• Home
  • Blog
  • Wasir
  • Obat Wasir di Apotik, Ketahui Apa Saja Pilihannya untuk Anda

Obat Wasir di Apotik, Ketahui Apa Saja Pilihannya untuk Anda


By Cindy Wijaya

Wasir, atau ambeien, adalah masalah yang umum dialami orang. Ini adalah masalah pembengkakan pembuluh vena di dalam rektum atau di luar anus dan bisa menimbulkan rasa sakit, gatal di anus, dan pendarahan dubur. Gejalanya biasanya dapat membaik dengan perawatan sendiri di rumah, tapi kadang dibutuhkan juga obat wasir di apotik. Namun dengan macam-macam pilihan obat di apotik, Anda mungkin bingung mana yang paling ampuh untuk wasir Anda?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pilihan obat wasir yang umumnya tersedia di apotik-apotik umum Indonesia, seperti apotik K-24 atau Kimia Farma. Di samping itu obat wasir juga banyak tersedia di toko-toko online, namun disarankan untuk selalu pastikan obat tersebut sudah terdaftar BPOM.

Apa Saja Pilihan Obat Wasir di Apotik?

Untuk mengurangi gejala-gejala wasir Anda, ada pilihan obat pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen. Terdapat juga krim, salep, supositoria, dan medicated pad. Mereka mengandung obat lidocaine untuk membuat kebas, atau hidrokortison untuk mengurangi pembengkakan dan gatal.

Obat Asetaminofen (Parasetamol):

Asetaminofen (acetaminophen), atau disebut juga parasetamol, adalah obat yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri atau sakit tingkat ringan hingga sedang. Obat wasir di apotik ini dapat membantu mengatasi rasa nyeri dan ketidaknyamanan lain akibat wasir.

Obat pereda nyeri ini bekerja paling baik jika Anda gunakan begitu muncul rasa nyeri atau sakit. Jika Anda menunggu sampai rasa nyerinya sudah parah, kemungkinan obat sudah tidak cukup mempan.

Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu jika Anda punya: riwayat alergi terhadap asetaminofen atau parasetamol; penyakit hati; mengonsumsi alkohol secara rutin; sedang hamil atau berencana hamil; dan sedang menyusui.

Obat Ibuprofen:

Ibuprofen adalah obat yang digunakan untuk meringankan rasa sakit atau nyeri. Cara kerjanya dengan menghambat produksi alami dari zat-zat penyebab peradangan oleh tubuh. Hasilnya ibuprofen dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa nyeri, atau ketidaknyamanan lain akibat wasir.

Obat pereda nyeri ini bekerja paling baik jika Anda gunakan begitu muncul rasa nyeri atau sakit. Jika Anda menunggu sampai rasa nyerinya sudah parah, kemungkinan obat sudah tidak cukup mempan.

Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter jika Anda punya: riwayat alergi terhadap ibuprofen atau obat OAINS lain (misalnya naproxen atau celecoxib); asma; gangguan darah; benjolan abnormal di hidung; penyakit jantung; tekanan darah tinggi; penyakit hati; stroke; masalah tenggorokan/lambung/usus; penyakit ginjal; sedang hamil atau berencana hamil; dan sedang menyusui.

Obat Topikal Lidocaine:

Lidocaine termasuk obat anestesi, yang fungsinya untuk menyebabkan hilangnya rasa pada kulit dan jaringan di sekitarnya. Jika digunakan untuk wasir, lidocaine dapat mengatasi rasa gatal dan nyeri akibat wasir.

Obat topikal (krim, gel, atau salep) yang mengandung lidocaine digunakan untuk dioleskan di area anus. Sedangkan lidocaine dalam bentuk supositoria dapat dimasukkan lewat anus atau dubur.

Selalu ikuti petunjuk pada label kemasan obat atau, lebih baik lagi, sesuai resep dokter. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakannya. Gunakan obat secara berkala tetapi jangan menggunakannya lebih sering daripada yang diarahkan.

Namun sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu sebelum menggunakan obat ini jika Anda punya: masalah jantung; infeksi, luka, atau kerusakan di kulit sekitar dubur; pernah reaksi alergi terhadap lidocaine; sedang hamil atau berencana hamil; dan sedang menyusui.

Krim Dubur Hidrokortison:

Hidrokortison (hydrocortisone) termasuk obat kortikosteroid. Fungsinya untuk mengurangi pembengkakan, gatal, dan nyeri yang disebabkan oleh wasir.

Obat ini hanya untuk penggunaan pada dubur. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakannya. Selalu ikuti petunjuk pemakaian pada label kemasan, atau lebih baik lagi, sesuai petunjuk dokter. Jangan menggunakan obat lebih sering daripada yang dianjurkan.

Obat wasir di apotik ini dapat dioleskan pada ambeien yang terlihat di anus (ambeien eksternal atau ambeien luar).

Prosedur Medis untuk Mengobati Wasir

Terkadang penggunaan obat wasir di apotik saja belum cukup ampuh untuk mengatasi ambeien. Bila gejala-gejala wasir Anda sudah parah atau tidak membaik setelah beberapa minggu, sebaiknya kunjungi dokter. Doter mungkin menyarankan prosedur medis tertentu untuk mengecilkan atau menghilangkan wasir.

Injeksi (Suntikan):

Dokter dapat menginjeksi ambeien internal/dalam dengan suatu larutan untuk menciptakan bekas luka dan menutup ambeien. Injeksi itu hanya sedikit terasa sakit.

Ligasi Karet Gelang:

Prosedur ini sering dilakukan pada ambeien prolaps, yakni ambeien internal yang dapat dilihat atau dirasakan dari luar. Dengan menggunakan alat khusus, dokter memasang karet gelang kecil di sekitar wasir, yang menghentikan aliran darahnya hampir seketika itu juga. Dalam seminggu, wasir akan mengering, mengecil, dan rontok.

Koagulasi atau Kauterisasi:

Dengan tongkat listrik, sinar laser, atau sinar inframerah, dokter akan membuat luka bakar kecil untuk menghilangkan jaringan dan menutup ujung ambeien tanpa rasa sakit, menyebabkannya menutup dan menyusut. Prosedur medis ini bekerja paling ampuh untuk jenis ambeien prolaps.

Operasi Bedah:

Untuk ambeien internal yang besar atau ambeien eksternal yang sangat tidak nyaman, obat wasir di apotik mungkin tidak cukup ampuh sehingga dokter dapat menganjurkan operasi bedah.

  • Hemoroidektomi: Teknik yang paling efektif adalah menghilangkan wasir sepenuhnya. Tetapi proses pemulihan bisa terasa menyakitkan dan bisa memakan waktu beberapa minggu.
  • Stapel hemoroid: Teknik ini memotong aliran darah ke ambeien internal dan memindahkan jaringan yang prolaps kembali ke tempatnya. Pemulihan terasa lebih mudah, tetapi ada kemungkinan lebih besar untuk wasir kambuh lagi.

Alternatif Alami dari Obat Wasir di Apotik

Sebenarnya penyakit wasir yang masih ringan akan membaik sendiri dalam waktu beberapa minggu. Meski begitu ada gejala-gejala yang ditimbulkannya. Untuk membantu meringankan gejala-gejala itu, Anda bisa menggunakan alternatif alami sebagai pengganti obat wasir di apotik.

Witch Hazel:

Witch hazel adalah obat wasir alami dari tumbuhan Hamamelis virginiana, sejenis tumbuhan semak asli Amerika Utara. Tisu dan pad yang mengandung witch hazel dapat digunakan untuk meredakan pembengkakan, gatal, perih, dan iritasi akibat wasir.

Ingatlah obat wasir alami dari tumbuhan ini hanya untuk pemakaian luar. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakannya. Selalu ikuti petunjuk pada label kemasan. Jangan menggunakan obat lebih sering daripada yang diarahkan.

Aloe Vera:

Aloe vera juga adalah obat wasir alami dari tumbuhan lidah buaya. Diyakini memiliki kemampuan anti-inflamasi untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan akibat wasir.

Anda bisa menggunakan Aloe vera dalam bentuk gel untuk pemakaian luar. Hanya gunakan gel yang mengandung 100% Aloe vera, tanpa tambahan kandungan lain.

Noni Juice:

Noni juice dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi konstipasi atau sembeli. Konstipasi sering menjadi penyebab dari masalah wasir, dan penderita wasir juga merasakan nyeri hebat saat mengalami konstipasi. Sehingga mengatasi konstipasi akan mengurangi keluhan pada penderita wasir.

Selain itu Noni juice juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang turut membantu meringankan iritasi dan pembengkakan akibat wasir.

Mandi Air Hangat atau Mandi Sitz:

Mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Anda dapat menggunakan bak mandi sitz, yang merupakan bak plastik kecil yang pas di atas dudukan toilet. Atau mandi dengan membenamkan seluruh tubuh di bak mandi berendam.

Menurut Harvard Health, mandi air hangat selama 20 menit setelah setiap buang air besar paling ampuh untuk meringankan wasir. Anda juga bisa menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi untuk semakin mengurangi rasa sakit dari wasir.

Berendam Air Hangat (Credit Photo: Freepik)

Kompres Dingin

Coba gunakan kompres dingin ke anus selama 15 menit setiap kali, untuk meredakan pembengkakan. Untuk wasir yang besar dan menyakitkan, cara ini yang sangat ampuh untuk meringankan gejala di samping menggunakan obat wasir di apotik.

Anda bisa membuat kompres dingin dengan membungkus es batu di dalam kain atau handuk. Tetapi jangan pernah tempelkan langsung es atau benda beku lain ke kulit.

Kesimpulan tentang Obat Wasir di Apotik

Wasir atau ambeien biasanya mudah diobati dan akan hilang dengan sendirinya. Namun sebaiknya kunjungi dokter jika perawatan sendiri di rumah, baik dengan menggunakan obat wasir di apotik atau dengan obat wasir alami dari tumbnuhan, tidak membuahkan hasil baik dalam waktu 2 minggu.

Dokter dapat meresepkan obat wasir yang lebih ampuh, mungkin dalam bentuk krim, salep, atau supositoria. Jika masih belum mempan, dokter mungkin merekomendasikan prosedur medis seperti ligasi karet gelang atau operasi bedah untuk menghilangkan wasir.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat wasir di apotik. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga pembahasan-pembahasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Cleveland Clinic. Hemorrhoids. URL: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15120-hemorrhoids

WebMD. Hemorrhoids Treatment. URL: https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-treatment-medref

Mayo Clinic. Hemorrhoids. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/diagnosis-treatment/drc-20360280

Healthline. 8 Home Remedies for Hemorrhoids. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>