Atasi Luka Memar dengan Resep Herbal Memar

daun kemuning untuk ramuan herbal memar
Daun Kemuning (Credit: Wikimedia Commons/B.navez)

Diedit:

Anda menemukan tanda biru keunguan pada permukaan kulit dan bila ditekan terasa lunak dan nyeri, itu tandanya Anda mengalami luka memar. Kadang luka memar muncul tanpa benjolan dengan warna keunguan yang samar, tetapi tidak sedikit pula memar yang disertai dengan benjolan yang terasa keras dan berat.

Meski sebagian besar tidak berbahaya, tetapi keberadaan memar cukup mengganggu, dan kadang menyakitkan. Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi memar? Adakah cara rumahan yang bisa dilakukan? Di sisi lain, apa sebenarnya penyebab memar? Apakah benar ada bahaya yang mengintai dari luka memar yang muncul pada tubuh kita? Di batas apa luka memar dapat menjadi tanda bahaya?

Resep Herbal Memar

Selain dengan beberapa tindakan darurat di atas, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi memar. Cara tersebu dilakukan dengan menggunakan resep herbal memar.  Resep herbal memar ini terbuat dari bahan-bahan yang dapat membantu mencegah perdarahan, mepercepat tertutupnya luka dan membantu mengecilkan ukuran memar dengan cepat. Bahan-bahan yang digunakan serta cara pembuatan untuk resep herbal memar tersebut yaitu:

Bahan:

Daun kemuning, secukupnya.
Daun kacapiring yang masih segar, dalam jumlah yang sama dengan daun kemuning.
Arak, secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Memar:

Cuci bersih daun kemuning dan daun kacapiring.
Giling kedua bahan sampai halus benar.
Tambahkan arak, panaskan di atas api, lalu aduk merata.

Aturan Pakai:

Selagi ramuan herbal memar ini masih hangat, oleskan pada bagian tubuh yang memar sebagai kompres. Diamkan sampai ramuan kering, ulangi sampai memar hilang.

Khasiat Daun Kacapiring untuk Luka Memar

Ada beberapa ulasan dan laporan mengenai manfaat kacapiring untuk resep herbal memar. Salah satunya dijelaskan dalam Journal of Natural Asian Product Research tahun 2013. Dijelaskan bahwa kacapiring akan efektif mempercepat penutupan luka dan membantu melancarkan sirkulasi darah untuk membantu mempercepat penyembuhan memar.

daun kacapiring untuk resep herbal memar
Daun Kacapiring (Credit: Flickr/Forest and Kim Starr)

Dalam sumber lain pada buku literasi A Materia Medica for Chinese Medicine: Plants, Minerals, and Animal Products karya Carl-Hermann Hempen, Toni Fischer (MD.)dijelaskan bahwa tanaman kacapiring memiliki manfaat untuk terapi kompres pada luka memar. Ini membantu mengurangi rona biru dengan lebih cepat. Dijelaskan pula akan adanya elemen iridoid yang memiliki efek cukup signifikan untuk mengatasi memar.

Khasiat Daun Kemuning untuk Mengatasi Memar

Ada sejumlah manfaat daun kemuning untuk resep herbal memar. Dijelaskan pada MIT International Journal of Pharmaceutical Sciences tahun 2016 dijelaskan akan adanya unsur-unsur dalam kemuning yang dapat bekerja mempercepat penyembuhan luka, mempercepat menutupnya luka pada pembuluh darah dan membantu meredakan nyeri pada area luka, termasuk luka memar.

daun kemuning untuk ramuan herbal memar
Daun Kemuning (Credit: Wikimedia Commons/B.navez)

Di sisi lain kemuning akan membantu melancarkan kembali sirkulasi darah, dan membantu membentuk kembali jaringan baru pada area luka. Ini karena darah yang mengalir akan membantu menghantarkan nutrisi untuk proses regenerasi sel.

Di sisi lain, sirkulasi darah akan membantu membawa endapan darah beku yang tersisa pada luka memar. Ini akan membuat luka memar cepat memudar. Manfaat daun kemuning untuk sirkulasi darah dijelaskan dalam Boimedical and Pharmacology Journal tahun 2017.

Apa Sebenarnya Penyebab Memar?

Ada banyak alasan kenapa seseorang mengalami luka memar. Tetapi sejatinya, penyebab memar adalah cedera yang mengakibatkan terjadinya luka atau sobekan pada pembuluh darah.  Luka ini menyebabkan darah di dalam pembuluh keluar dan memasuki area di bawah kulit atau di sekitar jaringan otot.

Baca juga:  3 Resep Herbal Diare, Cepat Hentikan Diare Tanpa Obat

Ini menjadi penyebab memar  akan nampak lebih merah di awal. Warna muncul dari endapan darah yang terkumpul pada area bawah kulit atau area otot. Ketika darah mulai membeku, warna akan menggelap menghasilkan rona ungu atau kebiruan di permukaan kulit.

luka memar
Credit: Shutterstock/OnokunG

Kadang  luka memar juga muncul disertai pembengkakan atau benjolan. Penyebab memar membentuk benjolan karena adanya himpunan darah yang mengendap di area luka. Semakin banyak darah, semakin besar benjolan yang terjadi.

Ada banyak jenis cedera yang dapat menjadi penyebab memar. Penyebab memar pada umumnya berupa benturan kuat. Tetapi tekanan akibat tarikan otot tertentu seperti pada saat terkilir juga dapat menjadi penyebab memar.

Pada umumnya, selama penyebab memar adalah efek cedera, masalah memar justru tidak terlalu serius. Dengan penanganan yang tepat, kita dapat mengatasi memar tanpa masalah. Tetapi kita perlu waspada, sejumlah penyebab memar dapat berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu. Beberapa dapat berakibat serius pada pasien.

Bisakah Memar Berbahaya?

Luka memar juga dapat berbahaya.  luka memar dianggap berbahaya ketika memar muncul lebih sering bahkan bila pasien tidak mengalami cedera sama sekali. Ini dapat dimaknai sebagai kondisi pasien yang mudah mengalami kerusakan pembuluh darah atau mudah mengalami pembekuan darah.

Itu sebabnya, kita perlu mewaspadai sejumlah kondisi pasien yang dapat menjadi sinyal bahaya dari luka memar.

  • Memar muncul tanpa sebab
  • Memar sering muncul
  • Memar sulit sembuh
  • Memar membesar tanpa rasa sakit

Seharusnya, memar muncul karena kondisi fisik yang memicu terjadinya perdarahan atau luka  di dalam. Dan secara bertahap memar akan memudar, mengecil ukurannya dengan warna semakin samar hingga tampak kekuningan dan akhirnya lenyap sepenuhnya.

Luka memar yang muncul tanpa sebab dapat menjadi tanda tubu cenderung mengalami pembekuan darah. Tidak adanya rasa nyeri akan mejadi tanda tidak adanya luka di bawah kulit. Dan karena luka memar tidak terjadi akibat luka normal, bisa jadi penyebaran darah justru meluas dan semakin banyak. Ini sebabnya luka memar tidak kunjung sembuh, dan malah semakin melebar.

Baca juga:  Resep Herbal untuk Membantu Pemulihan Disentri

Ada beberapa jenis penyakit yang juga dapat menjadi penyebab memar. Tentu pada kondisi ini, Anda akan sulit untuk mengatasi memar dengan cara alami. Ini karena memar terjadi akibat kerusakan pada formula darah atau pembuluh darah.

Beberapa Penyakit yang Dapat Menyebabkan Memar:

  • Leukemia

    Penyakit kanker dimana sel darah putih menjadi terlalu dominan.

  • Thrombocytopenia

    Platelet (serum trombosit dalam darah) yang jumlahnya terlalu rendah.

  • Von Willebrand Disease

    Kondisi ketika lever Von Willebrand faktor (VWF) terlalu rendah. Ini adalah faktor yang mempengaruhi kinerja trombosit dalam darah.

  • Hemofilia

    Kondisi kelainan darah yang berkaitan dengan disfungsi pada kemampuan pembekuan darah.

  • Beberapa Kondisi Lain

    Pembekuan darah terkait dengan sejumlah senyawa yang bekerja sebagai faktor pro. Dan bila unsur faktor pro tidak berada pada level tepat, kemampuan pembekuan darah akan terganggu.

Tips Praktis Mengatasi Memar

Sebagaimana dijelaskan di atas, kebanyakan penyebab memar adalah cedera dan karenanya bukan masalah yang serius. Dengan perawatan yang tepat kita bisa mengatasi memar dengan cepat. Mengatasi memar juga dapat dilakukan dengan cara alami untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rona kebiruan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi memar. Mulai dari tindakan darurat  mencegah terbentuknya memar yang parah dan tindakan lanjutan untuk mengatasi memar yang sudah terlanjut terjadi dengan lebih cepat. Dan beberapa cara alami untuk mengatasi memar antara lain adalah dengan langkah berikut :

Kompres dengan Es

Menempelkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain akan menjadi cara efektif mengatasi memar sebelum memar berkembang lebih jauh. Sebagaimana dijelaskan memar terbentuk dari munculnya aliran darah keluar dari pembuluh darah di satu area. Terapi dingin sangat efektif membantu menghentikan aliran darah.

Mendinginkan pembuluh darah terdekat akan sangat efektif membantu menghentikan penyebaran aliran darah di area dimana memar terbentuk. Cara ini tidak hanya efektif mencegah biru melebar, tetapi juga mengempiskan bengkak dengan cepat.

Langkah kompres dengan es ini sebaiknya dilakukan tepat setelah  benturan terjadi, jadi sebelum memar melebar dan menggelap benar. Biasanya memar pada tahap ini masih berwarna kemerahan dan kadang disertai bengkak.

Berikan Tekanan

Penekanan adalah langkah medis cepat yang lazim diberikan pada area luka, baik itu luka terbuka maupun untuk mengatasi memar. Tindakan penekanan ditujukan mencegah aliran darah menyebar lebih luas dan membentuk memar yang lebar. Tindakan penekanan di sini harap dibedakan dengan tindakan pemijatan.

Biasanya tindakan penekanan untuk luka memar dilakukan dengan menekan area sekitar benturan dengan plastik atau kain. Untuk mengatasi memar dengan cepat, tindakan ini perlu dilakukan setelah pengompresan es selesai, atau malah dilakukan cepat sebelum pengompresan di lakukan.

Pengangkatan

Cara lain untuk mengatasi memar sebelum berkembang lebih berat adalah dengan melakukan pengangkatan. Yakni dengan mengangkat area dimana memar terbentuk supaya lebih tinggi dari bagian tubuh lain.

Ini membantu mengurangi aliran darah menuju area dimana luka memar terbentuk. Bila aliran darah dapat dibatasi, maka jumlah darah yang mungkin keluar dari pembuluh darah dapat pula dibatasi. Dan ini akan membantu mencegah memar melebar dan meluas.

Kompres Hangat

Setelah tindakan cepat dengan kompres dingin, langkah mengatasi memar berikutnya yang disarankan adalah kompres hangat pada area luka memar. Pastikan untuk tidak membalikan urutan dari dua langkah ini.

Mengompres hangat bertujuan membantu melebarkan pembuluh darah dan mempercepat sirkulasi darah. Ini sangat efektif membantu darah lebih baik dalam mengangkat sisa pembekuan darah dalam area memar.

Terapi hangat juga akan membantu Anda meredakan nyeri dan membantu mengurangi rasa kaku pada area memar terbentur. Biasanya terapi hangat akan dengan cepat mengurangi luasnya ukuran persebaran memar.

Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Terjadi Luka Memar

Kadang luka memar memburuk seiring dengan bertambahnya waktu. Tidak selamanya luka memar yang memburuk akibat efek benturan atau cedera yang sangat berat. Juga bukan karena adanya masalah pada tubuh. Ini terjadi justru karena tindakan yang Anda lakukan terhadap luka yang tidak tepat.

Mengatasi memar perlu dilakukan dengan tepat. Atau memar justru dapat memburuk. Dan beberapa hal yang perlu dihindari saat terjadi memar antara lain:

Kompres Panas sesaat Setelah Cedera

Mengoleskan kompres atau minyak panas sesaat saat cedera muncul akan menyebabkan luka memburuk. Karena panas akan membuat pembuluh darah melebar dan memicu aliran darah semakin lancar.

Pada saat pembuluh darah luka, aliran darah yang kencang akan membuat perdarahan memburuk. Ini akan menyebabkan memar akan melebar dan pembengkakan semakin menjadi.

Memijat Luka Memar

Ketika Anda terkilir, Anda akan sering mendapatkan saran untuk memijat area terkilir. Sebaiknya pastikan Anda telah memilih tenaga pijat yang tepat. Dan pastikan keluhan terkilir yang Anda alami tidak disertai dengan luka  perdarahan di dalam.

Ketika mendapatkan tekanan yang dilakukan dengan tidak tepat, area perdarahan justru seolah didorong untuk mengeluarkan darah lebih banyak. Area memar akan menyebar dan melebar. Kadang ini menyebabkan luka pada pembuluh darah dan area ligamen juga turut memburuk.

Beraktivitas secara Berlebihan

Ketika Anda mengalami memar, sebaiknya hindari untuk untuk melakukan aktivitas fisik berlebihan. Karena ketika otot diajak bergerak lebih banyak, ini akan mendorong sirkulasi darah akan semakin cepat.  pada saat memar masih baru kondisi ini tidak disarankan.

Ketika luka memar sudah berjalan beberapa hari, aktivitas berlebihan akan menyebabkan otot di sekitar luka memar berkontraksi. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini dapat memperlambat penyembuhan.

Ada cukup banyak penyebab memar, dan kadang-kadang penyebabnya adalah penyakit yang mendasari. Tetapi selama luka memar muncul hanya karena cedera, sebenarnya Anda dapat dengan mudah mengatasi memar, termasuk dengan bahan-bahan alami pada ramuan herbal memar.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang resep herbal memar. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Nantikan juga resep-resep herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Deborah Weatherspoon, PhD, RN, CRNA. Healthline. What’s Causing These Black and Blue Marks? https://www.healthline.com/health/bruise. Accessed: 2018-11-04. (Archived by WebCite®)

Emily Cronkleton. Healthline. 10 Ways to Get Rid of Bruises. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-bruises. Accessed: 2018-11-04. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia