Adakah Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit di Leher?


By Cindy Wijaya

Saraf kejepit di leher bisa sangat membatasi aktivitas. Anda mungkin merasakan myeri leher yang menjalar ke lengan, kadang disertai kesemutan dan lemas, dan semakin terasa nyerinya saat melakukan gerakan tertentu.

Jika itu terus terjadi atau kambuh-kambuhan, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apakah saraf kejepit di leher bisa sembuh?” Dan jika bisa, bagaimana cara menyembuhkan saraf kejepit di leher?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sejumlah perawatan yang dapat secara efektif mengatasi keluhan ini. Juga rekomendasi obat tradisional syaraf kejepit di leher yang tidak kalah efektif dari perawatan medis.

Apakah Saraf Kejepit di Leher Bisa Sembuh?

Ya, saraf kejepit di leher bisa sembuh atau setidaknya membaik. Diperkirakan lebih dari 85% kasus saraf kejepit di leher yang akut dapat pulih dalam waktu 8 – 12 minggu meski tanpa pengobatan khusus. (Sumber: Cervical Radiculopathy – StatPearls)

Saraf kejepit di leher yang akut maksudnya adalah kondisi saraf kejepit yang terjadi secara mendadak karena penyebab di luar faktor usia, misalnya karena cedera pada tulang belakang bagian leher.

Bagaimana jika penyebabnya adalah faktor penuaan, apakah saraf kejepit di leher bisa sembuh? Sayangnya, mirip seperti banyak kondisi lain yang disebabkan oleh penuaan, saraf kejepit di leher akibat penuaan juga tidak bisa sama sekali sembuh.

Namun ada berbagai perawatan tersedia yang dapat diupayakan untuk meringankan gejala-gejala yang dialami. Dan sering kali perawatannya tidak sampai harus operasi. Cleveland Clinic menjelaskan sekitar 90% penderita saraf kejepit di leher sudah mendapat hasil yang baik (bahkan sangat baik) dengan menjalani perawatan non-bedah.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit di Leher?

Ingatlah bahwa sebagian besar penderita saraf kejepit di leher membaik seiring waktu dan tidak membutuhkan pengobatan khusus apapun. Bagi beberapa pasien rasa sakitnya bahkan bisa hilang relatif cepat—dalam hitungan hari atau minggu.

Tidak sedikit juga kasus dimana gejala-gejalanya sudah membaik, tapi kemudian kambuh lagi suatu waktu. Meski hal ini terjadi, sering kali tetap akan membaik tanpa pengobatan khusus.

Namun dalam beberapa kasus, saraf terjepit di leher tidak kunjung membaik dalam waktu cukup lama. Jika ini yang Anda alami, maka kemungkinan Anda membutuhkan penanganan khusus dari dokter.

Bagaimana cara menyembuhkan saraf kejepit di leher yang tidak bisa pulih sendiri? Berikut adalah sejumlah perawatan medis yang umumnya direkomendasikan dokter. (Sumber: Cervical Radiculopathy (Pinched Nerve) – OrthoInfo)

Perawatan Non-Bedah

Cara menyembuhkan saraf kejepit di leher yang paling pertama disarankan dokter adalah perawatan non-bedah. Ada beberapa pilihan, antara lain:

Penyangga leher yang lembut:

Dokter mungkin menyarankan untuk memakai penyangga leher (soft cervical collar) berbahan lembut untuk membatasi gerakan leher dan agar otot-otot di leher bisa istirahat. Tapi penyangga leher hanya boleh dipakai dalam waktu singkat karena dalam jangka panjang bisa membuat otot leher lemah.

Ilustrasi Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit di Leher
Photo by pixelshot via Canva

Fisioterapi saraf kejepit leher:

Ini adalah latihan-latihan fisik khusus yang dapat mengurangi rasa sakit, memperkuat otot leher, dan meningkatkan jangkauan gerak. Garis besarnya, fisioterapi saraf kejepit leher dimulai dengan latihan rentang gerak secara perlahan, lalu latihannya ditambahkan dengan aktivitas penguatan dan pengondisian seraya gejalanya membaik.

Minum obat:

Dokter mungkin meresepkan obat untuk meringankan gejala-gejala Anda. Golongan obat AINS (anti-inflamasi non-steroid) dapat meredakan rasa nyeri akibat iritasi atau peradangan saraf, contohnya ibuprofen, aspirin, dan naproxen. Golongan obat kortikosteroid dapat meredakan nyeri akibat pembengkakan dan peradangan di sekitar saraf.

Injeksi steroid:

Obat steroid dapat disuntikkan ke area saraf yang terjepit untuk mengurangi peradangan. Suntikan ini dapat mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit untuk waktu yang cukup lama sehingga saraf dapat pulih.

Obat golongan narkotika:

Obat-obatan dari golongan narkotika dapat diresepkan dokter untuk pasien dengan rasa nyeri parah yang tidak bisa diatasi dengan obat lain. Namun narkotika biasanya diresepkan untuk jangka waktu terbatas saja.

Perawatan Bedah

Biasanya dokter baru akan menyarankan operasi jika pasien mengalami nyeri parah dan terus-menerus, meski sudah mencoba perawatan non-bedah selama setidaknya 6-12 minggu, atau jika pasien mengalami masalah saraf yang parah atau terus memburuk.

Ada beberapa prosedur pembedahan yang berbeda sebagai cara menyembuhkan saraf kejepit di leher, antara lain:

  • Anterior Cervical Diskectomy and Fusion (ACDF)
  • Artificial Disk Replacement (ADR)
  • Posterior Cervical Laminoforaminotomy

Sebelum merekomendasikan suatu prosedur, dokter akan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk gejala yang dialami pasien, kondisi kesehatannya secara keseluruhan, dan lokasi akar saraf yang terkena.

Rekomendasi Obat Tradisional Syaraf Kejepit di Leher

Di samping mengandalkan perawatan medis, ada juga pilihan alternatif yang lebih alami dan aman meski dikonsumsi dalam jangka panjang—mengonsumsi Noni juice sebagai obat tradisional syaraf kejepit di leher.

Noni juice adalah sari buah Mengkudu yang sudah sangat dikenal kemampuannya dalam meredakan rasa sakit, bahkan yang cukup parah sekalipun. Karena kemampuannya itu, tanaman Mengkudu dijuluki sebagai “pohon penglihang rasa sakit” (painkiller tree).

Apakah Saraf Kejepit di Leher Bisa Sembuh dengan Noni Juice?
Image by Alongkorn Tengsamut from Pixabay

Penelitian modern juga membuktikan bahwa khasiat pereda nyeri Noni memang efektif, bahkan bisa sama ampuhnya dengan tramadol—obat golongan narkotika yang umum diresepkan dokter bagi pasien saraf kejepit dengan nyeri cukup berat. (Sumber: Phytotherapy Research Vol. 24 No.1)

Penelitian yang dimuat Nigerian Journal of Health and Biomedical Sciences Vol. 5 No. 2 juga mendapati bahwa Noni juice efektif dalam meredakan nyeri dan kekakuan leher pada penderita spondylosis servikal—kondisi yang erat kaitannya dengan saraf kejepit di leher akibat faktor penuaan.

Noni Juice Obat Tradisional Syaraf Kejepit di Leher
Nigerian Journal of Health and Biomedical Sciences Vol. 5 No. 2

Para peneliti menjelaskan bahwa para pasien yang minum Noni juice mengalami perbaikan gejala, tetapi mereka yang menggabungkan minum Noni dengan fisioterapi saraf kejepit di leher mendapatkan hasil pemulihan yang lebih baik.

Ini menunjukkan bahwa Noni juice memang ampuh sebagai obat tradisional syaraf kejepit di leher. Anda bisa mengonsumsinya sendiri atau digabungkan dengan perawatan lain, seperti fisioterapi, untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara menyembuhkan saraf kejepit di leher. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}