Gejala Herpes: Penyakit Kulit Menular

257

Diedit:

Herpes termasuk penyakit kulit yang dapat menyerang siapapun. Mungkin Anda sebelumnya sudah pernah mendengar tentang penyakit herpes ini. Banyak orang yang menyebutkan apabila penyakit herpes termasuk penyakit menular, dan dikarenakan adanya hubungan suami istri yang tak sehat. Namun sebenarnya penyebab utama seseorang tertular penyakit herpes bisa lebih dari itu, lebih bervariasi. Artikel ini akan menjelaskan mengenai gejala herpes.

Untuk sekarang ini, mungkin Anda penasaran dengan apa saja sebenarnya gejala dari seseorang yang terserang penyakit herpes. Dengan mengetahui gejalanya, maka Anda dapat memberikan penanganan yang lebih cepat dan juga tepat. Tetapi sebelumnya mari kenali terlebih dahulu apa itu penyakit herpes, mari baca selengkapnya.

Apa Sebenarnya Penyakit Herpes Itu?

Penyakit herpes merupakan penyakit yang mengakibatkan terjadinya peradangan di kulit, di mana terdapat tanda munculnya ruam merah serta gelembung yang berisi air yang umumnya muncul berkelompok di beberapa bagian tubuh seseorang. Umumnya ketika pertama kali penyakit herpes ini menyerang maka tubuh penderita herpes tersebut akan merasa sakit di bagian dalam dari tubuh serta merasakan panas.

Di saat kali pertama muncul penyakit herpes bentuknya memang Cuma gelembung kecil saja, tetapi seiring bertambahnya waktu akan semakin melebar menuju daerah yang lainnya. Biasanya apabila yang menyerang itu penyakit herpes zoster, hanya dalam waktu satu minggu, penyakit herpes ini akan menghilang dari tubuh dengan sendirinya, waktu untuk penyembuhan lanjutan Cuma antara 2 hingga 3 minggu apabila diberikan perawatan yang benar dan tepat. Untuk kebanyakan kasus orang yang menderita penyakit herpes zoster, tubuhnya akan terlihat bekas kulit penyakit herpes namun beberapa orang lain yang pernah menderita herpes zoster justru sama sekali tak memiliki bekas di kulit mereka. Selain jenis herpes zoster, masih ada lagi jenis penyakit herpes yang lainnya.

Herpes Simpleks dan Gejalanya

Jenis herpes yang lainnya adalah herpes simpleks. Herpes simpleks ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh hubungan suami istri yang tak sehat. Penyakit herpes simpleks ini umumnya muncul di daerah bibir serta alat kelamin penderitanya. Herpes simpleks juga memiliki nama lain herpes genital, dan sama-sama dikategorikan sebagai penyakit menular. Penularan dari herpes simpleks ini dapat dari handuk dan pakaian yang seseorang gunakan. Penyakit ini mengakibatkan nyeri di daerah sekitar alat kelamin atau genital dari penderitanya. Selain rasa nyeri, penderita herpes simpleks juga akan mengalami beberapa gejala di bawah ini.

  • Keluar nanah
  • Keluar kotoran dari vagina
  • Kelenjar limpa di paha membesar
  • Buang air besar menjadi terasa sakit
  • Gatal-gatal
  • Sakit punggung bawah
  • Luka melepuh atau terbuka pada leher rahim
  • Gejala flu (Contohnya kehilangan nafsu makan, demam, serta kelelahan)

Virus herpes dapat menjadi tak aktif pada dalam tubuh penderitanya untuk sementara waktu. Namun virus bisa aktif kembali sewaktu-waktu serta mengakibatkan gejala herpes muncul lagi.

Untuk wanita yang menderita atau terserang penyakit herpes yang mau mempunyai anak, maka sebelumnya harus diberikan pengobatan antiviral, yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya outbreak saat wanita tersebut melahirkan nantinya.

Herbal untuk Pengobatan Herpes

Adapun herbal yang cocok untuk pengobatan herpes yaitu dengan daun kacang Gude. Daun tanaman Gude mempunyai banyak khasiat, termasuk untuk menyembuhkan gangguan kulit karena herpes. Nanti tanaman ini dibuat lulur kemudian dilulurkan pada kulit yang terserang herpes, lalu ditutupi menggunakan kain kasa.

Baca juga:  Obat Herpes yang Benar-benar Terbukti dan Aman

Sekian artikel tentang gejala herpes penyakit kulit, semoga bermanfaat. Gejala herpes harus segera diketahui sebelum terlambat dan segera disembuhkan. Obat herbal yang diinformasikan disini dapat membantu proses pemulihan herpes.

Advertisement
Alinesia