Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Anda Waspadai!

531

Diedit:

Penyebab sakit kepala, walaupun terlihat sepele tetapi banyak orang yang masih belum mengetahui tentang hal ini dengan cukup mendetail. Beberapa orang menganggap keadaan ini diakibatkan karena tubuh terlalu lelah atau karena menyantap makanan tertentu. Dengan mengetahui apa penyebab sakit kepala, maka Anda akan bisa memperkecil kemungkinan terserang oleh penyakit yang benar-benar mengganggu dan membuat tidak nyaman ini.

Penyebabnya sendiri cukup bervariasi, dan sekitar 95% kasus atau kebanyakannya itu adalah sakit kepala primer atau sederhana, dan bukanlah sakit kepala sekunder yang ditimbulkan karena gejala dari penyakit lain. Mari baca selengkapnya mengenai penyebab sakit kepala lebih jauh dalam artikel ini.

Sakit Kepala Terus Menerus

Penyebab sakit kepala terus menerus antara satu orang dengan orang yang lain bisa jadi berbeda, jadi tidak pasti sama. Rasa pusing yang terjadi di dalam waktu cukup lama itu dapat menandakan Anda terserang sakit kepala biasa. Namun jika sakit kepala terus menerus menyerang, sakit kepala tersebut juga dapat menjadi pertanda bahwa tubuh terserang oleh penyakit yang lain. Dengan kata lain, sakit kepala tersebut merupakan gejala penyakit yang berbeda.

Penyebab sakit kepala terus menerus juga ada banyak. Apabila memang jika Anda sudah mencoba mengobati sendiri penyakit ini tetapi tak kunjung sembuh, memang akan lebih baik jika Anda mencari tahu penyebab sakit kepala tersebut dengan lebih terperinci lagi.

Jika belum mengetahui penyebab sakit kepala terus menerus, maka aktivitas sehari-hari Anda pun akan tak nyaman dan benar-benar terganggu. Mungkin bagi Anda yang pernah merasakannya sudah tidak asing lagi dengan kondisi tersebut. Apalagi jika sampai mengakibatkan rasa sakit yang cukup parah, bahkan untuk berdiri pun susah, apalagi beraktivitas, dan Anda harus istirahat.

Salah satu penyebabnya bisa jadi karena gaya hidup yang kurang sehat. Dan biasanya sakit kepala akan berkurang apabila gaya hidup Anda sudah mengarah ke yang benar. Ya, memang gaya hidup yang buruk dapat menjadi penyebab sakit kepala terus menerus dan berbagai jenis penyakit yang lainnya.

Pemicu Utama Penyebab Sakit Kepala

  • Cuaca

    Penyebab sakit kepala yang pertama adalah cuaca. Cuaca merupakan salah satu faktor yang memegang peranan besar dalam sakit kepala. Memang tak semua jenis cuaca menjadi penyebab sakit kepala.

    Contohnya saat cuaca sekitar berubah jadi panas, maka perubahan pada tingkat kelembaban serta tekanan udara akan bisa mengubah zat kimiawi pada otak manusia, di mana kondisi ini akan memicu terjadinya sakit kepala. Karena itu, untuk melawan faktor penyebab sakit kepala karena cuaca ini, Anda harus mempersiapkan diri dengan lebih baik, misalnya saja dengan mempersiapkan obat untuk pereda rasa sakit.

  • Lingkungan yang Tidak Sehat

    Penyebab sakit kepala yang kedua adalah faktor lingkungan, di mana Anda tinggal. Lingkungan tempat tinggal sehari-hari Anda yang kurang sehat dapat membuat Anda mudah terserang sakit kepala hingga terus menerus. Penyebab sakit kepala karena faktor lingkungan misalnya karena banyaknya asap rokok. Dan ada juga asap kendaraan bermotor dan berbagai jenis polusi udara yang lainnya, bahkan termasuk obat nyamuk bakar.

    Pada dasarnya obat nyamuk adalah racun, yang dalam jumlah sedikit saja bisa membunuh nyamuk. Tetapi jika Anda menggunakan obat nyamuk pada ruang yang tertutup dan digunakan untuk jangka waktu lama, maka itu dapat menjadi penyebab sakit kepala bahkan Anda dapat keracunan karenanya.

  • Inflamasi

    Penyebab sakit kepala yang berikutnya adalah inflamasi. Inflamasi merupakan nama lain untuk peradangan. Radang yang bisa mengakibatkan sakit kepala yang terjadi terus menerus merupakan penyakit radang yang masih terkait dengan Telinga Hidung Tenggorokan (THT), contohnya radang sinus (sinusitis), khususnya pada hidung di bagian atas, lalu radang tenggorokan dan faringitis, dan yang terakhir yaitu otitis atau radang telinga.

    Apabila Anda mengalami radang THT ini, maka Anda sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter THT jangan tunggu terlambat, karena itu adalah penyebab sakit kepala yang harus Anda waspadai juga.

  • Stress

    Faktor penyebab sakit kepala yang cukup sering adalah stress. Tetapi harus Anda ketahui bahwa justru sakit kepala itu akan menyerang sesudah masa stress seseorang berakhir, bukan ketika masa stress seseorang berlangsung. Yang menjadi penyebab sakit kepala ini adalah karena hormon yang sedang tinggi-tingginya ketika tubuh berada dalam kondisi stress, tetapi mendadak turun ketika stress berakhir.

    Karena itu saluran darah pun akan membesar, lalu bereaksi, dan akhirnya akan menyebabkan sakit kepala terjadi. Stress pun juga bisa mengakibatkan ketegangan pada area bahu, leher, serta otot kepala. Begitu pula ketika seseorang dalam keadaan tegang, ketegangan pada otot kepala dapat menjadi penyebab sakit kepala juga. Semuanya itu berkaitan dengan stress yang dialami.

Baca juga:  Singkirkan si Biang Kerok Penyebab Sakit Kepala!

Tips Menghadapi Penyebab Sakit Kepala

Jika Anda sering terserang sakit kepala tanpa mengetahui penyebab sakit kepala itu sendiri, sebaiknya mulai sekarang lebih jeli lagi dalam mengenali apa penyebabnya. Seperti disebutkan sebelumnya jika antara satu orang dengan orang lainnya yang sama-sama mengalami sakit kepala, belum tentu disebabkan oleh faktor penyebab yang sama juga.

Karena itulah disarankan bagi Anda untuk segera membuat catatan mengenai bagaimana gaya hidup Anda, cari tahu kebiasaan apa yang biasa dilakukan yang kira-kira menjadi penyebab sakit kepala. Dengan mempunyai sebuah catatan, maka hal tersebut akan memudahkan Anda. Catatan akan membantu Anda dalam menentukan apa penyebab sakit kepala yang Anda alami.