Herpes Zoster: Penyakit Apakah Itu?


By Cindy Wijaya

Herpes Zoster, mungkin Anda sering mendengar nama penyakit ini, namun tahukah Anda ini penyakit yang menyerang apa? Sekarang kami akan menjelaskan secara detail pada artikel kesehatan kali ini. Herpes Zoster adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh virus. Virus yang bertanggung jawab adalah VZV (Virus Varicella zoster). Apabila Anda melihat di negara Indonesia, biasanya orang-orang menyebut penyakit ini dengan nama sakit Dompo.

Penyakit ini termasuk penyakit kulit yang mudah menular. Umumnya seseorang cuman sekali diserang penyakit ini seumur hidup. Sebab sekali terkena herpes zoster, maka orang tersebut akan menjadi kebal untuk seumur hidupnya. Mari baca selengkapnya.

Sesudah seseorang terkena cacar air, maka virus Varicella zoster pun akan menetap dengan kondisi dorman atau tak aktif (Laten) di satu ataupun lebih pusat saraf (Ganglia) posterior. Jika seseorang mengalami antibodi yang turun, entah karena faktor tertentu, maka virus yang tadinya tak aktif akan berubah menjadi aktif lagi, kemudian menyebar dari saraf tepi menuju kulit. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan penyakit kulit herpes zoster.

Virus kemudian akan memperbanyak diri di kulit, atau multiplikasi, kemudian bintil-bintil kecil dengan warna merah pun akan ikut terbentuk. Bintil merah tersebut berisi cairan, berbentuk menggembung, dan ada pada sekitar kulit yang sebelumnya dilalui virus Varicella zoster tersebut.

Apa Bedanya Herpes Zoster dengan Herpes Simplex?

Anda jangan salah, antara herpes zoster dengan herpes simplex itu tidaklah sama. Herpes zoster adalah penyakit bawaan dari penyakit cacar air, di mana penyakit ini tak akan menular ke orang lain sebelum akhirnya berubah menjadi herpes zoster juga. Tetapi jika menular, maka orang yang tertular akan terkena cacar air terlebih dahulu. Ini mungkin terjadi apabila seseorang sebelumnya belum pernah terkena cacar air.

Namun umumnya orang usia dewasa sudah pernah terkena penyakit cacar air sebelumnya ketika kecil, balita di zaman sekarang sudah diberikan vaksinasi lengkap dan itu termasuk vaksinasi Varisela untuk terhindar dari penyakit cacar air. Vaksin Varisela ini dapat diberikan untuk orang yang sebelumnya belum pernah terserang cacar air, namun apabila sudah pernah terserang cacar air maka tidak perlu vaksin lagi, karena antibodi tubuhnya sudah kuat untuk melawan virus penyebab cacar air ini.

Bagi seseorang dengan usia 50 tahun ke atas direkomendasikan diberikan vaksinasi Varisela juga. Tetapi harus diperhatikan apakah orang tersebut sebelumnya pernah terkena cacar air atau tidak. Vaksin Varisela diberikan untuk menjadi penguat atau booster, jadi apabila timbul single atau lepuh herpes zoster tak akan terlalu parah. Juga sama untuk vaksinasi MMR yang juga sama-sama memakai virus yang sudah dilemahkan, sehingga pasien yang divaksinasi harus berada di kondisi yang sedang fit supaya demam karena vaksinasi minimal.

Penularan Virus Herpes Zoster

Herpes zoster adalah penyakit kulit menular. Penularan herpes zoster dapat terjadi dikarenakan adanya kontak langsung. Seseorang yang usianya bertambah maka akan semakin rentan terinfeksi oleh virus yang satu ini.

Herbal untuk Membantu Pengobatan Herpes Zoster

Untuk itu, Anda harus selalu menjaga antibodi tubuh agar senantiasa kuat, agar terhindari dari penyakit kulit herpes zoster ini. Bahan herbal tersebut yang dapat Anda konsumsi misalnya herbal Noni juice. Herbal Noni juice bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh seseorang menjadi lebih baik.

Mungkin adakalanya penyebab herpes zoster sulit dicegah, namun Anda bisa sesegera mungkin menyembuhkan herpes zoster. Gunakanlah obat herbal herpes zoster yang disebutkan dalam artikel ini untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.