Penyebab Kanker pada Manusia

438

Diedit:

Kanker merupakan sebuah nama penyakit yang mengerikan, kanker adalah salah satu penyakit yang mungkin terjadi kepada Anda, khususnya apabila seseorang memiliki lifestyle yang buruk untuk kesehatan. Penyakit ini dapat terjadi ketika gen-gen yang tugasnya mengontrol pertumbuhan serta perbaikan sel berubah.

Perubahan ini adalah hasil interaksi dari agen eksternal dengan faktor gen induk. Beberapa kategori tersebut dapat Anda temukan di bawah ini:

  • Karsinogen biologis

    Contohnya infeksi karena virus (Kanker hati dan virus hepatitis B, HPV, dan kanker mulut rahim atau kanker serviks), serta bakteri (Kanker lambung dan Helicobacter Pylori), juga parasit (Kanker kandung kemih dan Schistosomiasis).

  • Karsinogen kimiawi

    Contohnya asap tembakau dan asbestos

  • Karsinogen fisik

    Contohnya radiasi ionisasi dan radiasi ultraviolet (UV)

Penyebab Penyakit Kanker

  • Kebiasaan buruk

    Konsumsi alkohol dengan jumlah berlebihan, merokok (Dapat meningkatkan persentase terkena kanker paru-paru), pemakaian obat-obatan terlarang juga termasuk faktor penyebab dari beberapa jenis kanker yang menjangkiti seseorang.

  • Umur

    Yang kedua yang merupakan penyebab kanker adalah umur. Orang yang terserang penyakit kanker rata-rata sudah berumur lebih besar dari 45 tahun. Namun ini tak selalu, jika Anda berusia lebih muda dari umur 45, Anda tetap memiliki potensi terkena kanker. Khususnya jika Anda sering melakukan kebiasaan buruk penyebab kanker. Tetapi jika kebiasaan buruk ditambah dengan umur yang semakin tua, maka resiko terkena kanker akan juga ikut semakin besar.

  • Genetika

    DNA dan sejarah keluarga termasuk salah satu contoh faktor yang bisa mempengaruhi seseorang terkena kanker. Namun harap diketahui bahwa genetika bukanlah faktor utama, tetapi tetap bisa ikut mempengaruhi. Penelitian yang terbaru sudah menunjukkan hasil jika diet dan lifestyle adalah faktor yang mempengaruhi perubahan pada gen kanker. Jadi genetika bukanlah faktor penyebab yang mutlak.

  • Kondisi kejiwaan

    Jangan salah, ternyata pikiran dan kondisi kejiwaan seseorang juga dapat ikut menjadi faktor penyebab seseorang terjangkiti oleh kanker. Contohnya orang yang sedang dilanda masalah dan menjadi stress berat, sel pada bagian dalam tubuhnya akan berubah menjadi benar-benar aktif, ini berpotensial menjadi faktor penyebab kanker. Bahkan persentasenya juga cukup tinggi.

  • Makanan berbahan kimia

    Anda juga harus hati-hati ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia. Jenis makanan tersebut selain tidak sehat, juga mengakibatkan kanker. Khususnya dalam jangka panjang, mungkin jika sesekali tidak akan terlalu berpengaruh. Selain makanan, sekarang minuman juga banyak yang dibuat menggunakan campuran bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk lebih sering konsumsi makanan dan minuman buatan sendiri, bukan yang kemasan.

  • Radiasi

    Faktor keenam yang dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit kanker adalah radiasi. Begitu pula dengan sinar UV siang matahari, jika terlalu lama terpapar Anda dapat terserang kanker kulit.

Baca juga:  Imunoterapi vs Kanker: Mungkinkah Mengatasi Kanker dengan Imunitas?

Herbal untuk Mengobati Penyakit Kanker

Ada baiknya Anda rajin konsumsi herbal yang dapat secara alami memerangi kanker. Sekarang ini selain obat-obatan berbahan kimia buatan pabrik, sudah tersedia aneka bahan herbal yang dapat memerangi kanker dengan efektif. Herbal tersebut yaitu herbal Sarang Semut.

Salah satu kandungannya, yakni tokoferol bisa meredam radikal bebas penyebab kanker hingga 96 persen. Apalagi Sarang Semut benar-benar kaya akan tokoferol. Oleh karena itu, supaya terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya, sebaiknya Anda rutin konsumsi herbal Sarang Semut. Sekian artikel tentang penyebab kanker pada manusia, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia