Maag Kambuh-kambuhan? Coba Atasi dengan 3 Resep Herbal Maag Ini


By Nurul Kuntarti

Pasti mengganggu rasanya saat maag menyerang, mulai dari sakit perut, perut kembung, nyeri ulu hati, hingga mual dan muntah. Kumpulan gejala tidak nyaman di perut bagian atas semacam itu dalam dunia medis disebut sebagai sindrom dispepsia. Biasanya keluhan itu dapat dikurangi dengan menjalani pola hidup sehat seperti menjaga pola makan, juga dengan minum obat maag. Ada lagi yang bisa membantu, yaitu resep herbal maag dari bahan-bahan alami yang sederhana.

Ramuan herbal maag dari bahan-bahan alami ini bukan sekadar membantu mengatasi gejala-gejala maag, tetapi juga relatif bebas efek samping. Beberapa resep herbal maag berikut juga sudah secara empiris ditunjukkan memiliki manfaat mengatasi keluhan maag. Mari perhatikan tiga bahan herbal untuk maag dan resep cara mengolahnya.

Herbal untuk Maag 1: Pisang Klutuk

Secara tradisional, pisang klutuk atau juga lazim disebut dengan pisang batu ini telah lama dimanfaatkan sebagai resep herbal maag. Dipercaya mengonsumsi pisang klutuk akan membantu meredakan keluhan kembung, nyeri ulu hati, dan rasa mual.

Pisang klutuk mentah sendiri terbukti memang bermanfaat membantu meredakan keluhan sindrom dispepsia. Sebuah riset terhadap subjek hewan percobaan membuktikan peran ekstraksi pisang klutuk mentah untuk menstimulasi pertumbuhan mukosa gastrointestinal.

pisang klutuk atau pisang batu untuk resep herbal maag
Pisang Klutuk atau Pisang Batu (Credit: Wikipedia Commons/Warut Roonguthai)

Uji pasien yang dilakukan di Universitas Gajah Mada juga membuktikan kemampuan ekstraksi pisang klutuk mentah untuk mengatasi keluhan penyakit maag. Serbuk pisang klutuk mentah dapat bekerja mengikat unsur asam dalam pencernaan. Termasuk menetralisir kelebihan unsur asam klorida, unsur asam dominan dari asam lambung.

Ini karena dalam pisang klutuk muda terkandung komponen alumunium oksida alami. Senyawa ini merupakan salah satu senyawa aktif yang juga ditemukan dalam obat antasida biasa.

Senyawa ini juga bekerja mendorong kelebihan gas dalam usus untuk keluar melalui sistem peristaltik tubuh, termasuk melalui sendawa maupun buang gas. Juga membantu menurunkan produksi asam lambung dalam jangka panjang.

Dalam pisang klutuk juga ditemukan komponen fitokimia lain seperti terpenoid. Ini memberi manfaat meredakan gejala peradangan pada lambung dan meregulasi mekanisme enzim dalam pencernaan.

Resep Herbal Maag dari Pisang Klutuk


Bahan:
Pisang klutuk yang belum matang.

Cara Membuat Ramuan Herbal Maag:
Kupas pisang klutuk, kemudian iris tipis-tipis dan jemur dibawah sinar matahari hingga irisan pisang tadi kering.
Giling irisan pisang kering tadi menjadi bubuk.
Simpan bubuk pisang klutuk tadi pada wadah kedap udara atau toples.
Ketika akan dikonsumsi, campurkan 1 sendok teh bubuk pisang klutuk dengan air panas 1 gelas (200cc).
Setelah tercampur dengan baik, diamkan sampai dingin kemudian dikonsumsi.

Cara Konsumsi:
Minum ramuan herbal maag ini setidaknya 3 kali sehari.
Minum sampai habis termasuk dengan ampasnya.
Lakukan selama 2 pekan untuk pengobatan hingga tuntas.

Herbal untuk Maag 2: Daun Salam

Daun salam selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dasar yang kerap ditambahkan untuk menambahkan aroma dan rasa pada masakan. Biasanya sengaja disimpan kering supaya lebih tahan lama.

Tetapi rupanya herbal satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Mungkin mulai sekarang Anda perlu menyimpan lebih banyak daun salam di dapur Anda, lebih untuk keperluan darurat pengobatan beberapa penyakit.

daun salam untuk resep herbal maag
Daun Salam (Credit: 123rf)

Salah satunya adalah penyakit maag. Daun salam mengandung sejumlah komponen fitokimia seperti flavonoid, saponin, tannin, potasium, terpenoid, dan minyak atsiri. Komponen dalam daun salam terbukti baik sebagai astringent dan analgesik alami untuk meredakan keluhan nyeri.

Juga membantu menurunkan produksi asam lambung, menetralkan kelebihan asam lambung pada lambung dan membantu meredakan peradangan yang terbentuk pada pencernaan. Beberapa penderita mengakui manfaat daun salam ini seketika setelah meminum ramuan herbal maag dengan bahan daun salam ini.

Hanya saja sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daun salam. Sejumlah fakta menunjukan daun salam juga baik untuk menurunkan tekanan darah. Kinerjanya yang aktif dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang drastis. Anda yang punya tekanan darah rendah atau Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan darah tinggi harus berhati-hati dengan daun salam ini.

Resep Herbal Maag dari Daun Salam


Bahan:
Daun salam segar 15 – 20 lembar.
Gula aren secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Maag:
Cuci bersih daun salam, kemudin rebus daun salam dengan air sebanyak ½ liter.
Didihkan hingga 15 menit.
Tambahkan gula aren.
Angkat dan dinginkan.

Cara Konsumsi:
Minum ramuan herbal maag ini sebagaimana layaknya mengonsumsi teh.
Lakukan setiap hari sampai keluhan penyakit maag hilang.

Herbal untuk Maag 3: Daun Pakis Haji (Sikas)

Riset mengenai pemanfaatan daun sikas untuk terapi kesehatan memang belum terlalu banyak. Tetapi sejumlah metode pengobatan tradisional sudah lazim memanfaatkannya sebagai bahan baku obat tradisional.

sikas atau pakis haji untuk ramuan herbal maag
Daun Sikas atau Pakis Haji (Credit: Shutterstock/Warren Price Photography)

Komponen basa dalam daun sikas dikenal memiliki kemampuan antasida alami yang membantu mengurangi kadar asam lambung dan gas dalam pencernaan. Sikas juga memiliki kemampuan anti radang untuk meredakan gejala iritasi atau tukak pada pencernaan.

Sikas baik untuk menormalkan kembali gangguan pada otot usus dan eksofagus yang terganggu. Gangguan ini memberi efek rasa penuh dan mual pada penderita. Terapi dengan sikas akan meredakan gejala dan meredakan penyebab gejala muncul.

Resep Herbal Maag dari Daun Pakis Haji (Sikas)


Bahan:
Daun pakis haji (sikas) kering 15 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Maag:
Rebus daun sikas atau pakis haji kering dengan air sebanyak 3 gelas.
Didihkan ramuan herbal maag ini sampai tersisa air sebanyak 1 gelas.
Angkat dan dinginkan. Kemudian saring hingga tidak tersisa ampas sikas di dalam ramuan.

Cara Konsumsi:
Minum langsung sampai habis setelah ramuan herbal maag ini dingin.

Alternatif Resep Herbal Maag dengan Noni Juice

Noni dikenal sebagai salah satu terapi alami yang mengandung unsur alkaline atau basa. Ini akan menjadi cara efektif untuk meredakan kelebihan asam lambung pada lambung. Ini juga otomatis akan memudahkan kelebihan gas dalam lambung untuk keluar dari dalam perut.

Noni Juice, Alternatif untuk Ramuan Herbal Maag
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Kandungan anti inflamasi dalam Noni juice juga dapat menjadi alternatif solusi mengatasi tukak lambung dan kasus infeksi pada usus. Bukan hanya itu, Noni juice akan mencegah kasus esophagitis, kondisi peradangan pada esofagus akibat paparan asam yang berketerusan.

Khasiat Noni juice untuk keluhan penyakit maag dapat Anda jumpai lebih jelas dalam ulasan Journal of Ethnopharmacology tahun 2011 dengan tajuk Effects of Morinda citrifolia aqueous fruit extract and its biomarker scopoletin on reflux esophagitis and gastric ulcer in rats.

Cara Konsumsi Noni Juice:

Untuk perawatan atau pencegahan, orang dewasa dianjurkan minum: @50 ml, 2 kali/hari, sedangkan anak-anak: @2 sendok makan, 2 kali/hari. Untuk tujuan penyembuhan, orang dewasa dianjurkan minum: @50 – 100 ml, 3 kali/hari, dan anak-anak: @2 – 4 sendok makan, 3 kali/hari. Bagi orang-orang yang menderita penyakit lambung, ada baiknya meminum Noni juice setelah makan untuk menghindari gangguan di lambung.

Kenapa Penyakit Maag Kambuhan?

Pada dasarnya, penyakit maag atau dispepsia ini tidak dapat sepenuhnya disebut sebagai penyakit. Ini adalah kondisi dimana tubuh menunjukan sejumlah gejala yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Gejala yang muncul terkait penyakit maag pada umumnya berupa:

  • Mual dan rasa ingin muntah
  • Kembung
  • Hilang selera makan
  • Mulut terasa asam
  • Rasa sesak dan tidak nyaman di area ulu hati
  • Rasa penuh di perut
  • Nyeri di ulu hati kiri dan kadang menyebar
  • Rasa panas di dada atau di area ulu hati
  • Dorongan untuk terus bersendawa
  • Dorongan untuk terus buang gas

Kebanyakan terapi dispepsia lebih utama mengarah untuk sekedar mengatasi keluhan dan gejala yang  muncul tanpa benar-benar mengatasi sumber masalah sebenarnya. Itulah sebabnya banyak pasien kemudian mengeluhkan penyakit maag yang kumatan, datang dan pergi tanpa bisa diatasi dengan tuntas.

Apa Saja Penyebab Penyakit Maag?

Perlu dipahami, penyakit maag sebenarnya adalah gejala dari sejumlah kemungkinan penyakit atau reaksi pencernaan. Beberapa mungkin memang tidak berbahaya karena hanya reaksi normal pencernaan akibat sejumlah kondisi seperti :

  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Mengonsumsi terlalu  banyak unsur kafein
  • Mengonsumsi makanan dengan cepat, dan dikunyah dengan tidak halus benar
  • Mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas, asam dan berlemak tinggi
  • Mengonsumsi terlalu banyak soda
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri jenis NSAID
  • Merokok
  • Stress berlebihan

Hanya saja tidak menutup kemungkinan keluhan penyakit maag yang muncul merupakan gejala akibat sejumlah kondisi kesehatan seperti:

GERD

Ini merupakan keluhan yang berkaitan dengan produksi asam lambung berlebih. Masalah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah keluhan ketika lambung kerap memproduksi asam lambung berlebih. Akibatnya asam lambung mengkontaminasi belahan perut atas dan menembus area sekat dada. Area eksofagus, dada hingga kadang batang tenggorokan akan terasa panas dan kadang perih.

Gastritis

Ini merupakan keluhan iritasi dan peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Lambung mengalami tukak atau luka serius yang menyebabkan efek perih pada area ulu hati. beberapa kasus tukak lambung ini juga bisa disebabkan oleh seringnya kadar asam lambung meningkat drastis. Peningkatan ini memicu peradangan pada dinding lambung.

Radang usus

Peradangan usus dapat terjadi akibat paparan asam lambung berlebih dalam jangka panjang. Dapat pula terjadi akibat efek infeksi dari bakteri pengganggu pencernaan, Helicobacter pylori. Peradangan pada usus menyebabkan produksi gas meningkat dan mengganggu kinerja usus dalam mencerna makanan. Keluhan ini dapat terjadi pada usus halus hingga area usus dua belas jari.

Apakah Lebih Baik Menggunakan Resep Herbal Maag?

Melihat sejumlah resep herbal maag di atas mungkin Anda bertanya-tanya apakah terapi herbal semacam ini lebih baik dari terapi medis? Mari kita coba lihat lebih jauh seberapa jauh manfaat dan efek samping dari tiap terapi.

Kebanyakan pasien penyakit maag secara medis akan mendapatkan terapi pengobatan antasida. Kinerjanya adalah dengan memberikan unsur basa yang akan mengikat kelebihan asam dalam pencernaan. Seketika terapi ini efektif menurunkan kelebihan asam, gas dan rasa penuh pada perut.

Tetapi sebenarnya terapi ini tidak dapat bekerja menuntaskan masalah sebenarnya. Kebanyakan kasus, antasida hanya mengatasi gejala tetapi tidak dapat menurunkan produksi asam lambung di kemudian hari.  Anda dengan masalah GERD bisa jadi akan ketergantungan dengan antasida karena kecenderungan untuk terus memproduksi asam lambung berlebihan.

Di sisi lain antasida mengandung komponen alumunium yang sebenarnya ketika berada pada level berlebihan akan menjadi toksin bagi tubuh. Senyawa logam ini akan membebani kinerja hati dan ginjal dan mempengaruhi kinerja otak serta mengganggu densitas tulang.

Terapi lain untuk penyakit maag adalah pengobatan yang berfungsi menurunkan produksi asam lambung. Secara medis obat ini dikategorikan dalam obat H-2-receptor antagonists atau Proton pump inhibitors.  Jenis ini bekerja menurunkan produksi asam lambung, dan biasanya dimanfaatkan untuk terapi GERD.

Terapi ini aman untuk jangka pendek, tetapi dapat menganggu mekanisme produksi asam lambung dalam jangka panjang. Bahkan kadang mempengaruhi penurunan produksi sejumlah enzim pencernaan lain.

Bila dibandingkan dengan terapi herbal, efek samping dari terapi herbal lebih dapat dikendalikan. Tentu saja selama Anda mengonsumsi sesuai dosis yang sudah ditentukan. Tidak mengonsumsinya berlebihan sebagaimana sudah ditentukan.

Kinerja resep herbal maag cenderung perlahan tetapi lebih natural.  Tentu saja efek proses penyembuhan pada umumnya memakan waktu lebih lama. Tetapi pada umumnya juga akan memberi efek jangka panjang pada pasien, artinya penyakit maag akan sulit untuk kembali mengeluhkan masalah yang sama dalam waktu dekat.

Sumber

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Medical News Today. What to know about indigestion or dyspepsia. https://www.medicalnewstoday.com/articles/163484

Verywell Health. Indigestion and Heartburn. https://www.verywellhealth.com/indigestion-vs-heartburn-1742319

Herbpathy. Syzygium polyanthum herb. https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Syzygium-Polyanthum-Cid644

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>