Atasi Luka Tersiram Air Panas dengan Resep Herbal Ini

494
ramuan herbal luka tersiram air panas

Luka bakar adalah salah satu kasus cidera yang paling sering terjadi. Luka bakar terjadi ketika kulit terpapar suhu panas tinggi. Bisa karena efek panas yang kering seperti efek paparan sinar matahari atau tersentuh benda panas macam setrika atau knalpot. Tetapi juga bisa karena efek panas yang basah seperti luka tersiram air panas.

Menangani penyakit luka bakar akibat tersiram air panas sudah tentu tidak sama dengan luka bakar akibat paparan panas yang kering. Karena luka tersiram air panas cenderung lebih mudah untuk melepuh.

Masalah luka akibat terbakar juga tidak dapat dipandang sepele. Luka  bisa berkembang mejadi infeksi berbahaya bila tidak teratasi dengan baik. Sementara luka akibat paparan panas yang segera diatasi sejak awal akan lebih cepat untuk sembuh.

luka tersiram air panas
Ilustrasi Luka Tersiram Air Panas (Sumber: Howzak)

Tindakan Darurat untuk Mengatasi Luka Bakar

Sebagaimana dijelaskan tingkat keseriusan dari sebuah luka bakar, termasuk luka terbakar akibat tersiram air panas dapat bergantung pada secepat dan seefektif apa tindakan darurat yang sudah diberikan pada pasien.

Urutan dalam melakukan tindakan darurat untuk pasien luka bakar sesaat setelah pasien tersiram air panas adalah sebagai berikut.

Dinginkan Area Kulit yang Tersiram

Cara tercepat dan paling efektif untuk mencegah kulit yang tersiram air panas berkembang menjadi luka melepuh adalah dengan segera menurunkan suhu pada kulit yang tersiram. Siram area luka dengan air dingin  yang mengalir.

Ketika suhu kembali didinginkan, kulit tidak sempat mengalami kerusakan dan akhirnya tidak terbentuk efek lepuh sebagaimana luka bakar pada umumnya.  Hanya saja, hindari pemakaian air dalam suhu sangat dingin seperti air es, karena perubahan suhu yang drastis akan menyebabkan efek iritasi dan malah memperburuk luka bakar.

Secara medis juga tidak disarankan untuk menggunakan material seperti mentega, kecap, pasta gigi dan lain sebagainya. Karena terapi semacam ini dikhawatirkan malah mencegah suhu kulit turun lebih cepat.

Bantu Lepas Kain atau Logam yang Dikenakan

Bila pada area yang tersiram air panas terdapat pakaian atau terdapat unsur logam yang dikenakan, baik dilepaskan saja dari tubuh pasien. Ini lazim terjadi ketika tangan yang tersiram air panas mengenakan cincin atau gelang.

Logam akan menyebabkan suhu pada area luka semakin sulit turun, karena logam  menyimpan panas. Akibatnya luka akan memburuk di area sekitar benda logam berada. Sedang pakaian kadang kala malah menyebabkan luka melekat pada kain. Ini akan sangat menyakitkan bagi pasien.

Tutup Luka dengan Plastik

Pada jenis luka yang serius, tindakan darurat pertama adalah dengan menutup luka dengan plastik yang bersih dan steril. Plastik tidak akan melekat pada luka dan menyebabkan efek lengket menyakitkan.

Tetapi penutupan luka akan membantu kulit tetap steril sebelum mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut. Juga membantu mencegah lepuhan berkembang menjadi terlalu besar dan menyakitkan.

Kenali Tingkatan pada Luka Bakar

Selain karena aspek tindakan darurat pertama di awal luka terpapar panas, faktor utama yang mempengaruhi keseriusan sebuah luka terbakar dipengaruhi oleh ukuran dari luka. Selebar dan sedalam apa panas menyebar di kulit pasien dan sejauh mana kerusakan pada kulit terbentuk. Kulit manusia memiliki 3 tingkatan lapisan, dan 3 lapisan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Epidermis: lapisan terluar dari permukaan kulit
  • Dermis: lapisan jaringan kulit dalam yang terdiri dari jaringan darah, saraf dan kelenjar
  • Lapisan lemak: lapisan terdalam yang terdiri dari lapisan sel lemak
Baca juga:  Resep Herbal Mata Merah: Cara Cepat Atasi Mata Gatal, Merah & Berair

Merujuk pada 3 lapisan kulit ini, berikut adalah 4 tingkatan luka bakar berdasarkan sampai lapisan kulit mana luka bakar berkembang. Dan berikut adalah 4 tingkatan luka bakar tersebut.

