Rahasia Rambut Sehat Berkilau

521

Diedit:

0
()

Kadang akibat kesibukan sehari-hari sering membuat seseorang jadi tak punya waktu untuk mengurusi kesehatan rambutnya. Padahal bisa dibilang rambut adalah mahkota kepala, khususnya bagi kaum hawa,  sehingga sedikit banyak akan memengaruhi kepercayaan diri. Artikel ini akan membahas tips-tips praktis untuk menjaga agar rambut sehat alami.

  • Makan Ikan dan Kacang-kacangan

Ikan salmon khususnya dan berbagai jenis kacang memiliki protein dan lemak omega-3 yang membantu menciptakan kulit kepala sehat. Sayuran, biji-bijian, dan wortel juga baik untuk rambut Anda. Intinya, makanan bernutrisi yang dianjurkan bagi kesehatan tubuh juga akan membuat rambut lebih terawat.

  • Lindungi Kilauan Rambut dengan Air Hangat

Air panas bisa menyingkirkan minyak alami rambut yang berperan sebagai kondisioner alami sehingga kilau alaminya bisa lenyap. Ini tidak berarti Anda harus kedinginan karena mandi air dingin, tapi sebaiknya gunakan air hangat ketika mencuci rambut.

  • Atasi Rambut Bercabang dengan Protein

Anda bisa memperbaiki rambut bercabang dengan kondisioner yang mengandung protein. Protein bisa masuk ke dalam batang rambut dan memperbaiki dari dalam. Namun efek perbaikan ini hanya berlangsung sementara, jadi Anda perlu menggunakannya secara teratur.

  • Jangan Lawan Ketombe dengan Minyak Rambut

Ketombe bukanlah tipe dari kulit kering, melanikan serpihan putih kecil yang muncul akibat kelainan kulit kepala. Membubuhkan minyak ke kulit kepala malah memperburuk keadaan. Anda bisa mengobatinya dengan sampo atau obat anti ketombe. Setelah mengoleskan ke seluruh bagian rambut, biarkan selama 5 menit agar meresap ke kulit kepala. Kemudian bilas secara menyeluruh.

  • Jangan Gunakan Pengering Rambut yang Sangat Panas

Pengering rambut yang sangat panas dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan. Terlalu sering mengeringkan rambut dengan mesin juga membuat rambut cepat rontok. Jadi, sebaiknya biarkan rambut kering dengan sendirinya apabila Anda tidak terburu-buru untuk menjaga rambut sehat.

  • Sisir Rambut Seperlunya

Terlalu sering menyisir rambut berarti akan ada lebih banyak kerontokan rambut. Untuk mencegah rambut rontok lebih dari batas normal—sekitar 50-100 helai per hari—sisirlah rambut seperlunya. Gunakan juga sikat rambut yang memiliki bantalan empuk di ujung geriginya dan hanya gunakan sisir bergigi jarang ketika rambut basah.

  • Hindari Cat Rambut Berwarna Kontras

Semakin ekstrim perubahan warna rambut, semakin besar pula risiko kerusakan rambut. Misalnya dengan mencat rambut warna hitam menjadi pirang. Ahli dermatologi menyarankan agar hanya mencat rambut dalam tiga corak warna senada warna alami rambut.

  • Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Kenakan topi atau semprotkan hair spray yang ber-SPF untuk melindungi rambut saat sedang terik-teriknya.

  • Bilas Rambut dengan Air Biasa sebelum Berenang

Hindari efek merusak dari klorin dengan membilas rambut dengan air keran atau topi khusus berenang. Jika sudah basah sebelumnya, maka rambut tidak akan menyerap banyak bahan kimia yang ada dalam kolam. Gunakan juga produk perawatan rambut setelah berenang untuk menyeimbangkan kembali pH rambut.

Baca juga:  Tips Merawat Rambut Supaya Tetap Sehat dan Berkilau

Anda pasti ingin punya rambut sehat yang indah dan berkilau, bukan? Oleh karenanya, praktekanlah tips-tips diatas agar rambut tidak terlihat kering, bercabang, maupun kusam.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: / 5. Pemilih:

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?