Pasien Kanker: Tips untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

195
Kualitas Hidup Pasien Kanker
Ilustrasi Pasien Kanker (Credit: FatCamera / iStock)

Diedit:

Kualitas dan harapan hidup merupakan perhatian utama pasien penderita kanker. Berbagai dampak dari kanker maupun dari terapi perawatannya dapat sangat memengaruhi kehidupan mereka. Adakah cara bagi mereka untuk bisa lebih sedikit merasakan sakit, lebih stabil secara emosi, dan lebih menikmati hari-hari?

Ada berbagai cara bagi pasien untuk meringankan efek samping dari perawatan kanker sekaligus juga mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit itu sendiri. Artikel ini akan merangkum informasi dari berbagai sumber terpercaya yang menjelaskan tips-tips bagi penderita kanker agar tetap memiliki kualitas hidup yang baik.

Tips Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker

Apakah Anda seorang penderita kanker? Sebagai penderita kanker, Anda mungkin sedang berupaya untuk tetap punya semangat dan harapan dalam menjalani hidup menghadapi kanker setiap hari. Untuk membantu Anda, cobalah upayakan 10 tips berikut untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker.

Fokus pada Hari Ini

Cobalah berfokus menyelesaikan masalah untuk hari ini saja. Jangan bayangkan skenario-skenario terburuk untuk masa depan. Ambil lah langkah-langkah kecil satu demi satu. Itu membantu Anda agar tidak terlalu khawatir dan Anda bisa merasa punya kendali atas diri sendiri.

Minta Dukungan Keluarga & Teman

Ceritakanlah kepada keluarga dan teman-teman Anda tentang apa yang Anda rasakan dan bagaimana mereka bisa membantu Anda. Mintalah bantuan-bantuan spesifik, contohnya: minta tolong temani jalan kaki atau mendengarkan Anda saat ingin berbicara. Teman yang sejati pasti akan setia pada setiap waktu, termasuk saat Anda sedang kesusahan menghadapi penyakit.

Dukungan dari Keluarga untuk Pasien Kanker
Dukungan dari Keluarga untuk Pasien Kanker (Credit: Rawpixel / BigStock)

Komunikasi dengan Tim Dokter

Jika Anda mengalami efek samping jangka pendek atau jangka panjang atau yang muncul terlambat, beri tahu mereka. Jangan menderita sendirian. Mereka dapat melakukan sesuatu untuk membantu mengurangi berbagai masalah yang Anda alami.

Pertahankan Kendali atas Hidup

Mengidap kanker dapat mempersulit Anda untuk merasa memegang kendali atas kehidupan Anda. Bila memungkinkan, berupayalah melakukan langkah-langkah kecil untuk mengambil kembali beberapa tanggung jawab yang telah Anda berikan kepada orang lain saat Anda menjalani perawatan.

Baca juga:  Deteksi Ciri-Ciri Kanker Sedini Mungkin Dapat Memudahkan Pengobatan

Akui dan Ungkapkan Perasaan

Mendapat diagnosis kanker mungkin membuat Anda merasakan gejolak emosi yang kuat. Luangkan waktu untuk mendengarkan diri sendiri. Temukan cara-cara yang positif untuk menuangkan perasaan Anda, mungkin melalui menulis, menggambar, berbicara, aktivitas fisik, atau melalui kegiatan kreatif. Seorang pasien kanker juga dapat mempertimbangkan untuk mendapat bantuan profesional jika merasa bahwa depresi atau kecemasan sudah sangat mengganggu kualitas hidup.

Cari Dukungan dari Penderita Kanker Lain

Sering kali, seseorang menemukan rasa nyaman ketika ia berkomunikasi dengan orang lain yang punya pengalaman serupa. Tanyakan pada dokter, perawat, atau pekerja sosial apakah ada kelompok dukungan (support group) untuk kanker di daerah Anda. Anda juga bisa menghubungi komunitas atau yayasan kanker terdekat untuk mengetahui informasi tersebut.

Belajar Teknik Relaksasi

Relaksasi artinya berupaya menenangkan dan mengendalikan diri, yang akan meningkatkan kualitas hidup seorang pasien kanker. Sebagaimana pepatah lama mengatakan, “Hati yang tenang membuat tubuh sehat.” Pelajarilah metode relaksasi yang sederhana untuk memerangi stres akibat penyakit ini. Berikut adalah teknik-teknik yang terbukti efektif untuk relaksasi:

  • Tarik napas dalam-dalam untuk dengen cepat meredakan emosi yang naik.
  • Sambil menarik napas dalam-dalam, ulangi kata-kata yang menenangkan di dalam hati, seperti “santai”, “tenang”, atau “biarkan saja”.
  • Sibukkan diri dengan sesuatu yang Anda senangi, mungkin mendengarkan musik, menggambar, berkebun, atau kegiatan lain yang membuat Anda rileks.
  • Berolahragalah secara teratur.

Lakukan Hal-Hal yang Disukai

Cobalah cari sesuatu yang humor atau lucu di saat-saat yang tak terduga setiap hari. Lakukan kegiatan yang Anda nikmati dan dapat dilakukan dengan nyaman. Jika perlu menghabiskan waktu sendirian, biarkan diri Anda seperti itu.

