Pencegahan Kanker Darah Yang Bisa Dilakukan

502
Kanker Darah: penangkal, pantangan, penghamba, preventif, atau pencegahan kanker darah
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Bagaimana pencegahan kanker darah dilakukan? Benarkah adanya keberadaan penangkal kanker darah? Apa manfaat yang dapat Anda terima dengan melakukan tindakan penghambat kanker darah tersebut? Seberapa efektif tindakan preventif kanker darah ini bagi Anda? Apa saja pantangan kanker darah?

Dalam artikel ini temukanlah informasi seputar pencegahan kanker darah, mulai dari menghentikan penggunaan tembakau, mengonsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas fisik serta melakukan pemeriksaan medis. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut!

Pencegahan Kanker Darah

Kenyataannya hingga saat ini belum ada metode yang tepat dalam mencegah kanker darah. Kebanyakan tindakan yang dapat dilakukan adalah menghindari potensi risiko atau faktor penyebab kanker darah. Penangkal kanker darah dapat diterapkan pada ketiga jenis kanker, mulai dari kategori Leukemia, Lymphoma, hingga Myeloma. Namun selalu konsultasikan dulu dengan dokter yang merawat Anda, sebelum melakukan upaya preventif kanker darah apapun.

Kanker darah sendiri memiliki beberapa jenis golongan yang sangat beragam dan membutuhkan obat kanker darah untuk membantunya. Namun, secara garis besar faktor yang menyebabkan serangan kanker tidak jauh berbeda dengan kanker darah lainnya. Bagaimana melakukan upaya penghambat kanker darah tersebut? Salah satunya ialah melakukan pantangan kanker darah.

Temukan—4 Pencegahan Umum Kanker Darah

Sayangnya para ilmuwan masih mencari tahu asal usul terjadinya kanker darah. Namun para peneliti berhasil menemukan faktor yang turut memperbesar serangan kanker. Maka dengan menghindari faktor risiko kanker diharapkan Anda dapat bebas dari kanker. Adanya paparan radiasi, bahan kimia seperti pestisida atau benzena, dan merokok atau tembakau dalam bentuk apa pun telah disinyalir sebagai faktor risiko serangan kanker.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga perilaku hidup sebagai upaya penghambat kanker darah seperti; tetap aktif dan makan makanan sehat yang dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena berbagai jenis kanker alias sebagai penangkal kanker darah dan penyakit lainnya. Tak hanya mengurangi konsumsi rokok, berhenti sama sekali adalah pantangan kanker darah yang mutlak dilakukan. Berikut beberapa upaya pencegahan kanker darah yang bisa Anda upayakan;

Hentikan Penggunaan Tembakau

Menggunakan segala jenis tembakau dapat membuat Anda berada di jalur serangan kanker. Maka tak heran, jika merokok sering dikaitkan dengan beragam jenis kanker. Sekalipun Anda tidak menggunakan tembakau, paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko serangan kanker. Saatnya bagi Anda untuk menghentikan konsumsi tembakau secara berlebihan sebagai penangkal kanker darah.

Memutuskan untuk berhenti merokok merupakan bagian penting sebagai upaya pencegahan kanker darah. Jika Anda perlu bantuan untuk berhenti merokok, tanyakan kepada dokter sehubungan dengan tindakan preventif kanker darah tersebut. Misalnya; adakah produk pengganti rokok ataupun strategi lain yang bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Jika Anda ingin tetap sehat, tentu penting bagi Anda untuk melakukan pantangan kanker darah ini.

Konsumsi Makanan Sehat

Meskipun konsumsi makanan sehat tidak dapat menjamin sepenuhnya sebagai pencegahan kanker darah. Namun, itu bisa menjadi penangkal kanker darah yang ampuh. Pertimbangkan pedoman preventif kanker darah berikut:

Konsumsi buah dan sayuran, serta beberapa sumber nabati lainnya seperti; biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan penghambat kanker darah yang efektif. Namun Anda perlu mempertimbangkan asupan kalori yang masuk kedalam tubuh Anda. Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk membatasi konsumsi gula dan makanan berlemak. Konsumsi minuman beralkohol juga perlu dibatasi. Konsumsi ikan merupakan pilihan yang tepat untuk menghindari serangan kanker.

Bagaimana dengan konsumsi daging olahan? Sebuah laporan dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker dari Organisasi Kesehatan Dunia, menyimpulkan bahwa makan daging olahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko kanker jenis tertentu. Alangkah baiknya jika Anda berfokus pada makanan nabati, seperti; buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Untuk penggunaan minyak, dianjurkan untuk konsumsi sedikit minyak zaitun. Konsumsi mentega hingga taraf yang wajar masih bisa dilakukan.

Lakukan Aktivitas Fisik

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menjadi penghambat kanker darah dan beberapa jenis kanker lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan aktivitas fisik. Orang dewasa yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik dapat memperoleh sejumlah manfaat kesehatan. Tetapi untuk manfaat kesehatan yang substansial, usahakan untuk mendapatkan setidaknya 150 menit seminggu dalam melakukan aktivitas aerobik sedang atau 75 menit seminggu untuk aktivitas aerobik yang kuat.

Anda juga dapat melakukan kombinasi aktivitas sedang dan kuat. Sebagai tujuan umum, sertakan setidaknya 30 menit aktivitas fisik kedalam rutinitas harian Anda – dan jika Anda bisa berbuat lebih banyak, bahkan lebih baik lakukanlah sebagai upaya pencegahan kanker darah.

Lakukan Pemeriksaan Medis

Pencegahan kanker darah lainnya ialah menjaga tubuh terhindar dari infeksi virus tertentu. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vaksinasi terhadap: Hepatitis B ataupun Human papilloma virus (HPV). Kemungkinan kedua virus tersebut dapat menyebabkan kanker jenis lainnya. Juga, lakukanlah skrining untuk berbagai jenis kanker yang dapat meningkatkan peluang untuk menemukan kanker sejak dini. Tanyakan kepada dokter Anda tentang jadwal skrining kanker terbaik untuk Anda.

Memang, upaya preventif kanker darah masih terus dikembangkan. Namun, beberapa upaya tersebut dapat diterima dengan baik. Mengingat peluang Anda terkena kanker seringkali dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup yang Anda buat. Jadi, jika Anda tertarik untuk mencegah kanker, sadarilah bahwa perubahan gaya hidup sederhana dapat membuat perbedaan yang besar. Pertimbangkan tips pencegahan kanker darah.

Baca juga:  Penyebab Kanker Darah Yang Harus Diwaspadai

Kenali—4 Pencegahan Khusus Kanker Darah

Beberapa sel kanker menghasilkan protein yang disebut faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF). Protein VEGF menempel pada reseptor sel yang melapisi dinding pembuluh darah di dalam kanker. Sel-sel ini disebut sel endotel yang memicu pembuluh darah untuk tumbuh, sehingga kanker memperoleh asupan makanan untuk dapat bertumbuh. Maka dari itu, dibutuhkan metode pemulihan yang bersifat anti-angiogenesis untuk preventif kanker darah.

Angiogenesis berarti pertumbuhan pembuluh darah baru. Obat anti angiogenik merupakan perawatan yang menghentikan kanker agar tidak menciptakan pembuluh darah mereka sendiri. Jika ini dapat menghentikan kanker agar tidak menciptakan pembuluh darah, maka ada kemungkinan untuk memperlambat pertumbuhan kanker atau bahkan menyusutkannya. Sehingga penggunaannya bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan kanker darah yang efektif.

  • Obat yang menghambat faktor pertumbuhan pembuluh darah — Beberapa diantaranya dapat memblokir faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF) agar tidak menempel pada reseptor sel yang melapisi pembuluh darah. Jenis ini juga dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal.
  • Obat yang menghalangi transmisi sinyal di dalam sel — Beberapa diantaranya dapat menghentikan reseptor  endotel vaskular (VEGF) untuk mengirimkan sinyal pertumbuhan ke dalam sel-sel pembuluh darah. Perawatan ini juga disebut penghambat pertumbuhan kanker darah (termasuk kanker lainnya) atau penghambat tirosin kinase (TKI).
  • Obat yang memengaruhi sinyal antar sel — Beberapa diantaranya bereaksi atas senyawa kimia yang digunakan sel untuk saling memberi sinyal agar tetap bertumbuh. Jenis ini bisa menghalangi pembentukan pembuluh darah abnormal.
  • Sarang Semut Papua —Myrmecodia pendans merupakan tanaman herbal yang telah digunakan secara tradisional sebagai alternatif untuk mengatasi benjolan abnormal, tumor dan kanker. Dalam sebuah penelitian mendapati bahwa ekstrak Sarang Semut Papua memiliki aktivitas anti kanker yang lebih baik dibandingkan ekstrak lainnya disertai dengan pantangan kanker darah.
Baca juga:  7 Ciri-Ciri Kanker Darah yang Mudah Dikenali

Kenalilah bagaimana indikasi kanker darah sewaktu bertumbuh dalam tubuh penderitanya. Ketahuilah bahwa kanker membutuhkan suplai darah yang baik untuk menyediakan makanan dan oksigen bagi dirinya sendiri, sekaligus mengeluarkan produk limbah buangannya. Ketika ukuran kanker telah mencapai 1 sampai 2mm, maka sel ini memerlukan pembuluh darah sendiri untuk dapat terus membesar. Untuk dapat menyingkirkannya, tentu saja dibutuhkan senyawa anti-angiogenesis sebagai penangkal kanker darah.

Pencegahan Kanker Darah Leukemia

Karena faktor yang menyebabkan leukemia masih belum diketahui, tidak ada cara pasti untuk mencegahnya. Namun, menghindari paparan pelarut, seperti; benzena dan toluena, serta paparan sinar-X yang tidak perlu umumnya efektif sebagai tindakan preventif kanker darah.

Jika Anda berpikir bahwa ada kemungkinan terjadinya leukemia dalam diri Anda. Maka menyadari faktor risiko, serta konsultasi dokter merupakan tindakan yang sangat penting untuk dilakukan. Sehingga diagnosis dan pengobatan kanker darah dapat dilakukan sedini mungkin. Sangat penting bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga leukemia untuk mengetahui dan memberitahukan kondisi ini kepada dokter mereka.

Pencegahan Kanker Darah Lymphoma

Karena faktor yang menyebabkan limfoma masih belum diketahui, tidak ada cara pasti untuk mencegahnya. Namun, jika Anda berpikir ada kemungkinan limfoma. Penting sekali untuk menyadari faktor risiko yang ditimbulkannya. Lalu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh diagnosis dan perawatan sedini mungkin. Sangat penting bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga limfoma untuk mengetahui dan memberitahukan kondisi ini kepada dokter mereka.

Jika Anda mencurigai keberadaan atau tingginya risiko limfoma dalam tubuh Anda. Segera bicarakan dengan dokter Anda, jangan tunda deteksi dan tindakan perawatan yang tersedia. Anda mungkin dirujuk ke ahli hematologi, sebagai dokter yang berspesialisasi dalam menangani kondisi terkait dengan darah. Tergantung pada kondisi fisik, genetika, stadium kanker darah, dan riwayat medis Anda.

Pencegahan Kanker Darah Myeloma

Karena faktor yang menyebabkan myeloma masih belum diketahui, tidak ada cara pasti untuk mencegahnya. Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi pasien dengan penyakit yang berkaitan dengan kanker darah. Uji klinis menggunakan beberapa pemulihan yang sama terhadap pasien dengan gangguan “monoclonal gammopathy of undetermined significance” (MGUS) dan “smoldering myeloma” (SMM) terhadap penderita multiple myeloma juga dilakukan.

Pada tahap ini, uji klinis mencoba untuk mencegah pasien myeloma agar tidak mengembangkan kondisi multiple myeloma simptomatik. Jika Anda berisiko mengalami multiple myeloma, bicarakanlah dengan dokter Anda terkait deteksi dan perawatannya. Hal ini bergantung pada hasil tes darah Anda dan riwayat kesehatan Anda, Anda mungkin dirujuk ke ahli hematologi, sebagai dokter yang berspesialisasi dalam menangani kondisi terkait dengan darah.

Demikianlah beberapa penangkal kanker darah yang perlu Anda kenali sebagai salah satu cara pencegahan kanker darah. Lakukan upaya penghambat kanker darah dari sekarang juga sebagai cara bijak dalam menghargai kehidupan dan kesehatan Anda. Jika Anda ragu, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kanker darah.

Selain itu, ini merupakan cara bijak dalam mengelola kondisi finansial Anda dengan melakukan pantangan kanker darah. Mengingat pada saat serangan kanker menyerang Anda, tidak sedikit biaya yang harus Anda keluarkan. Khususnya dalam melakukan perawatan kanker dengan estimasi waktu 5 hingga 8 tahun. Tentu upaya preventif kanker darah bisa menjadi cara yang tepat dalam menghadapi kanker.


Mayo Clinic Staff. Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk. Nov 28, 2018. URL: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/cancer-prevention/art-20044816.


Advertisement
Alinesia