Pantangan Saraf Kejepit: Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Cepat Sembuh


By Cindy Wijaya

Saraf kejepit bisa menimbulkan rasa nyeri dari yang ringan hingga parah, bahkan bisa sampai ke kaki. Meski kebanyakan masalah ini bisa pulih sendiri, namun adakalanya ketidaktahuan membuat seseorang melakukan aktivitas yang sebenarnya dipantang dan malah memperlambat pemulihan. Apa saja pantangan saraf kejepit agar tidak memperparah rasa nyeri dan lebih cepat sembuh?

Dalam artikel ini akan dibahas pantangan-pantangan aktivitas serta aktivitas-aktivitas yang dianjurkan untuk penderita saraf kejepit. Agar tidak memberi informasi yang salah, kami mengambil sumber dari situs web kesehatan bisa dipercaya. Silakan lihat sumber referensinya pada akhir artikel ini.

Pantangan Saraf Kejepit: Terlalu Banyak Duduk

Terlalu banyak duduk akan memberikan tekanan lebih pada cakram tulang belakang, terutama saat membungkuk ke depan di kursi. Untuk meminimalkan rasa sakit akibat saraf kejepit di tulang belakang lumbar (punggung bawah), cobalah untuk berdiri, bergerak, atau berbaring jika memungkinkan.

Karena pada banyak situasi Anda memang harus duduk, cobalah tips berikut untuk mengurangi beban pada tulang belakang punggung bawah.

  • Duduk tegak dengan bahu digerakkan ke belakang ke arah kursi dan tulang belikat ke bawah.
  • Jaga agar posisi paha sejajar dengan lantai (pinggul tidak boleh lebih rendah dari lutut).
  • Gunakan bantal kecil atau handuk yang digulung untuk menopang punggung bawah.
  • Pasang pengingat di HP untuk sering-sering beristirahat dan berjalan kaki dalam jarak dekat.

Pantangan Saraf Kejepit: Mencuci Pakaian

Gerakan membungkuk untuk mengambil pakaian, membawa keranjang yang berat, dan meraih berbagai benda untuk mencuci pakaian memberikan banyak tekanan pada punggung bawah Anda. Jika memungkinkan, mintalah teman atau anggota keluarga untuk membantu melakukan tugas rumah ini sampai punggung Anda terasa lebih baik. Banyak penyedia jasa laundry juga menawarkan layanan cuci pakaian setiap hari.

Pantangan Saraf Kejepit: Menyapu dan Mengepel

Gerakan tubuh ke depan yang berulang-ulang saat menyapu dan mengepel dapat mengiritasi bagian saraf Anda yang kejepit. Sebaliknya daripada merentangkan lengan dan menekuk punggung, upayakan untuk menjaga posisi punggung tetap lurus dan berjalanlah saat harus menyapu dan mengepel. Jika memungkinkan, mintalah teman atau anggota keluarga untuk membantu Anda melakukan tugas rumah ini.

Pantangan Saraf Kejepit: Memberi Makan Peliharaan

Mungkin tampaknya ini aktivitas yang sederhana dan tanpa beban, tetapi rupanya membungkuk untuk mengisi ulang mangkuk makanan peliharaan Anda dapat membuat rasa sakit kambuh. Jika Anda tidak mampu melakukan aktivitas ini, sebaiknya minta tolong pada seseorang yang bisa membantu.

Atau bisa juga membeli mangkuk yang dirancang khusus dengan dilengkapi tabung panjang agar bisa diisi ulang tanpa membungkuk. Jika Anda terpaksa harus membungkuk, posisikan satu kaki terulur lurus ke belakang untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah dengan menjaga posisinya tetap lurus.

Baca Juga:  Penyakit Saraf Kejepit: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Pengobatannya

Pantangan Saraf Kejepit: Olahraga yang Berat

Memang Anda masih dianjurkan untuk olahraga, tetapi hindari aktivitas yang berat atau gerakan lain yang terlalu membebani tulang belakang Anda.

  • Jangan lakukan aktivitas yang menimbulkan beban berulang pada punggung bawah Anda, seperti lari atau lompat tali.
  • Hindari gerakan yang melibatkan beban yang berat pada punggung bawah, misalnya squat dan leg press.
  • Hindari pose peregangan menyentuh jari kaki dan sit-up yang dapat memperburuk rasa sakit dan memaksa punggung menekuk secara signifikan.

Sebaliknya, cobalah melakukan olahraga aerobik seperti berenang dan berjalan kaki. Menggunakan sepeda statis juga bisa membantu memulihkan diri dari saraf kejepit. Olahraga aerobik meningkatkan aliran darah, nutrisi, dan oksigen ke jaringan lunak di punggung, yang bisa mempercepat penyembuhan dan mengurangi nyeri. Anda juga bisa mencoba latihan kekuatan yang telah disetujui oleh dokter atau terapis Anda.

