Peradangan Kulit: Nummular Neurodermatitis, Bagaimana Cara Mengobati dan Mencegahnya?


By Fery Irawan

Apa itu Nummular Neurodermatitis? Ini adalah penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal dan semakin kuat saat Anda mencoba menggaruk bagian tubuh tersebut. Bekas garukan hanya akan meninggalkan bekas luka yang dapat menginfeksi dan menyebabkan penebalan jaringan kulit, sehingga tampak kasar. Penyakit ini juga disebut lichen simpleks kronik atau Discoid dermatitis.

Penyebab Nummular Neurodermatitis

Penyebab Nummular Neurodermatitis belum dapat dipastikan, hanya saja gesekan antara kulit dengan pakaian yang ketat atau gigitan serangga dicurigai menjadi penyebab iritasi yang mengakibatkan rasa gatal tersebut. Kondisi lainnya berupa; eksim, kulit kering, stres, dan cemas juga turut menjadi pemicunya.

Gejala Nummular Neurodermatitis

Bila Anda merasa gatal yang menyengat saat digaruk dan membuat Anda tak ingin berhenti menggaruk itulah gejala utama penyakit ini. Rasa gatal ini sifatnya sebagian atau lokal—hanya pada satu area tubuh saja. Biasanya menyerang leher, pergelangan tangan, paha, dan pergelangan kaki.

Tak hanya itu saja, terkadang rasa gatal menyerang area yang tidak diinginkan yaitu vulva (kelamin wanita) dan skrotum (kantung kelamin pria). Kulit yang terserang akan tampak kasar dan bersisik, rasa gatal biasanya datang-pergi begitu saja. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter jika rasa gatal tak kunjung hilang terutama jika lokasinya selalu di area yang sama, atau timbul iritasi yang menyakitkan, bahkan infeksi.

Pengobatan Nummular Neurodermatitis

Dokter bisa jadi menyarankan Anda untuk menggunakan krim steroid yang di jual bebas, namun jika ini tidak berhasil menghilangkan rasa gatal, biasanya dokter akan mencari obat yang kandungannya lebih kuat dari yang sebelumnya. Terkadang dalam kondisi khusus pasien bisa saja menggunakan krim kortikosteroid, namun ini harus sesuai dengan resep yang dianjurkan dokter, karena memiliki efek samping.

Antibiotik dan antihistamin juga diberikan guna menuntaskan masalah gatal-gatal yang diderita pasien, jika Anda membutuhkannya dokter dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kesehatan yang Anda alami saat ini. Adapula yang memilih metode terapi guna menghindari kebiasaan menggaruk area yang gatal, terapi demikian cocok untuk mengontrol emosi yang menjadi titik utama kebiasaan tersebut.

Pencegahan Nummular Neurodermatitis

Kunci agar Anda dapat mencegah timbulnya gejala ini adalah menjaga kondisi kulit tetap bersih dan lembab. Pemakaian lotion, minyak mandi, dan krim dapat menjaga kulit agar terhindar dari penyakit ini. Jika Anda telah mengidapnya ada baiknya untuk menutup luka saat malam agar tidak tergaruk sewaktu tidur, juga penting untuk memotong kuku sehingga dapat mengurangi kerusakan jaringan kulit yang tergaruk.

Anda juga dapat mencoba berendam dalam bak mandi dengan campuran air dengan baking soda, oatmeal mentah atau colloidal oatmeal yang dibuat khusus untuk mandi. Hindari penggunaan sabun yang mengandung parfum dan gunakan pakaian katun yang halus dengan demikian iritasi dapat dikurangi.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.