Luka Bakar Tingkat 1

Secara medis luka bakar ini disebut luka bakar superfisial epidermis. Luka ini terbentuk pada area epidermis kulit saja. Kulit akan tampak merah, terlihat membengkak tipis, terasa perih dan panas tetapi tidak melepuh.

Luka Bakar Tingkat 2

Luka terbakar jenis ini secara medis disebut dengan luka bakar dermal superfisial. Luka  jenis ini terbentuk ketika efek panas dan luka terbentuk mulai dari epidermis hingga lapisan dermis. Luka yang terbentuk cenderung terlihat lebih berat dengan penampakan berwarna pink muda pucat dan kadang disertai area kulit yang mengelupas dan melepuh. Area luka juga terasa perih dan panas.

Luka Bakar Tingkat 3

Luka terbakar jenis ini secara medis disebut dengan luka bakar deep dermal. Disebut demikian karena area dermis tidak hanya mengalami efek luka tetapi kerusakan jaringan. Ini artinya area pembuluh darah, sistem saraf dan sejumlah fungsi kelenjar tepi seperti kelenjar minyak dan kelenjar keringat mengalami kerusakan.  Kulit akan tampak kering, rapuh dan sangat lembut ketika disentuh, terasa panas sekali, membengkak dengan area lepuhan yang terlihat dalam.

Luka Bakar Tingkat 4

Luka terbakar ini termasuk pada tingkat luka bakar serius yang harus segera mendapatkan tindakan medis. Jenis luka ini kadang bisa mematikan karena sejumlah organ dalam juga bisa jadi terpapar efek panas. Biasanya terjadi area gosong dengan luka terbuka pada area permukaan kulit. Jarang sekali ada kasus luka bakar tingkat 4 karena efek tersiram air panas.

Penanganan Luka Bakar Tersiram Air Panas Ringan

Kebanyakan kasus luka tersiram air panas berkembang menjadi luka bakar tingkat 1 dan 2. Luka jenis ini pada dasarnya ringan dan tidak mematikan. Tindakan yang cepat dan tepat akan sangat efektif menyembuhkan luka. Biasanya malah luka bakar tingkat 1 terbentuk karena area luka sempat mendapatkan tindakan darurat tepat setelah tersiram air panas.

Untuk membantu penanganan luka terbakar akibat tersiram air panas ringan, kita hanya selalu memastikan area luka tetap bersih. Hindari mengoleskan luka dengan bahan-bahan berminyak karena biasanya justru memperlambat luka.

Hindari memecah lepuhan karena luka basah dan terbuka justru lebih mudah terserang infeksi. Hindari pula paparan sinar matahari langsung karena ini dapat memperburuk kondisi luka. Biasanya luka semacam ini akan sembuh dalam tempo 1 – 3 minggu saja.

Anda bisa membantu mengatasi luka semacam ini dengan memeriksakan ke dokter. Tetapi sebenarnya beberapa resep herbal luka tersiram air panas juga bisa membantu Anda. Ini akan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan di sekitar lingkungan Anda.

Bunga Waru Landak & Minyak Wijen untuk Luka Tersiram Air Panas

Salah satu cara untuk membantu mengobati luka bakar karena tersiram air panas adalah dengan menggunakan resep herbal luka tersiram air panas. Salah satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan resep herbal luka bakar yang terbuat dari ramuan bunga waru landak.

resep herbal luka tersiram air panas dengan bunga waru landak
Bunga Waru Landak (Sumber: Davesgarden)

Bunga waru landak atau dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama Hibiscus mutabilis adalah sejenis tanaman yang masih berkerabat dengan bunga sepatu. Bunga yang juga disebut dengan warna kapas ini diketahui secara medis memiliki kandungan anti bakterial, astringent, anti inflamasi dan memberi efek stimulan untuk proses regenerasi sel.

Baca juga:  Resep Herbal Keseleo untuk Mengobati Bengkak dan Nyeri Terkilir

Dalam bunga waru landak sendiri juga ditemukan kandungan sitosterol, flavonoid, rutin dan beberapa unsur fitokimia lain yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka akibat tersiram air panas.

Pada umumnya untuk menjadi bahan baku resep herbal luka bakar, diperlukan bunga waru landak yang sudah kering dan menjadi bubuk halus. Anda bisa mencampurnya dengan beberapa jenis minyak essensial untuk memudahkannya dioleskan pada luka.

Akan tetapi, bunga waru landak kering juga bisa Anda padukan dengan bahan-bahan yang mudah Anda temukan di rumah Anda, seperti minyak wijen.  Ini adalah jenis minyak ekstraksi yang lazim tersedia di dapur rumahan.

ramuan herbal luka tersiram air panas dengan minyak wijen
Minyak Wijen (Sumber: Shutterstock)

Minyak wijen sendiri memiliki efek menyembuhkan pada luka bakar dan termasuk pula luka tersiram air panas. Terapi ini bahkan ditemukan cukup efektif untuk terapi jenis luka bakar tingkat kedua. Hal tersebut dijelaskan dalam Galen Medical Journal tahun 2016.

Terapi dengan minyak wijen memiliki pengaruh menstimulasi produksi kolagen. Senyawa ini akan sangat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kulit baru. Ini tidak hanya baik untuk mempercepat proses perbaikan sel, tetapi juga membantu mencegah terbentuknya noda atau tanda bekas luka pada sisa luka.

Resep Herbal Luka Tersiram Air Panas

Bahan:

Bunga waru landak kering secukupnya.
Minyak wijen secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Giling bunga waru landak hingga menjadi bubuk.
Tambahkan minyak wijen lalu aduk merata.

Aturan Pakai:

Aturan pemakaian ramuan herbal luka bakar termasuk sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan resep herbal luka bakar ini tipis-tipis pada area luka.
Lakukan berulang beberapa kali dalam sehari sampai luka dikatakan sembuh.

Resep Alternatif Luka Tersiram Air Panas dengan Noni Juice

Menurut Journal of Wound Care tahun 2018 dijelaskan bahwa Noni atau buah Mengkudu memiliki manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Termasuk di dalamnya adalah luka akibat terbakar.

Noni juice mengandung komponen fitokimia termasuk sejumlah jenis polifenol, terutama beberapa jenis flavonoid. Juga mengandung steroid, terpenoid, tannin dan asam fenolik yang memberi manfaat meningkatkan produksi kolagen pada sel. ini mempercepat proses pembentukan sel baru pada area luka.

noni untuk luka tersiram air panas
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Sumber: 123rf)

Sejumlah uji terhadap pasien dengan luka terbukti pemanfaatan Noni juice sebanyak 100 ml untuk per kilogram berat badan menunjukan adanya aktivitas  proliferasi atau pembelahan sel baru pada area luka. Terapi dengan mengonsumsi Noni juice juga membantu luka tertutup dengan hasil bekas luka yang lebih minimal.

Selain itu dijelaskan pula dalam jurnal yang sama bahwa dalam Noni juice tersimpan komponen anti inflamasi. Ini akan mencegah luka akibat terbakar berkembang menjadi peradangan. Dan juga mencegah luka menjadi kasus infeksi yang lebih serius ditangani.

Kandungan anti diabetes dalam Noni juga membantu mencegah kadar gula berlebihan dalam darah. Dalam banyak kasus ditemukan fakta adanya potensi resiko tinggi peradangan luka pada mereka yang memiliki masalah hiperglikemia.

Tersiram air panas adalah salah satu kasus penyebab luka bakar yang cukup banyak terjadi. tindakan tepat di awal menjadi penentu seburuk apa tingkat kerusakan yang mungkin terjadi. Dan perawatan yang tepat seperti dengan resep herbal luka bakar yang sudah terbukti empiris dapat menuntaskan penyembuhan dengan efektif.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

National Health Service.UK. Burns and scalds. https://www.nhs.uk/conditions/burns-and-scalds/.  Accessed: 2018-10-14. (Archived by WebCite®)

Herbpathy.com. Considerate Rose. https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Confederate-Rose-Cid5411. Accessed: 2018-10-14. (Archived by WebCite®)

Setareh Tehrani dkk. Galen Medical Journal. Healing Effect of Sesame Ointment on Second-degree Burn Wound in Rats. http://www.gmj.ir/index.php/gmj/article/view/658/html_113.  Accessed: 2018-10-14. (Archived by WebCite®)

Journal of Wound Care. Wound-healing activity of Morinda citrifolia fruit juice on diabetes-induced rats.  https://www.researchgate.net/publication/6485923_Wound-healing_activity_of_Morinda_citrifolia_fruit_juice_on_diabetes-induced_rats. Accessed: 2018-10-16. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia