Penyakit Herpes Zoster, Bagaimana Menyembuhkannya?

427

Diedit:

Herpes Zoster merupakan penyakit yang diakibatkan karena infeksi oleh virus Varicella-Zoster. Virus Varicella-Zoster umumnya menyerang orang dewasa, yang diserang biasanya terdapat ciri seperti nyeri radikuler unilateral juga gerombolan veskulenya tersebar sesuai pada dermaton – Di mana dermaton tersebut di inversi satu ganglion saraf sensoris. Untuk usia dewasa yang disebutkan sebelumnya, biasanya seseorang dengan usia lebih dari 50 tahun.

Nama lain dari penyakit Herpes Zoster adalah cacar ular, terkadang orang-orang juga ada yang menyebutnya dengan nama cacar api. Virus yang menyebabkan Herpes Zoster ini juga sama dengan virus yang menyebabkan penyakit cacar air. Virus ini bisa menetap pada tubuh seseorang bahkan sesudah penyakit cacar air sembuh, kemudian bisa kembali aktif sewaktu-waktu, dan mengakibatkan terjadinya penyakit Herpes Zoster ini. Mari baca selengkapnya.

Rasa Sakit Parah Akibat Herpes

Penyakit Herpes Zoster memang tak bersifat mengancam jiwa penderitanya, tetapi rasa sakit yang ditimbulkan karena penyakit ini cukup parah. Oleh karenanya, disarankan bagi Anda untuk segera konsultasi ke dokter apabila Anda merasakan ada gejala dari penyakit Herpes Zoster ini. Jangan tunggu hingga terlambat, berikan perawatan yang tepat sedini mungkin.

Faktor Pemicu Herpes Zoster

Sekarang mari kita kembali kepada topik virus penyebab Herpes Zoster. Seperti disebutkan sebelumnya jika virus yang menyebabkan Herpes Zoster ini karena aktif kembali, dan tentu saja virus tersebut tidak aktif serta merta begitu saja, namun ada faktor pemicu. Apa sajakah yang menjadi faktor pemicu tersebut?

  • Seseorang pernah terserang cacar air
  • Faktor usia – Penyakit Herpes Zoster biasanya menyerang manula, yang berusia sudah lebih dari 50 tahun
  • Sistem antibodi tubuh yang turun – Bisa karena serangan penyakit diabetes, kemoterapi, maupun karena konsumsi obat steroid untuk jangka panjang
  • Stress
Baca juga:  Herpes Zoster: Penyakit Apakah Itu?

Cara Penularan Herpes Zoster

Penularan dari virus Herpes Zoster ini bisa terjadi antar manusia, dan melalui kontak langsung. Contohnya transmisi dari pernafasan, di mana virus akan menjadi epidemik pada inang yang rentan. Alasan mengapa orang dengan usia tua lebih rentan terhadap infeksi virus ini adalah faktor immunosenescence. Di mana orang dengan usia lebih tua maka sistem antibodi tubuhnya pun akan ikut turun, penurunan sistem antibodi atau sistem imun tersebut terjadi secara bertahap, dan memang semua orang akan mengalaminya ketika proses penuaan berlangsung.

Gejala-Gejala Penyakit Herpes Zoster

Seseorang yang terkena penyakit ini memiliki gejala munculnya rasa sakit tak tertahankan seperti terbakar, kulit pun berubah lebih sensitif hingga beberapa hari bahkan sampai satu Minggu. Penyebab dari munculnya rasa sakit ini mungkin akan sulit untuk diketahui sebelum akhirnya ruam muncul pada permukaan kulit.

Ruam shingles akan mulai muncul melalui blister atau lepuhan kecil pada bagian atas dari dasar kulit merah, lepuhan lainnya akan bermunculan terus hingga 3 sampai dengan 5 hari ke depan. Lepuhan dan bintik merah akan muncul mengikuti saraf mulai dari sumsum tulang belakang kemudian membentuk pola layaknya sebuah pita di area kulit Anda.

Herbal untuk Menyembuhkan Herpes Zoster

Ekstrak daun sirsak merupakan salah satu contoh bahan herbal yang dapat Anda gunakan untuk meringankan penyakit Herpes Zoster yang diderita. Sebagai tambahan, kandungan annonaceous acetogenins dalam daun sirsak adalah senyawa anti kanker dan anti tumor yang dapat bekerja maksimal tanpa merusak sel sehat.

Sekian artikel tentang penyakit Herpes Zoster dan bagaimana cara menyembuhkannya. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia