Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Cara Mengobati Wasir Cara Mengobati Wasir iStock

7 Cara Mengobati Wasir secara Alami dan Ampuh

Banyak orang berpikir bahwa haemorroid adalah masalah yang tidak normal, tapi sebenarnya semua orang memiliki haemorroid. Haemorroid adalah gumpalan pembuluh darah di anus dan rektum bawah yang membantu mengendalikan proses BAB.

Tetapi sebagian besar orang baru menyadari keberadaannya hanya saat sudah membesar dan menimbulkan masalah. Haemorroid yang membesar, juga disebut wasir (ambeien), telah membuat jutaan orang menderita rasa sakit dan iritasi.

Wasir dikelompokkan menjadi 2 jenis—internal (berasal dari rektum) dan eksternal (berasal dari anus). Wasir bisa menjadi masalah pada usia berapa pun, namun masalah ini lebih sering dialami oleh lansia. Ambeien dapat dialami oleh pria maupun wanita.

Haemorroid membesar disebabkan oleh tekanan tinggi terus-menerus pada pembuluh-pembuluh darah tubuh, yang bisa terjadi akibat terlalu lama berdiri atau duduk. Pemicu-pemicu lain adalah kehamilan, perubahan hormon, obesitas, sembelit, memaksa mengejan untuk BAB, pola makan buruk, mengangkat beban berat, dan riwayat keluarga yang pernah wasir.

Gejala-gejala umum ambeien antara lain gumpalan keras yang dapat terasa di sekitar anus, BAB terasa tidak puas, berdarah setelah BAB, rasa sakit ketika BAB, dan kemerahan, nyeri, juga gatal di area sekitar anus.

Dalam sebagian besar kasus, wasir adalah masalah sementara yang bisa sembuh sendiri meski tidak diobati. Akan tetapi, Anda bisa mengupayakan beberapa perubahan gaya hidup serta obat rumahan untuk secara drastis mengurangi ketidaknyamanan dan gatal yang Anda rasakan. Berikut adalah beberapa cara mengobati ambeien secara alami.

Cuka Apel

Untuk cara mengobati wasir, salah satu yang terbaik adalah dengan menggunakan cuka apel. Kemampuan astringent di dalamnya membantu mengecilkan pembuluh darah yang membesar serta memberikan kelegaan dari pembengkakan dan iritasi.

Cuka apel dapat digunakan dalam cara mengobati ambeien jenis internal maupun eksternal. Namun pastikan Anda selalu gunakan cuka apel yang jenis raw dan unfiltered untuk hasil terbaik.

  • Untuk penggunaan luar, larutkan cuka apel dengan mencampurnya dengan air dalam jumlah sama. Celupkan bola kapas ke dalamnya, lalu oleskan secara perlahan ke wasir. Setelah kering, oleskan minyak kelapa atau minyak jarak ke area tersebut. Lakukan ini sekali sehari.
  • Cara lainnya, Anda bisa menambahkan ½ gelas cuka apel ke dalam baskom lalu rendamlah ambeien di dalamnya selama 10 – 20 menit, dua kali sehari.
  • Untuk menyembuhkan dari dalam, campurkan 1 sdm cuka apel ke segelas air dan minumlah larutan ini 1 – 2 kali sehari.

Kantong Es

Untuk mengobati bengkak dan nyeri akibat gumpalan wasir, persiapkanlah kantong berisi es-es batu.

Suhu dingin dari kantong es akan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar serta mengurangi peradangan. Selain itu juga membantu meredakan rasa sakit. Berikut cara mengobati ambeien dengan kantong es.

  • Taruh beberapa es batu di atas handuk tipis, lalu bungkus.
  • Oleskan bungkusan es itu ke area anus selama 5 – 10 menit.
  • Lakukan ini beberapa kali sehari.

Catatan: Jangan langsung tempelkan es batu ke kulit.

Makanan Kaya Serat

Mencegah ambeien sangatlah dianjurkan daripada mengobatinya. Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang membantu melembutkan tinja, jadi Anda tidak perlu mengejan sewaktu BAB.

Mengonsumsi makanan kaya serat akan menurunkan risiko pembesaran haemorroid. Serat makanan membantu melunakkan tinja dan membuatnya mudah dialirkan ke luar. Serat juga mengurangi masalah sembelit, yang adalah salah satu pemicu wasir.

Suatu penelitian tahun 2006 yang diterbitkan di American Journal of Gastroenterology melaporkan bahwa serat memperlihatkan efek positif yang konsisten terhadap pengobatan gejala wasir dan perdarahan.

Serat banyak ditemukan dalam beragam makanan, seperti buah, sayur, biji-bijian, dan sereal gandum. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen jika tidak mampu memenuhi kebutuhan serat hanya dari makanan.

Catatan: Pastikan untuk meningkatkan asupan serat secara perlahan agar tidak terjadi masalah gas berlebihan dan kembung.

Perbanyak Cairan

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik akan sangat memengaruhi tingkat keparahan wasir yang dialami. Perubahan gaya hidup ini membantu mengatasi sekaligus mencegah ambeien.

Asupan air yang benar membantu menjaga tinja tetap lunak serta mengendalikan proses BAB, mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit.

Jika untuk mencukupi kebutuhan cairan, maka yang paling baik adalah dengan minum air. Minumlah banyak air sepanjang hari. Tetapi hindari minum minuman yang mengandung banyak kafein atau bersoda, juga minuman beralkohol, karena mereka dapat menyebabkan dehidrasi.

Lada Hitam

Meskipun kedengarannya aneh, tapi rupanya menggunaka lada hitam adalah cara mengobati wasir yang cukup ampuh.

Kemampuan analgesik dan anti-peradangan yang dimilikinya membantu mengurangi gejala-gejala serta langsung memberikan kelegaan dari masalah ini. Lada hitam juga efektif untuk menyembuhkan ambeien yang parah dan bahkan sudah berdarah.

Cobalah konsumsi 5 – 6 lada hitam setiap pagi dan sore hari saat perut kosong, dan terus lakukan sampai wasir sudah sembuh total.

Catatan: Jika lada hitam malah menyebabkan masalah pencernaan, hentikanlah penggunaannya. Juga, jangan konsumsi lada hitam dalam jangka waktu lama.

Minyak Kelapa

Kemampuan anti-peradangan dan penyembuhan dari minyak kelapa membuatnya berkhasiat untuk mengobati ambeien internal maupun eksternal.

Minyak ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Juga mengecilkan pembuluh darah yang membesar di area anus, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya. Berikut cara mengobati ambeien dengan minyak kelapa.

  • Konsumsilah 1 – 2 sdt minyak kelapa ekstra virgin setiap hari.
  • Selain itu, simpanlah sebotol kecil minyak kelapa di kamar mandi, lalu oleskan sedikit ke area wasir setiap kali selesai BAB.

Kebiasaan Higiene yang Baik

Untuk mencegah sekaligus menyembuhkan ambeien, Anda harus melakukan kebiasaan mandi yang baik dan mengutamakan kebersihan. Yang paling pertama dan terutama, jagalah agar area anus bersih sebersih mungkin.

  • Mandilah setiap hari dan bersihkan area anus tanpa sabun, karena dapat mengiritasi kulit. Juga, jangan gunakan cairan pembersih alkohol atau yang mengandung pengharum.
  • Bersihkan area anus dengan lembut menggunakan air hangat setiap selesai BAB untuk membersihkan lendir yang mungkin keluar.
  • Setelah membersihkan, keringkan area anus dengan kapas dan oleskan minyak kelapa secukupnya untuk melindungi kulit Anda.
  • Gunakan tisu toilet yang lembut dan basah, sebaliknya daripada handuk untuk mencegah iritasi.
  • Batasi waktu mengejan BAB. Kalau BAB tidak keluar setelah beberapa menit, jangan tunggu atau mengejan terlalu keras untuk memaksanya keluar.
  • Sewaktu berada di luar rumah, jangan tahan keinginan untuk BAB.
  • Cobalah posisi jongkok sewaktu BAB. Posisi ini dapat membantu BAB lebih mudah keluar.

Segeralah periksa ke dokter jika cara-cara mengobati wasir di atas tidak membantu menyembuhkannya. Jika dibiarkan terlalu lama, masalah wasir bisa saja mengakibatkan komplikasi kesehatan seperti kehilangan banyak darah, kematian jaringan, dan bahkan kanker dubur atau kolorektal.

Namun sebagian besar masalah ambeien bisa sembuh dengan sendirinya, dan dapat dibantu secara ampuh dengan cara-cara alami seperti di atas. Semoga informasi di artikel ini dapat membantu Anda untuk mengantisipasi gangguan ambeien, khususnya jika Anda atau ada anggota keluarga yang sudah berusia di atas 45 tahun.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram