Noni Juice sebagai Herbal Saraf Kejepit


By Cindy Wijaya

Saraf kejepit bisa sangat mengganggu aktivitas, bahkan salah gerak sedikit saja bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa. Jika ada herbal yang bagus untuk mengatasi gejala menyakitkan itu, apakah Anda ingin mencobanya? Dalam artikel ini akan dikupas salah satu herbal yang efektif sebagai obat alami untuk saraf kejepit, Noni juice.

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni murni. Herbal asli Indonesia ini telah teruji oleh waktu dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah.

Noni telah sejak dahulu digunakan secara tradisional untuk membantu pengobatan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Bukti manfaat Noni juice dalam dunia pengobatan bisa terlihat pada sebuah hasil penelitian besar yang dilakukan oleh Neil Solomon, M.D, Ph.D. dan rekan-rekannya. Penelitian ini dipublikasikan dalam buku “NONI JUICE, How Much, How Often, For What.”

Penelitian itu mengikutsertakan 1.224 pakar kesehatan dan 25.314 pengguna Noni juice dari 80 negara. Para pengguna Noni tersebut mengalami masalah kesehatan yang berbeda-beda, mulai dari yang ringan sampai berat. Anda bisa membaca apa saja itu dalam tabel di halaman ini: Hasil Penelitian Dr. Neil Solomon.

Bagaimana dengan manfaat Noni juice sebagai herbal saraf kejepit? Bagaimana tepatnya cara kerja herbal ini dalam membantu pengobatan penyakit ini?

Cara kerja Noni sebenarnya ada kemiripan dengan cara kerja dari pengobatan medis yang umum dilakukan pada saraf kejepit. Untuk lebih memahaminya, ada baiknya kita perhatikan bagaimana pengobatan saraf kejepit pada umumnya.

Bagaimana Pengobatan Saraf Kejepit Pada Umumnya?

Perawatan saraf kejepit pada umumnya (secara medis) menitikberatkan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit serta menghindari gerakan-gerakan yang menyebabkan rasa nyeri. Kedua fokus perawatan tersebut dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti nyeri, kesemutan, mati rasa, dan kelemahan.

Apa saja obat yang biasanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit? Jika rasa sakitnya tidak parah, dokter mungkin akan meresepkan obat yang bisa dibeli bebas, seperti asetaminofen, ibuprofen, atau naproxen sodium.

Apabila rasa sakitnya masih tidak membaik, dokter mungkin akan menawarkan suntikan obat kortikosteroid ke area di sekitar saraf-saraf tulang belakang.

Selain obat pereda sakit, dokter juga dapat meresepkan obat pelemas otot yang berguna jika Anda mengalami gejala kejang otot. Namun obat ini sering kali menimbulkan efek samping seperti rasa kantuk dan pusing.

Bagaimana jika rasa sakitnya tetap tidak kunjung membaik? Sebagai pilihan terakhir, dokter bisa jadi mempertimbangkan menggunakan obat opioid untuk jangka pendek. Obat opioid misalnya kodein atau kombinasi oxycodone dan asetaminofen. Namun jenis obat ini berpotensi menimbulkan ketagihan dan efek samping seperti rasa kantuk, mual, kebingungan, dan sembelit.

Baca Juga:  Saraf Kejepit: Info Penting Seputar Gangguan Saraf

Dan karena salah gerak bisa memicu kekambuhan atau memperparah gejala, maka ada sejumlah gerakan atau aktivitas tertentu yang disarankan untuk dihindari. Mengenai hal ini Anda bisa membacanya di artikel berikut: Pantangan Saraf Kejepit: Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Cepat Sembuh.

Bagaimana Noni Juice Bermanfaat sebagai Herbal Saraf Kejepit?

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, salah satu pengobatan utama untuk saraf kejepit ialah penggunaan obat penghilang rasa sakit. Bagaimana Noni juice bermanfaat untuk membantu dalam hal ini?

Noni juice dikenal memiliki manfaat sebagai analgesik, atau pereda rasa nyeri. Bahkan sebenarnya tanaman Noni sendiri sejak dulu sudah dijuluki sebagai “painkiller tree” (“pohon penghilang rasa sakit”). Jika sampai mendapat julukan seperti itu, pastilah manfaatnya ini besar.

Begitulah yang ditunjukkan oleh penelitian ilmiah modern. Contohnya yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Simla Basar dan rekan-rekannya di University Clinic Hamburg, Jerman. Melalui penelitian itu mereka menemukan bahwa Noni punya kemampuan pereda nyeri yang setara dengan obat analgesik kimiawi, tramadol.