Perbaiki Gaya Hidup

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang akan meningkatkan kualitas hidup seorang pasien kanker. Perbaikilah pola makan, mulailah rajin berolahraga sesuai kemampuan, dan jaga hubungan baik dengan orang-orang yang Anda sayangi. Dengan begitu Anda bisa merasa lebih baik secara fisik maupun emosional.

Baca juga:  Makanan Sel Kanker: Dari Mana Kanker Dapat Energi?

Pertahankan Harapan & Semangat Hidup

Harapan adalah penantian akan sesuatu yang lebih baik. Seorang penderita kanker perlu memiliki harapan agar tetap semangat dalam menjalani hidup. Banyak yang terbantu untuk tetap semangat hidup dengan mengandalkan Tuhan melalui doa dan dengan membaca ayat-ayat Kitab Suci yang menghibur dan memberi harapan.

Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker dengan Bantuan Herbal


Di tengah pencarian akan terapi yang efektif untuk mengobati kanker dan meringankan dampak-dampaknya, muncul solusi alternatif yang mulai banyak dilirik orang. Solusi tersebut ialah dengan menggunakan herbal anti-kanker.

Herbal anti-kanker maksudnya adalah herbal yang telah terbukti punya kemampuan untuk membantu mengatasi, mengurangi, atau menghambat pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Berbekal kemampuannya itu, herbal anti-kanker dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seorang pasien kanker.

Jika Anda tinggal di Indonesia maka Anda cukup beruntung, karena di negeri ini tersedia aneka jenis tanaman anti-kanker. Beberapa diantaranya yaitu Sarang Semut Papua, Tapak Dara, Noni, dan Keladi Tikus. Di sini akan diulas secara singkat tentang salah satunya, yaitu Sarang Semut Papua, yang sudah terbukti kemampuan anti-kanker nya secara tradisional maupun modern melalui penelitian ilmiah.

Sarang Semut Papua untuk Meningkatkan Kualitas & Harapan Hidup Penderita Kanker

Para pakar menduga bahwa kemampuan anti-kanker Sarang Semut berasal dari senyawa aktif flavonoid yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini memang sudah teruji sanggup menghambat dan mengatasi pertumbuhan dari beragam jenis sel kanker pada tubuh manusia.

Sejumlah riset ilmiah menjelaskan bahwa flavonoid memiliki semacam “jurus jitu” atau cara-cara kerja khusus untuk melawan sel-sel kanker, misalnya dengan menghalangi jalur pengaliran nutrisi/makanan ke sel-sel kanker, memicu proses kematian terprogram pada sel-sel kanker, serta menghambat perkembangan dan penyebaran sel-sel kanker ke lokasi lain dalam tubuh.

Bagaimana pengaruh herbal ini terhadap kualitas hidup pasien kanker? Dari pengalaman para pengguna Sarang Semut, kualitas hidup mereka sudah mulai membaik dalam kurun waktu 1 – 3 bulan sejak mengonsumsi herbal ini.

Dalam kurun waktu itu mereka menceritakan sudah berangsur-angsur pulih kondisi kesehatannya. Misalnya rasa sakitnya yang jauh berkurang, bisa kembali berjalan normal, dapat makan seperti biasa, ukuran benjolan kanker yang terus mengecil, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda penasaran dengan herbal ini? Kami mengajurkan Anda untuk membaca informasi lebih lengkap tentang Sarang Semut di artikel “Sarang Semut Papua Hancurkan Kanker, Tumor, dan Benjolan Abnormal!

Tetaplah Semangat dalam Menghadapi Kanker!

Seorang penderita kanker yang mempertahankan semangat dan harapan biasanya punya kualitas hidup yang lebih baik. Jadi tidak soal seberapa parah penyakit yang diderita, sebenarnya Anda tetap bisa menjalani hidup dengan lebih baik apabila tidak menyerah pada perasaan-perasaan negatif dan berjuang semampunya untuk melawan kanker.

Upayakanlah ke-10 tips yang dijelaskan dalam artikel ini: Upayakanlah ke-10 tips yang dijelaskan dalam artikel ini: fokus pada hari ini, minta dukungan keluarga & teman, komunikasi dengan tim dokter, pertahankan kendali atas hidup, akui dan ungkapkan perasaan, cari dukungan dari penderita kanker lain, belajar teknik relaksasi, lakukan hal-hal yang disukai, perbaiki gaya hidup, dan pertahankan harapan & semangat hidup.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang kualitas dan harapan hidup pasien penderita kanker. Semoga informasi ini dapat berguna khususnya bagi Anda yang sedang menghadapi penyakit ini. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penyakit kanker hanya di Deherba.com.


Referensi Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker:

Cancer Support Community. Improving Quality of Life. URL: https://www.cancersupportcommunity.org/living-cancer/living-cancer-topics/quality-life-cancer-patients/improving-quality-life. Accessed: 2019-10-09


Advertisement
Alinesia