Obat Syaraf Kejepit di Apotik: Apa yang Sebaiknya Dipilih?


By Cindy Wijaya

Penyakit syaraf kejepit sering menyebabkan rasa sakit, kelemahan, juga mati rasa di punggung, leher, lengan, dan kaki. Kadang gejala-gejala itu bisa cukup parah sampai Anda susah beraktivitas seperti biasa. Memang biasanya masalah ini dapat membaik sendiri setelah beberapa minggu. Sementara proses pemulihan, Anda mungkin ingin mencoba meringankan gejala-gejalanya dengan obat syaraf kejepit di apotik.

Masalahnya ada cukup beragam pilihan obat syaraf kejepit di apotik Kimia Farma, K24, dan di apotik atau toko obat lainnya. Mana yang tepat untuk Anda? Untuk membantu Anda, Artikel ini akan membahas sejumlah obat syaraf terjepit yang umum tersedia di apotik-apotik Indonesia dan kisaran harganya.

Pilihan Obat Syaraf Kejepit di Apotik

Seberapa parah gejala yang Anda alami menentukan obat apa yang Anda butuhkan. Namun penting untuk diketahui bahwa obat-obatan yang tersedia di apotik tidak akan menyembuhkan penyakit syaraf kejepit. Memang bisa membantu meredakan rasa sakit atau gejala lainnya, tetapi tidak bisa mengatasi sumber masalahnya.

Dan seperti halnya semua obat lain, Anda disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter. Anda biasanya boleh untuk menggunakan obat yang dijual bebas terlebih dulu dan kemudian beralih ke obat resep, jika perlu. Jika masih belum membaik juga, Anda mungkin membutuhkan perawatan yang lebih intensif lagi dari dokter.

Untuk obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, berikut adalah dua yang paling umum.

Obat Asetaminofen

Asetaminofen, disebut juga parasetamol, adalah obat golongan analgesik yang dapat meringankan rasa sakit atau nyeri. Obat ini merupakan salah satu perawatan paling pertama yang digunakan untuk sakit punggung dan leher akibat saraf kejepit.

Pilihan ini mungkin cocok bagi Anda yang baru ingin mencoba menggunakan obat untuk mengatasi nyeri syaraf kejepit. Asetaminofen umumnya disarankan bagi rasa nyeri di punggung atau leher yang timbul-hilang dengan cepat (nyeri akut).

Penderita nyeri saraf kejepit yang kronis (dialami dalam waktu lama) juga dapat memanfaatkan asetaminofen untuk membantu mengurangi rasa sakitnya. Namun penderita nyeri kronis mungkin perlu mengonsumsi obat ini secara teratur, bukan hanya pada saat nyerinya timbul.

Untuk asetaminofen, berikut sejumlah nama dan kisaran harga obat syaraf kejepit di apotik Kimia Farma, K24, atau apotik lain:

  • Biogesic (mulai Rp 1.100,- per strip)
  • Dumin (mulai Rp 5.400,- per strip)
  • Fasidol (mulai Rp 3.000,- per strip)
  • Fevrin (mulai Rp 6.100,- per strip)
  • Sanmol (mulai Rp 1.600,- per strip)

Sejumlah efek samping dari asetaminofen antara lain: mual, sakit perut, hilang nafsu makan, gatal-gatal, ruam kulit, sakit kepala, warna urin gelap, tinja berwarna tanah liat, atau menguningnya kulit atau mata.

Obat Anti-Inflamasi Non Steroid (OAINS)

OAINS dalam bahasa Inggris disebut NSAID (Non steroidal anti-inflammatory drug). OAINS merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan (inflamasi) sehingga dapat meredakan gejala nyeri.

Jadi satu perbedaan mencolok antara OAINS dan asetaminofen ialah obat ini mampu mengatasi peradangan, sedangkan asetaminofen tidak mampu (hanya bisa mengurangi rasa nyeri). Dan karena fungsinya yang dapat mengurangi peradangan, OAINS dapat membantu mengurangi pembengkakan dan tekanan pada saraf yang terjepit.

Namun ada sebagian jenis obat golongan OAINS yang tidak cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang punya riwayat serangan jantung atau tukak lambung. Dan ada efek samping yang cukup berat dari penggunaan obat ini, jadi sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Setidaknya ada tiga jenis OAINS yang sering digunakan untuk mengobati gejala-gejala saraf kejepit, yaitu ibuprofen, naproxen, dan aspirin.

Untuk ibuprofen, berikut berikut sejumlah nama dan kisaran harga obat syaraf kejepit di apotik Kimia Farma, K24, atau apotik lain:

  • Ibuprofen (mulai Rp 1.800,- per strip)
  • Bufect (mulai Rp 3.400,- per strip)
  • Dolofen (mulai Rp 8.800,- per strip)
  • Etafen (mulai Rp 2.900,- per strip)
  • Farsifen (mulai RP 2.800,- per strip)
  • Proris (mulai Rp 8.600,- per strip)
  • Ifen (mulai Rp 2.600,- per strip)

Untuk naproxen, berikut berikut sejumlah nama dan kisaran harga obat syaraf terjepit di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik lain:

  • Alif (mulai Rp 30.000,- per strip)
  • Xenifar (mulai Rp 13.800,- per strip)

Untuk aspirin, berikut berikut sejumlah nama dan kisaran harga obat syaraf terjepit di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik lain:

  • Ascardia (mulai Rp 8.300,- per strip)
  • Aspilet (mulai Rp 5.500,- per strip)
  • Aptor (mulai Rp 2.100,- per strip)
  • Miniaspi (mulai Rp 3.300,- per strip)
  • Naspro (mulai Rp 1.300,- per strip)

Sejumlah efek samping dari OAINS antara lain: mual, muntah, diare, sembelit, nafsu makan berkurang, pusing, sakit kepala, dan ruam di kulit. Ada juga efek samping yang cukup berat seperti: tukak lambung, risiko perdarahan, masalah ginjal, hipertensi, dan stroke.

Obat Syaraf Kejepit Alami Ampuh di Apotik

Di samping menggunakan obat-obatan kimiawi, ada juga pilihan alami dari obat syaraf kejepit di apotik. Salah satu yang layak dicoba ialah herbal Noni juice (jus buah Mengkudu), yang bermanfaat sebagai analgesik, atau pereda rasa nyeri yang manjur.

Kemampuan pereda nyeri dari Noni sudah diuji dalam beragam percobaan ilmiah. Contohnya adalah yang dilakukan di University Clinic Hamburg, Jerman, oleh Simla Basar dan rekan-rekannya pada 2009. Mereka mendapati bahwa Noni memiliki kemampuan pereda nyeri yang dapat disandingkan dengan obat analgesik kimiawi, tramadol.

Tramadol merupakan obat analgesik golongan tinggi yang mampu meredakan nyeri intensitas tinggi. Tramadol juga adalah obat syarat terjepit di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik lain yang sering diresepkan dokter, meski tidak bisa dibeli secara bebas tanpa resep.

Jadi dengan kemampuan yang dapat disandingkan dengan tramadol, artinya Noni dapat Anda gunakan untuk membantu mengatasi nyeri dari saraf terjepit yang sudah hebat sekalipun.

Di samping sebagai pereda nyeri, Noni juice juga mengandung fitokimia-fitokimia yang berkhasiat untuk merangsang regeneari sel-sel yang rusak. Ini tentunya berguna untuk membantu tubuh memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak atau terganggu, termasuk pada saraf terjepit dimana ada bagian yang terganggu pada tulang belakang sehingga menjepit saraf.

Herbal Noni Juice, Obat Syaraf Kejepit Alami Ampuh
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Pichest/iStock)

Bisa disimpulkan bahwa Noni juice adalah obat syaraf kejepit alami ampuh karena punya manfaat ganda, yakni membantu meringankan gejala nyerinya sekaligus membantu merangsang pemulihan dari kerusakan yang menyebabkan saraf terjepit.

Dan nilai plus lain, herbal ini relatif bebas dari efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat-obatan kimiawi, meski dikonsumsi dalam jangka panjang sekalipun.

Herbal Noni juice dapat dibeli di apotik atau toko lain yang menjual produk kesehatan, contoh nama produk ini antara lain: Primenoni (sekitar Rp 26.000,- per botol ukuran 100 mL), Tahitian Noni (sekitar Rp 350.000,- per botol ukuran 1 L), dan Pure Noni (sekitar Rp 250.000,- per botol ukuran 2 L).

Testimoni Pengguna Noni Juice

Berikut adalah pengalaman dari Cleatrice Price yang sudah melihat sendiri kemampuan Noni juice dalam membantu pemulihan suaminya dari penyakit syaraf kejepit.

“Beberapa tahun lalu suami saya cedera punggung. Dua cakram di punggung bawahnya geser, menyebabkan nyeri linu panggul (skiatika) yang parah dari pinggul kiri sampai pergelangan kaki. Duduk, berdiri, atau berbaring jadi terasa menyakitkan.

Serangkaian suntikan, obat pereda nyeri yang kuat, sampai terapi chiropractic manipulation sudah dicoba, tapi sedikit efeknya dan hanya sementara. Suami saya bahkan tidak bisa ikat tali sepatunya sendiri.

Dokter anjurkan operasi, tapi dia tidak mau. Sebagai upaya terakhir, saya beli 1 botol Noni juice dari seseorang yang bilang bahwa Noni sudah berhasil mengobati rematik di tangannya.

Awalnya saya sama sekali tak percaya. Tapi besoknya, suami saya sudah bisa ikat tali sepatunya. Dan dalam waktu seminggu dia sudah tidak perlu minum obat pereda nyeri. Sekarang sudah sekitar 15 tahun dan manfaat Noni juice masih terus dia rasakan—tanpa operasi bedah!”

Sumber Testimoni: Amazon.com (https://www.amazon.com/gp/customer-reviews/RW81PVV3ZKVJ9/)

Tips Lain untuk Meringankan Gejala Syaraf Kejepit

Tidak cukup hanya mengandalkan obat syaraf kejepit di apotik untuk masalah ini. Anda juga perlu melakukan hal-hal lain untuk memaksimalkan pemulihannya. Berikut sejumlah tips yang dapat dicoba.

Istirahat

Istirahatlah yang banyak selama beberapa hari. Ini dapat meredakan pembengkakan dan memberikan waktu bagi punggung Anda untuk pulih. Saat punggung terasa sakit, hindari olahraga dan aktivitas lain yang mengharuskan Anda untuk membungkuk atau mengangkat beban.

Dokter mungkin menyarankan agar Anda beristirahat di tempat tidur. Tetapi sebaiknya jangan terus beristirahat di tempat tidur lebih dari 1 – 2 hari. Anda harus terus bergerak agar persendian dan otot tidak menjadi kaku.

Kompres Dingin dan Panas

Anda dapat menggunakan suhu dingin dan panas untuk membantu meringankan rasa sakit. Suhu dingin dan panas mampu mengendurkan otot-otot punggung sehingga meredakan kejang otot dan sangat baik untuk mengatasi rasa sakit.

Cara membuat kompres dingin cukup dengan menaruh es batu secukupnya ke dalam kantong plastik lalu dilapisi handuk kecil. Sedangkan membuat kompres panas cukup dengan merendam handuk kecil di dalam air panas, kemudian peras handuk. Tempelkan kompres dingin atau panas ke area yang sakit selama kurang-lebih 15 menit.

Latihan Fisik

Ada beberapa latihan fisik yang cocok untuk mempercepat pemulihan saraf terjepit. Aktivitas fisik yang ringan ini dapat memperkuat otot-otot yang menyokong tulang belakang serta mengurangi beban pada tulang belakang. Juga akan meningkatkan kelenturan di sana dan membantu mengurangi risiko kambuhnya saraf kejepit.

Anda dapat membaca mengenai latihan fisik untuk pemulihan saraf kejepit di artikel berikut, yang juga membahas tentang pantangan saraf kejepit: Pantangan Saraf  Kejepit: Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Cepat Sembuh.

Pengingat Sebelum Membeli Obat Syaraf Kejepit di Apotik

Dalam artikel ini dibahas dua pilihan obat syaraf terjepit di apotik K24, Kimia Farma, atau apotik lain yang dapat dibeli secara bebas: obat asetaminofen dan OAINS (obat anti-inflamasi non steroid). Meski dapat dibeli tanpa resep, bukan berarti Anda bisa menentukan sendiri berapa dosis dan jangka waktu penggunaannya.

Anda harus mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera di label kemasan, atau tanyakan pada apoteker mengenai dosis dan jangka waktu penggunaannya. Ini khususnya penting bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan atau sedang mengonsumsi obat lain. Dan yang terbaik adalah konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis obat apapun.

Bila saat hendak membeli Anda membaca keterangan bahwa obat tersebut harus diperoleh atau dikonsumsi sesuai resep dan petunjuk dokter, maka jangan mencoba untuk membeli dan menggunakannya tanpa resep.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai pilihan obat syaraf kejepit di apotik Kimia Farma, K24, atau apotik dan toko obat lain. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar solusi kesehatan dan pemanfaatan herbal hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

WebMD. What are the Treatments for a Herniated Disk?. URL: https://www.webmd.com/pain-management/treatments-for-herniated-disk

Spine Universe. Drugs, Medications, and Spinal Injections for Herniated Discs. URL: https://www.spineuniverse.com/conditions/herniated-disc/drugs-medications-spinal-injections-herniated-discs

Verywell Health. Best Anti-Inflammatory Medication. URL: https://www.verywellhealth.com/best-anti-inflammatory-medication-2548734

Basar, Simla, dkk. (2009). Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit.  Phytotherapy Research. 24(1): 38-42. DOI: 10.1002/ptr.2863

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>