Sebagai catatan, tramadol merupakan obat analgesik golongan keras yang bisa meredakan nyeri dengan intensitas tinggi. Obat ini juga sering diresepkan dokter untuk mengobati pasien saraf terjepit. Jadi dari sini kita dapat melihat mengapa Noni bisa diandalkan untuk meredakan gejala nyeri saraf kejepit yang sudah parah sekalipun.

Akan tetapi manfaat Noni bukan hanya untuk meredakan rasa nyeri. Herbal ini juga memiliki khasiat untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Apa kaitannya khasiat ini dengan pemulihan saraf kejepit?

Pada kasus saraf kejepit, ada bagian tulang belakang yang rusak atau terganggung sehingga bergeser posisinya lalu menjepit saraf di dekatnya. Itulah yang menjadi penyebab penyakit ini.

Nah dengan kemampuan untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, Noni bisa membantu tubuh untuk meregenerasi atau memulihkan bagian tulang belakang yang terganggu tersebut. Bisa dikatakan bahwa herbal ini mampu bekerja langsung ke akar masalahnya dengan membantu tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Oleh sebab itu secara bertahap gejala-gejala saraf kejepit, termasuk nyeri, mati rasa, kesemutan, atau kelemahan, akan semakin berkurang.

Perlu diingat juga bahwa manfaat Noni juice tersebut tidak menimbulkan efek samping sebagaimana obat kimiawi. Sebagai herbal berbahan 100% alami, Noni juice aman untuk dikonsumsi bahkan untuk waktu lama sekalipun.

Baca Juga:  Penyakit Saraf Kejepit: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Pengobatannya

Testimoni Pengguna Noni Juice sebagai Herbal Saraf Kejepit

Ini adalah salah satu testimoni dari Cleatrice Price yang telah melihat sendiri manfaat Noni juice untuk membantu pemulihan suaminya dari saraf kejepit. Berikut penuturan langsung darinya.

“Beberapa tahun lalu suami saya mengalami cedera punggung. Dua cakram di punggung bawah bergeser dan menyebabkan nyeri linu panggul yang parah dari pinggul kiri sampai pergelangan kaki. Duduk, berdiri, atau berbaring jadi terasa menyakitkan.

Serangkaian suntikan, obat pereda nyeri yang kuat, hingga terapi chiropractic manipulation sudah dilakukan, tapi efeknya sedikit dan hanya sementara. Suami saya bahkan tidak bisa mengikat tali sepatunya.

Dokter menganjurkan operasi, tapi dia tidak mau. Sebagai upaya terakhir, saya membeli sebotol Noni juice dari seseorang yang mengatakan bahwa Noni sudah berhasil mengobati rematik di tangannya.

Saya awalnya sama sekali tidak percaya, tapi besoknya, suami saya sudah bisa mengikat tali sepatunya. Dan dalam waktu seminggu dia sudah tidak perlu lagi minum obat pereda nyeri. Sekarang sudah sekitar 15 tahun dan manfaat Noni juice masih terus dia rasakan—tanpa operasi!”

Sumber Testimoni: Amazon.com (https://www.amazon.com/gp/customer-reviews/RW81PVV3ZKVJ9/)

Tidak Perlu Ragu untuk Mencoba Noni Juice untuk Saraf Kejepit

Apakah Anda ingin mencoba Noni juice sebagai herbal untuk meredakan gejala-gejala saraf kejepit yang mengganggu? Pertimbangkanlah alasan-alasan yang telah dikupas di artikel ini.

Pertama, Noni sanggup secara efektif meredakan nyeri saraf kejepit. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa efek pereda nyeri yang dimiliki Noni sebanding dengan kemampuan obat analgesik kimiawi golongan keras. Namun bedanya Noni aman dari efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat kimiawi.

Kedua, Noni bermanfaat untuk membantu tubuh meregenerasi bagian tulang belakang yang rusak atau terganggu yang menjepit saraf di dekatnya. Bisa dikatakan Noni bekerja langsung ke akar masalahnya dengan membantu tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Pertimbangkan juga fakta bahwa Noni adalah herbal yang kemampuannya sudah teruji oleh waktu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan serta sudah didukung oleh banyak penelitian ilmiah yang lengkap, yang melibatkan banyak pakar kesehatan.

Dengan demikian Anda tidak perlu ragu jika ingin memanfaatkan herbal Noni juice sebagai pengobatan alternatif untuk saraf kejepit, sekaligus untuk membuat kesehatan Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Sumber

Sumber Referensi:

Mayo Clinic. Herniated disk. Published: 2019-09-26. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/herniated-disk/diagnosis-treatment/drc-20354101

Basar, Simla, dkk. (2009). Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit.  Phytotherapy Research. 24(1): 38-42. DOI: 10.1002/ptr.2863

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}