarnya feses.

    Meski kerap kali tidak termasuk tindakan operasi besar, tetapi efek samping dari operasi bisa cukup berat bagi pasien. Rasa nyeri yang cukup berat harus dialami pasien hingga 2 – 3 pekan. Dan kadang pasien juga beberapa kali mengalami masalah perdarahan ketika BAB.

Alasan utama kenapa seseorang mudah mengalami penyakit wasir adalah sembelit. Jadi untuk membantu seseorang untuk tidak mengalami keluhan ini adalah dengan memastikan tidak mengalami kasus sembelit sebisa mungkin.

Dan tips sederhana untuk tetap terhindar dari sembelit adalah dengan tetap mengatur konsumsi makanan padat serat. Selalu pastikan kita mendapatkan cukup asupan buah dan sayuran dengan baik.

Kemudian, pastikan pula kita tetap terhidrasi dengan baik. kekurangan minum adalah penyebab kasus sembelit. Minum air putih adalah pilihan lebih baik, karena sebenarnya teh dan kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Ini justru dapat menarik air dalam usus untuk masuk ke dalam ginjal. Usus akan kekurangan air dan menyebabkan feses mengeras.

Semakin sehat pencernaan Anda, semakin lancar Anda BAB dengan rutin, semakin baik Anda dapat mencegah penyakit wasir. Bahkan mencegah sembelit juga dapat menjadi pengobatan wasir tahap awal.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang 4 resep herbal wasir. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Nantikan juga informasi ramuan-ramuan herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Harvard Health Publishing. Hemorrhoids and what to do about them. URL: https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/hemorrhoids_and_what_to_do_about_them. Accessed: 2018-11-08. (Archived by WebCite®)

Lindsey Konkel. Everyday Health. How to Treat and Get Rid of Hemorrhoids. URL: https://www.everydayhealth.com/hemorrhoids/guide/treatment/. Accessed: 2018-11-04.(Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia