Olahraga Berlebihan Bermanfaat atau Berbahaya

256

Diedit:

Apa maksudnya olahraga berlebihan? Ya, tentu ini merupakan aktivitas olahraga yang dipaksakan dan melebihi batas kebutuhan tubuh. Sama seperti makan dan minum, kebutuhan manusia akan olahraga perlu disesuaikan berdasarkan kemampuan orang tersebut. Mengapa? Setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda dalam mengolah tubuh mereka agar tetap bugar. Olahraga yang seimbang akan membuat Anda merasa segar dan fit, tapi sebaliknya olahraga yang berlebihan dapat berbahaya, menyebabkan kelelahan yang berkepanjangan dan kematian dini yang terjadi tiba-tiba.

Faktanya, olahraga berlebihan berujung pada peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini yang mendasari adanya kasus kematian saat sedang jogging karena gagal jantung. Padahal jogging merupakan kegiatan olahraga yang tergolong ringan, lalu mengapa ini bisa terjadi? Apakah ini berarti Anda tak perlu lagi berolahraga? Tunggu dulu, bukan seperti itu. Anda tetap bisa menikmati olahraga, hanya Anda perlu mengevaluasi mana jenis olahraga yang cocok bagi tubuh Anda. Sekalipun itu olahraga ringan, memang adakalanya terdapat efek penyesuaian jika Anda mencoba jenis olahraga baru.

Namun, bila Anda perhatikan ada kegiatan olahraga tertentu yang menguras energi selama lebih dari beberapa minggu, setelah rutin melakukan olahraga ini – sebaiknya gantilah jenis olahraga tersebut. Bisa dipastikan olahraga ini tidak cocok dengan kondisi fisik Anda. Beberapa wanita yang memaksakan diri dan terus melakukan olahraga tertentu tampaknya memiliki bentuk tubuh yang ideal, namun beberapa orang gagal mengikutinya dan malah menjadi kurus, saking parahnya bagian tubuh yang seharusnya dapat dibanggakan seperti dada dan bokong kian menyusut atau rata.

Wanita muda lainnya bahkan berhenti mengalami siklus haid sebelum waktunya, karena tubuh mereka tidak sanggup memproduksi hormon wanita secara normal, entah karena penggunaan obat-obatan nutrisi yang biasa digunakan para master building atau pun karena olahraga berlebihan – namun keduanya memiliki keterkaitan. Suplemen penambah masa otot biasanya dikonsumsi untuk mendapatkan nilai estetika tubuh yang diidamkan. Selain itu, suplemen demikian juga dapat meningkatkan stamina Anda. Sayangnya, sebenarnya suplemen demikian dikhususkan bagi pria. Mengapa begitu?

Baca juga:  Pentingnya Olahraga: Jarang Olahraga Sama Buruknya dengan Merokok

Karena pengaruh dari suplemen ini mampu meningkatkan hormon pria yang bertolak belakang dengan hormon wanita. Itulah alasan mengapa pria memiliki stamina yang kuat dibandingkan dengan wanita. Kunci agar Anda dapat memperoleh stamina yang baik saat berolahraga adalah melakukan olahraga secukupnya, ini dapat berupa berjalan sepanjang 3 km setiap hari yang kecepatannya dapat Anda sesuaikan sendiri. Olahraga ringan ini dapat memperbaiki aliran udara dalam paru-paru, sehingga oksigen dapat mengalir lancar dan otomatis seluruh tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang baik.

Hindari olahraga yang memberikan tekanan berlebih baik pada otot atau pun pikiran Anda. Olahraga adalah waktu yang seharusnya Anda nikmati dengan relaks. Jenis olahraga yang Anda pilih sangatlah menentukan, apakah akan bermanfaat atau berbahaya bagi kesehatan Anda. Sudahkah Anda menyesuaikan kembali jadwal dan jenis olahraga yang diterapkan?

Advertisement
Alinesia