Olahraga yang ringan umumnya mudah dan bisa dilakukan secara teratur. Jika masih merasa tidak nyaman, cobalah terapi air dengan hanya berjalan di kolam renang. Daya apung air membantu mengurangi rasa sakit selama menggerakkan sendi-sendi. Terapi air juga tampaknya membantu meningkatkan fungsi punggung bawah.

Latihan yang Dapat Membantu Pemulihan Saraf Kejepit

Olahraga dan latihan fisik merupakan bagian penting untuk pemulihan saraf kejepit. Melakukan aktivitas ringan dapat memperkuat otot-otot yang menyokong tulang belakang serta mengurangi beban pada tulang belakang. Itu juga akan meningkatkan kelenturan di tulang belakang serta membantu mengurangi risiko saraf kejepit berulang.

Oleh sebab itu, di samping menghindari pantangan yang telah disebutkan di atas, Anda juga disarankan untuk melakukan latihan fisik yang cocok agar mempercepat pemulihan saraf kejepit. Berikut adalah sejumlah latihan fisik yang dapat membantu pemulihan saraf kejepit di punggung dan leher.

Peregangan Leher

Untuk menghilangkan rasa sakit dan tekanan pada saraf kejepit di leher, Anda bisa mencoba latihan berikut:

  • Duduk tegak di kursi dan tundukkan dagu ke arah dada, lalu sandarkan kepala ke belakang, regangkan leher.
  • Gerakkan telinga kiri ke arah bahu kiri, lalu telinga kanan ke arah bahu kanan.
  • Ulangi dua langkah ini beberapa kali.

Latihan Hamstring

Untuk yang mengalami saraf kejepit di punggung bawah, Anda bisa memperkuat otot hamstring untuk membantu menopang badan dan punggung dengan lebih baik. Cobalah latihan peregangan hamstring berikut:

  • Duduklah di kursi dengan satu kaki di lantai dan kaki lainnya lurus, dengan tumit di lantai.
  • Luruskan punggung dan condongkan tubuh ke depan di atas kaki yang dipanjangkan sehingga ada peredangan di sepanjang bagian belakang paha atas.
  • Tahan posisi ini selama 15 – 30 detik.
  • Ganti kaki dan ulangi beberapa kali.
Baca Juga:  Noni Juice sebagai Herbal Saraf Kejepit

Latihan untuk Punggung Bawah

Latihan berikut ini dapat membantu meringankan rasa nyeri pada punggung bawah dengan cara membentuk otot-otot di punggung. Otot-otot yang kuat lebih baik dalam menopang dan membantu mencegah cederah di masa depan.

  • Berbaringlah dan tahan kedua lutut ke arah dada.
  • Pada saat yang sama, gerakkan kepala ke depan sampai ada peregangan yang nyaman di punggun tengah dan bawah.
  • Ulangi ini beberapa kali.

Noni Juice untuk Mempercepat Pemulihan Saraf Kejepit


Selain memperhatikan pantangan saraf kejepit, Anda juga bisa mempercepat pemulihan dengan mengonsumsi herbal Noni juice. Minuman herbal ini efektif untuk membantu menghilangkan, atau setidaknya, meredakan gejala nyeri, kesemutan, mati rasa, dan kelemahan pada bagian saraf yang terjepit.

Dalam hal membantu mengobati masalah ini, Noni punya dua fungsi utama: meredakan rasa nyeri serta meregenerasi sel-sel yang rusak. Kemampuan Noni sebagai pereda rasa nyeri bahkan setara dengan obat analgesik kimiawi yang tegolong keras, yaitu tramadol. Jadi tak heran bila Noni bisa membantu meringankan nyeri yang sudah parah sekalipun.

Sedangkan kemampuan Noni meregenerasi sel-sel yang rusak bermanfaat untuk membantu tubuh memulihkan jaringan-jaringan yang terganggu. Seperti yang terjadi pada saraf kejepit dimana ada bagian tulang belakang yang terganggu sehingga menjepit saraf. Dengan begitu Noni bekerja langsung ke akar masalahnya dengan membantu tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Kesimpulan tentang Pantangan Saraf Kejepit

Olahraga ringan dan peregangan dapat membantu meringankan rasa nyeri dan tekanan pada saraf kejepit. Memperkuat otot punggung dan hamstring dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang untuk mencegah nyeri dan kekambuhan.

Namun ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan latihan apa pun untuk memastikan itu tidak merusak punggung atau menyebabkan rasa sakit lebih parah. Tanyakan juga pada dokter pantangan saraf kejepit apa saja yang tidak boleh dilakukan. Dokter bisa merekomendasikan latihan terbaik untuk setiap pasiennya, tergantung pada bagian cakram tulang belakang mana yang terganggu.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang pantangan saraf kejepit. Semoga informasi ini dapat berguna khususnya bagi Anda yang sedang menghadapi masalah ini. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan dan penggunaan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

SPINE-health. Everyday Activities to Avoid with Herniated Disc. Updated: 2019-04-12. URL: https://www.spine-health.com/blog/everyday-activities-avoid-herniated-disc

Medical News Today. Safe exercises for a herniated disk. Published: 2019-01-28. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324311

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}