Resep Herbal untuk Mematangkan Bisul dengan Cepat

418
resep herbal mematangkan bisul
Daun Wungu (© Plantarium.ru)

Diedit:

Bisul adalah kondisi ketika terjadi infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan pembengkakan isinya berupa cairan putih. Infeksi ini menyakitkan dan mudah menyebar. Di sini akan dijelaskan beberapa alternatif cara mematangkan bisul secara alami. Temukan juga informasi tentang penyebab bisul yang sebenarnya sehingga kita dapat menghindari masalah kulit yang menyakitkan ini.

Kenapa Mematangkan Bisul dengan Cara Alami?

Sebagaimana kebanyakan terapi untuk mengatasi infeksi pada kulit, mengobati bisul secara medis akan banyak berbicara soal terapi antibiotik. Antibiotik akan diberikan secara oral atau minum dan cara dioleskan pada area bisul. Kadang untuk mempercepat proses penyembuhan, pasien juga akan menggunakan terapi kortikosteroid untuk menghentikan peradangan.

Meski cara ini memang diakui ampuh, terapi antibiotik dan terapi kortikosteroid yang berketerusan sebenarnya tidak disarankan. Karena ketika pasien mengonsumsi antibiotik terlalu sering tubuh mereka akan menjadi kebal.

Akibatnya, ketika mereka mengalami infeksi lebih serius, diperlukan terapi antibiotik yang lebih kuat dan lebih berisiko terhadap tubuh. hal serupa juga dapat terjadi ketika pasien terlalu sering mengonsumsi obat anti inflamasi, termasuk kortikosteroid.

Itu sebabnya, selama memungkinkan coba untuk atasi keluhan infeksi ringan semacam bisul ini dengan cara alami. Mengobati bisul dengan resep herbal akan membantu menyembuhkan bisul dan mempercepat proses matang dan keringnya bisul dengan efek samping lebih kecil.

Tentu saja dengan syarat pasien harus membuat resep herbal mematangkan bisul dengan cara yang higienis dan bersih. Ada beberapa resep herbal mematangkan bisul yang dapat Anda coba gunakan untuk mengobati bisul Anda.

Resep Herbal Mematangkan Bisul – Daun Wungu & Gula Merah

Bahan Baku:

Dan wungu secukupnya.
Gula merah secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bisul:

Cuci daun wungu sampai bersih.
Haluskan dengan cara ditumbuk.
Campur dengan gula merah, tumbuk dan aduk sampai menyerupai bubur.

Cara Pakai:

Oleskan bubur daun wungu pada area bisul.
Balut dengan kain perban.
Ganti perban dan olesi ulang setiap hari, 2 – 3 kali sehari.

Resep Herbal Mematangkan Bisul – Daun Wungu & Minyak Kelapa

Bahan Baku:

Dan wungu secukupnya.
Minyak kelapa secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bisul:

Cuci daun wungu segar sampai bersih.
Oleskan minyak kelapa pada permukaan daun wungu.
Panaskan di atas api sampai daun sedikit layu dan kekuningan.

Cara Pakai:

Gunakan daun wungu layu ini sebagai kompres pada area bisul berada.
Tempelkan daun dengan perban atau kain.
Ulangi terapi ini beberapa kali sampai luka kering dan sembuh.

Khasiat Daun Wungu untuk Mematangkan Bisul

Daun wungu, atau disebut pula dengan nama ilmiah Graptophyllum pictum, adalah jenis tanaman perdu yang lazim dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman yang berasal dari kawasan hutan polinesia ini rupanya mengandung khasiat untuk pengobatan tradisional. Termasuk di antaranya sebagai anti radang dan dapat dimanfaatkan untuk resep herbal mematangkan bisul.

Baca juga:  Hilangkan Bisul Menyakitkan di Payudara dengan 2 Resep Herbal Ini
daun wungu untuk resep herbal mematangkan bisul
Daun Wungu ((©Flickr Forest and Kim Starr))

Sebagaimana dijelaskan dalam Chemical and Pharmaceutical Bulletin tahun 1989, daun wungu memiliki kadar anti inflamasi aktif yang tinggi. Ini efektif mengatasi sejumlah keluhan infeksi dan peradangan, termasuk bisul. Dalam laporan University of Wollongong Australia Research Online tahun 2017, dijelaskan dalam daun wungu terkandung antioksidan termasuk flavonoid, asam fenolic dan antosianin yang efektif membantu mempercepat penyembuhan peradangan sekaligus sebagai antibakterial yang aktif. Peran inilah yang membantu daun wungu efektif mengatasi bisul.

Penambahan gula merah, secara tradisional dianggap efektif mempercepat keringnya luka dan membantu mempercepat matangnya bisul. Tanpa Anda sadari, gula merah juga memiliki komponen astringent yang meredakan efek kemerahan dan rasa panas pada bisul

Minyak kelapa sendiri juga dapat bekerja sebagai astringent alami yang membantu meredakan kemerahan dan rasa nyeri yang muncul dari bisul. Memadukan daun wungu dengan minyak kelapa atau gula merah akan meningkatkan manfaat daun wungu untuk ramuan herbal mematangkan bisul.

Resep Herbal Mematangkan Bisul – Nasi

Bahan Baku:

Nasi secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bisul:

Masak ulang nasi dengan air sampai menjadi bubur kental.
Haluskan hingga menjadi seperti salep.

Cara Pakai:

Gunakan bubur nasi ini untuk mengompres bisul, terutama bisul yang keras dan besar.
Lakukan berulang sampai bisul kempis dan kering.

Manfaat Nasi untuk Mematangkan Bisul

Nasi secara tradisional baik untuk peradangan. Air beras sendiri digunakan sejak lama untuk merawat kulit yang berjerawat supaya lebih bersih. Bahkan dikatakan baik untuk membantu meredakan gejala peradangan pada pencernaan. Terdapat kandungan astringent dalam air beras yang akan membantu meredakan rasa nyeri dan rasa panas pada area inflamasi.

nasi untuk ramuan herbal mematangkan bisul
Nasi (Sumber : istockphoto)

Dalam nasi terkandung allantoin yang memiliki sifat anti inflamasi. Dalam nasi juga terdapat  kandungan tokoferol yang akan menstimulasi proses regenerasi kulit. Menggunakan bubur beras sebagai kompres pada bisul akan membantu mengaplikasikan senyawa kimia ini dengan mudah.

Resep Herbal Alternatif dengan Noni Juice

Selain beberapa resep herbal bisul diatas, ada cara lain yang dapat Anda manfaatkan untuk ramuan herbal mematangkan bisul, yakni Noni juice yang terbuat dari sari buah Noni. Buah asli kawasan Asia dan Polinesia ini dikenal dengan buahnya yang beraroma tajam. Rupanya dibalik aromanya yang khas tersimpan sederet khasiat, termasuk mematangkan bisul.

noni juice untuk ramuan herbal mematangkan bisul
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (©Shutterstock/SOMMAI)

Dalam Noni memang terkandung komponen anti bakteri dan anti inflamasi. Ini dijelaskan lebih dalam pada buku bertajuk “Noni: The Complete Guide for Consumers and Growers” karya Scot C. Nelson dan Craig R. Elevitch terbitan tahun 2006. Ini karena dalam Noni terkandung komponen scolopetin, terpenoid, sitosterol dan quercetin dan beberapa komponen lain yang bekerja sekaligus membantu mengeringkan luka, menghentikan peradangan dan membantu mempercepat pemulihan.

Baca juga:  Resep Herbal untuk Ringankan dan Cegah Malaria Kambuh Kembali

Anda bisa mengonsumsi Noni juice untuk membantu mengobati bisul dari dalam dengan lebih cepat. Mengonsumsi Noni juga akan membantu Anda lebih efektif mencegah terjadinya peradangan pada tubuh Anda dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda selama dikonsumsi dalam batas dosis yang disarankan.

Aturan Minum Noni Juice:

Dosis minum Noni juice yang disarankan yaiyu: 50 ml (kurang-lebih ¼ gelas belimbing) diminum 2 kali sehari. Umumnya perubahan positif pada kesehatan kulit, yaitu kulit wajah yang lebih mulus tanpa bisul, akan terlihat beberapa minggu setelah rutin mengonsumsinya.

Pahami Penyebab Bisul yang Sebenarnya

Ada banyak rumor yang beredar di masyarakat soal apa sebenarnya penyebab bisul. Beberapa ternyata tidak lebih dari isapan jempol tanpa bukti. Dan untuk meluruskan apa saja sebenarnya yang dapat menjadi penyebab bisul, berikut adalah informasinya. Apa saja sebenarnya penyebab bisul?

Kontak Fisik dengan Sumber Infeksi

Untuk Anda pahami, sebenarnya bisul merupakan infeksi karena serangan Staphylococcus aureus. Bakteri ini menyerang lapisan kelenjar minyak kulit dan membentuk pembengkakan yang bersumber dari kelenjar minyak.

Dan ketika infeksi mulai menyembul ke atas, terlihat bisul tampak seperti massa bengkak dengan isi cairan nanah yang tampak keras. Besar kemungkinan ada rembesan kecil yang tidak disadari dan ini sangat menular.  Ketika seseorang yang sehat bersinggungan fisik dengan penderita infeksi ini akan dengan mudah tertular.

Daya Tahan Tubuh yang Menurun

Menurut Mayo Clinic, cara terbaik mencegah infeksi pada kulit adalah dengan menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan kualitas imunitas (daya tahan) tubuh. Ketika imunitas menurun, tubuh tidak cukup ampuh melawan serangan bakteri dan dengan mudah mengalami infeksi. Ini dapat menjadi penyebab bisul.Itu sebabnya, ketika kita mengalami gangguan bisul yang berat pasien akan mendapatkan terapi antibiotik. Ini akan bekerja sebagai pengganti imunitas menyerang komponen bakteri dalam bisul.

Diabetes dan Gangguan Hormonal

Mereka dengan masalah diabetes dan gangguan hormonal memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami peradangan. Sistem imunitas mereka terganggu sehingga kulit yang terserang gangguan kecil akan lebih cepat berkembang menjadi peradangan yang berat.

Bila ini adalah penyebab bisul yang Anda alami, Anda perlu mendapatkan terapi ganda. Terapi ini bekerja untuk mengeringkan peradangan pada bisul. Juga membantu menormalkan kembali kadar gula darah dan kondisi hormonal dalam tubuh.

Anda bisa mendeteksi dini bilamana Anda mungkin memiliki masalah hormonal atau diabetes, ketika Anda demikian kerap terserang infeksi, termasuk infeksi bisul dari orang kebanyakan. Bahkan tanpa Anda sepenuhnya memahami apa penyebab bisul yang Anda alami.

Benarkah Telur dan Protein Dapat Menyebabkan Bisul?

Secara alami memang ada keluhan alergi yang dapat terjadi karena komponen protein tertentu. Sebagaimana kita mengenal beberapa orang mungkin mengalami keluhan alergi udang, maka alergi telur juga kerap ditemukan. Demikian pula dengan jenis alergi lain akibat efek protein tertentu.

Keluhan yang muncul, dapat berupa efek gatal-gatal berukuran besar berupa biduran. Tapi dapat juga muncul dalam bentuk dermatitis berukuran lebih besar yang acapkali menyerupai bisul kecil-kecil.Tetapi bisul itu sendiri bukan disebabkan oleh alergi telur, tetapi akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Meski dalam skala terbatas, sejumlah keluhan peradangan akibat alergi telur dapat berkembang dan membesar hingga membutuhkan terapi khusus selayaknya bisul. Meski diakui dalam kadar sangat berlebihan, beberapa jenis protein dapat memicu peningkatan kadar insulin. Ini memiliki efek peningkatan risiko inflamasi. Tentu saja efek ini hanya terjadi pada saat asupan protein kita terlalu berlebihan.

Alih-alih menyalahkan pola makan, coba untuk lebih menjaga kebersihan. Seperti menghindari mainan yang kotor, karena kebanyakan anak yang mengalami bisul ternyata tertular akibat kebiasaan mereka bermain yang kotor-kotor. Bakteri penyebab bisul ini sangat mudah ditemukan di tanah, pasir dan air yang tidak bersih.

Selalu mandi dengan bersih dan rutin, ganti pakaian yang sudah dipakai bermain sesegera mungkin ketika sudah waktunya istirahat. Ini akan membantu mencegah penyebab bisul dapat mengakibatkan infeksi pada kulit Anda.

Kapan Bisul Perlu Ditangani oleh Dokter?

Beberapa kasus bisul dapat berkembang menjadi infeksi serius yang perlu segera ditindak lanjuti. Biasanya terjadi pada kasus infeksi yang tidak ditangani dengan serius dan tetap kerap terkena kotoran. Dan beberapa tanda yang perlu Anda waspadai bilamana bisul Anda berkembang menjadi serius adalah sebaga berikut.

  • Bisul muncul di area vital, seperti kemaluan atau pusar
  • Bisul tidak teratasi setelah 2 minggu
  • Bisul membesar sampai ukuran yang tidak biasa
  • Pasien mulai demam dan merasakan nyeri yang lebih hebat
  • Bisul seperti terlalu sering datang dan pergi
  • Bisul membentuk koloni yang menumpuk
mematangkan bisul
Sumber : istockphoto

Pada umumnya, bisul bukan penyakit yang serius dan banyak dari kasus ini sembuh tanpa penanganan serius. Tetapi pada skala terbatas, bakteri Staphylococcus aureus dapat meresap masuk ke dalam saluran darah dan memicu infeksi lebih luas dan dapat membahayakan.

Penanganan yang cepat dan tepat adalah cara terbaik mengobati bisul. Semakin awal Anda mengobati bisul semakin efektif Anda mencegah infeksi berkembang. Sekalipun Anda menggunakan resep herbal mematangkan bisul. Pahami juga apa penyebab bisul untuk dapat mencegah munculnya bisul pada kulit Anda.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mayo Clinic. Boils and carbuncles. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/boils-and-carbuncles/symptoms-causes/syc-20353770. Accessed: 2018-11-15. (Archived by WebCite®)

The Asianparents Indonesia. Benarkah Telur Penyebab Bisul pada Anak?. https://id.theasianparent.com/cara-mengeluarkan-dahak-pada-bayi. Accessed: 2018-11-15. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia