Blog Herbal No. 1 Indonesia

Ambeien Pecah: Ambeien Dalam vs Ambeien Luar


By Fery Irawan

Ambeien atau wasir (hemorrhoid) merupakan penyakit yang umumnya terjadi pada orang yang berusia sekitar 45 hingga 65 tahun. Rasa gatal dan nyeri di area sekitar anus atau “dubur” merupakan salah satu tanda bahwa Anda mengalami penyakit tersebut. Tanda lain yang terlihat jelas ialah munculnya “benjolan” atau “tonjolan” di area luar anus. Jika hal ini terjadi, maka dapat dicurigai sebagai ambeien luar. Tanda ini tidak terlihat jelas pada ambeien dalam, maka diperlukan pemeriksaan spesifik untuk memastikan kondisi yang dialami penderita. Bagaimana jika ambeien pecah secara tiba-tiba?

Jangan khawatir, sebenarnya sebelum ambeien pecah biasanya ditandai dengan beberapa gejala dan ini hanya terjadi jika terlambat mendapatkan pengobatan. Selain itu waspadalah terhadap komplikasi wasir pada kasus yang langka. Serta pengobatan alternatif yang tersedia bagi penderitanya. Mari kita lihat info lengkap seputar penyakit tersebut!

Ambeien Pecah

Sebelumnya Anda perlu mengetahui apa penyebab pecahnya “benjolan” dan apa yang terjadi selanjutnya? Ambeien pecah terjadi saat pembengkakan pembuluh darah atau “benjolan” mulai bertambah besar dan menipis sehingga pecah karena adanya tekanan.

Ada beberapa hal yang turut menyebabkan ambeien pecah, misalnya rendahnya diet kaya serat dan air, sehingga kotoran bertekstur keras. Hal ini menyebabkan Anda mengalami konstipasi dan menekan “benjolan”.

Obesitas juga dapat memberikan tekanan berlebihan saat sedang duduk, sehingga ambeien pecah, hal yang sama juga terjadi pada ibu hamil yang mengalami penyakit ini.

Ambeien pecah akan mengakibatkan terjadinya pendarahan yang bisa berlangsung hingga 10 menit. Pecahnya “benjolan” ini lebih sering terjadi pada penderita “ambeien luar”.

Sebelum mengalami pecah, penderita bisa jadi merasa nyeri disertai dengan sensasi panas dan gatal yang menyiksa. Jika, hal ini terjadi maka darah yang keluar akan tampak merah terang. Gejala ini tidak dirasa pada “ambeien dalam”, pecahnya “ambeien dalam” terjadi seiring dengan gerakan peristaltik di dalam usus.

Ambeien pecah yang ada di dalam anus tidak begitu menyakitkan karena di dalamnya tidak terdapat banyak sel saraf, sehingga rasa gatal dan sakit seringkali tidak terasa.

Keluarnya darah dari dalam anus juga perlu diwaspadai, jika darah yang keluar berwarna merah muda atau cokelat bisa jadi pertanda adanya kondisi lain, misalnya kanker.

Maka dari itu jangan remehkan gejala penyakit yang Anda rasakan. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis yang menyeluruh. Hal ini juga membantu Anda memperoleh pengobatan yang tepat.

Sebelum Anda mengalami komplikasi wasir yang lebih serius. Penyakit ini tampaknya ringan dan sepele, namun keberadaannya tak bisa Anda biarkan terlebih jika sudah berambah parah.

Komplikasi Ambeien Pecah

Nyeri – merupakan indikasi yang perlu diwaspadai, mengingat wasir yang pecah memberikan peluang bagi bakteri atau virus untuk masuk ke dalam tubuh. Mengingat lokasi luka yang terbuka berada di anus maka, Anda perlu mewaspadainya. Jika infeksi terjadi, Anda bisa saja mengalami rasa nyeri yang hebat karena luka yang terbuka mengalami peradangan yang disertai dengan keberadaan nanah.

Anemia – pada kasus yang langka, hal ini bisa saja terjadi karena pendarahan yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Anemia juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi dan banyak faktor lainnya. Perlu diketahui anemia juga dapat terjadi jika kanker berada dalam tubuh penderita, khususnya mereka yang mengalami kanker darah.

Trombosis – hal ini terjadi saat gumpalan darah terangkut menuju bagian tubuh lainnya. Jika ini terjadi maka akan mengganggu sirkulasi darah dan menyebabkan rasa sakit. Hal ini juga mengarah pada pembekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah lainnya. Jika ini terjadi risiko serangan stroke bisa saja terjadi.

Gangren – merupakan matinya jaringan tubuh karena kekurangan oksigen, jaringan mati berubah menjadi hitam dan membusuk. Hal ini terjadi karena sirkulasi darah yang tidak lancar yang diperparah dengan keberadaan infeksi. Jika tidak diatasi, jaringan yang mati dapat menyebar dan sulit untuk dipulihkan. Bahkan meninggalkan bekas yang tidak mudah hilang.

Jenis Ambeien Dalam vs Ambeien Luar

Cara menangani ambeien atau pengobatannya tidak selalu sama, hal ini bergantung pada jenis penyakit yang Anda alami. Apa perbedaan “ambeien dalam” dan “ambeien luar” yang perlu dikenali?

Ambeien luar atau eksternal adalah ambeien yang terjadi di bawah kulit di sekitar anus. Penyebab ambeien luar adalah ketika satu atau beberapa benjolan lunak terbentuk di bawah kulit sekitar anus. Benjolan lunak ini adalah pembuluh darah melebar yang telah menjadi sangat membesar sehingga menonjol.

Sedangkan ambeien dalam atau internal adalah ambeien yang terjadi di dalam anus dan rektum. Karena letaknya ada di dalam, maka biasanya Anda tidak bisa melihat atau meraba ambeien tersebut. Biasanya ambeien dalam tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit saraf penginderaan rasa sakit di sana.

Ambeien Luar vs Ambeien Dalam
Ambeien Luar (Eksternal) vs. Ambeien Dalam (Internal). Credit photo: Timonina – Shutterstock

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan ambeien luar, yakni antara lain:

  • Mengejan saat buang air besar: Penyebab paling umum dari wasir eksternal adalah mengejan berulang kali saat BAB. Ini sering disebabkan oleh kasus sembelit atau diare yang parah. Mengejan membuat darah menggenang di area tersebut.
  • Duduk lama di toilet: Ini juga dapat memberi tekanan pada jaringan di sekitar rektum dan anus Anda.
  • Jaringan penyokong yang melemah: Seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar anus dan rektum cenderung melemah.
  • Kehamilan: Ibu hamil juga berisiko lebih besar terkena wasir eksternal atau internal karena peningkatan tekanan perut pada pembuluh darah ini.
  • Kegemukan: Memiliki kelebihan berat badan telah dikaitkan dengan wasir.
  • Angkat berat: Anda mungkin berisiko lebih besar terkena ambeien luar jika sering mengangkat benda berat.
  • Kurang asupan serat: Pola makan rendah serat dapat menyebabkan sembelit, yang dapat menyebabkan wasir eksternal maupun internal.

Sebenarnya ambeien luar maupun dalam disebabkan oleh banyak faktor yang serupa. Sehingga faktor-faktor di atas juga merupakan faktor penyebab ambeien dalam.

Bagaimana Ciri-Ciri Ambeien Luar?

Ada sejumlah gejala yang dapat dialami oleh penderita ambeien luar. Gejalanya bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya. Berikut adalah sejumlah ciri-ciri ambeien luar:

  • Satu atau beberapa benjolan lunak berwarna kebiruan di kulit dekat lubang anus.
  • Gatal di sekitar anus atau daerah dubur.
  • Sakit atau nyeri di sekitar anus, terutama dalam 24 – 48 jam setelah serangan dan saat duduk.

Anda mungkin melihat perdarahan saat menggunakan toilet. Ini termasuk melihat darah di kertas toilet atau di toilet. Benjolan di sekitar anus mungkin terasa seperti bengkak. Ambeien luar yang ukurannya lebih besar dapat menyulitkan Anda untuk menjaga kebersihan area anus.

Bagaimana Ciri-Ciri Ambeien Dalam?

Ambeien dalam atau internal berada jauh di dalam rektum sehingga tidak dapat dilihat atau diraba, juga biasanya tidak terasa sakit. Berikut adalah sejumlah ciri-ciri ambeien dalam:

  • Darah di kotoran (feses), di kertas toilet setelah menyeka, atau di toilet.
  • Jaringan yang menonjol di luar lubang anus (prolaps). Ini mungkin menyakitkan, sering kali saat Anda buang air besar.

Anda mungkin dapat melihat prolaps itu seperti benjolan lembap yang lebih merah muda dari daerah sekitarnya. Ini biasanya kembali ke dalam dengan sendirinya. Bahkan jika tidak, mereka sering kali dapat dengan lebut didorong kembali ke tempatnya.

Cara Mengatasi Ambeien atau Wasir

Biasanya wasir dapat hilang hanya dalam periode waktu beberapa waktu saja. Namun pada kasus tertentu ini tidak hilang dengan mudah. Pilihan terbaik ialah mengunjungi dokter untuk memperoleh perawatan yang tepat.

Namun ada beberapa cara meringankan gejalanya misalnya dengan melakukan “Sitz Bath”, yakni merendam bagian perineum (area di antara anus dan organ kelamin) dengan air hangat. Lokasi ini merupakan area yang sensitif karena terdapat banyak sekali sel saraf. Hal ini lebih mudah dilakukan dengan “bathtub”, lakukan selama 2 kali dalam sehari selama 15 menit guna meringankan rasa sakit dan pembengkakan.

cara meringankan gejala ambeien atau wasir
Berendam air hangat di bathtub untuk meringankan gejala wasir. Credit photo: Freepik

Anda juga dapat menggunakan salep khusus untuk mengurangi peradangan yang terjadi, sebaiknya konsultasikan penggunaanya dengan dokter guna memperoleh dosis yang tepat – khususnya jika sudah pecah.

Untuk mempermudah proses buang air besar, cobalah untuk mengonsumsi makanan berserat dan banyak mengandung air. Anda bisa menggunakan tisu yang tidak mengandung pewangi atau alkohol untuk membersihkan bercak darah yang tertinggal.

Ambeien yang pecah dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal yang tak tertahankan. Hindari godaan untuk menggaruknya. Karena, semakin Anda garuk – semakin gatal dan sakit, karena iritasi bertambah parah. Hal ini justru membuka peluang bagi bakteri dan virus untuk menginfeksinya.

Pada kasus yang parah, Anda bisa jadi membutuhkan pengobatan yang lebih intensif dengan tujuan menghilangkan “benjolan” yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan pembedahan atau ligasi pita karet maupun skleroterapi.

Beragam tindakan ini bisa jadi menyebabkan efek samping, cobalah untuk mendiskusikannya dengan dokter yang merawat. Proses pemulihan setelah pengobatan dapat berlangsung selama beberapa minggu. Jika tidak disertai dengan pengobatan medis, penyakit ini biasanya mengempis selama 1 atau 2 minggu bahkan lebih.

Noni Juice dan Sarang Semut Dapat Memulihkan Ambeien?

Kedua herbal ini merupakan alternatif pengobatan yang bisa dipilih guna membantu proses pemulihan tubuh penderita wasir. Secara tradisional, kedua herbal ini merupakan herbal multi-fungsi yang sudah dikenal baik oleh penduduk Indonesia.

Kemampuan multi-fungsi dari herbal tersebut dapat diketahui berdasarkan pengujian atas senyawa aktif yang ada dalam herbal tersebut. Tentu saja berdasarkan pengalaman pengguna, kedua herbal ini mampu membantu proses pemulihan kesehatan terhadap beragam gangguan yang disebabkan oleh peradangan atau infeksi.

Noni Juice Obat Ambeien – Kandungan “polisakarida” yang ada pada Noni Juice membantu proses aktivasi sel darah putih guna meningkatkan respon kekebalan tubuh. Kesimpulan ini didapat berdasarkan riset ilmiah yang dilakukan di University of Hawaii.

Selain itu, kandungan Nitrit Oksida dapat mengaktivasi sel makrofagus dalam tubuh guna memerangi keberadaan virus dan bakteri pada saat Anda terluka. Berdasarkan penelitian Noni Juice yang dilakukan oleh Dr. Neil Solomon, memperlihatkan hasil yang menarik.

Ada sekitar 3.707 orang yang mengalami gangguan sistem imun tubuh, namun 77% penderitanya merasakan manfaat dari Noni Juice tersebut.

Sarang Semut Obat Ambeien – Dalam sebuah majalah “Natural” pernah mencatat bahwa Sarang Semut mampu membantu proses pemulihan terhadap wasir. Herbal ini juga memiliki kemampuan unik dalam melancarkan peredaran darah.

Berdasarkan penelitian Pusat Bioteknologi LIPI juga mengungkapkan bahwa senyawa-senyawa aktif yang ada dalam Sarang Semut memang dikenal dalam dunia kesehatan. Senyawa-senyawa ini seringkali digunakan dalam menyembuhkan beragam penyakit atau multi-fungsi.

Misalnya; flavonoid, tokoferol dan polifenol dalam Sarang Semut yang membantu atasi peradangan, infeksi, hingga kanker.

Terserang Ambeien Setelah Pengobatan, Mungkinkah?

Sayangnya penyakit ini bukanlah jenis penyakit yang datang sekali dan tak akan muncul kembali. Serangan untuk kedua kalinya bisa saja terjadi. Dalam sebuah pengamatan medis tahun 2004, memperlihatkan persentase yang menarik dari 231 orang yang mengalami wasir.

Hasil penelitian memperlihatkan ada sekitar 6% kasus berulang setelah menjalani pengobatan dengan pembedahan. Sedangkan 25% kasus berulang terjadi pada penderita yang melakukan perawatan di rumah.

Persentase ini cukup mengejutkan. Rupanya baik perawatan rumahan maupun perawatan medis tetap memiliki risiko terjadinya wasir.

Pola kehidupan yang Anda jalani tetap menjadi faktor penting dalam pemulihan dan mencegah kambuhnya penyakit ini untuk kedua kalinya. Sebagai penunjang pengobatan yang Anda jalani. Anda juga dapat mengonsumsi herbal atau makanan penunjang lainnya yang membantu proses pemulihan diri dari wasir.

Makanan penunjang yang membantu  Anda mengatasi wasir ialah pepaya atau pisang. Karena kaya akan serat, maka keduanya dapat membantu menjaga tekstur kotoran agar tidak keras atau mengalami konstipasi.

Demikianlah info lengkap seputar cara mengatasi ambeien pecah yang bisa Anda lakukan baik secara medis dan rumahan. Nantikan informasi menarik lainnya sehubungan dengan pengobatan alternatif ataupun info kesehatan lainnya hanya di Deherba.com

Sumber

Los Angeles Colon and Rectal Surgical Associates. Can Hemorrhoids Burst?. https://lacolon.com/article/burst-hemorrhoid-symptoms

WebMD. Hemorrhoids. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-basics

Healthline. External Hemorrhoids: Causes, Symptoms, Treatment, and More. https://www.healthline.com/health/external-hemorrhoids

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}