Bagikan Artikel Ini:

Ambeien atau Wasir – Merupakan penyakit yang seringkali membuat penderitanya tidak nyaman dalam melakukan aktivitas harian. Bahkan penderitanya seringkali merasakan nyeri dan gatal yang tak tertahankan, khususnya saat sedang buang air besar. Maka untuk mengurangi gejala tersebut, dibutuhkan pola makan yang baik. Timbul pertanyaan, makanan penyembuh wasir mana yang tepat bagi Anda? Apa saja pantangan ambeien atau pantangan wasir yang perlu dihindari? Adakah buah untuk mengobati ambeien yang benar-benar bermanfaat bagi Anda? Bagaimana dengan herbal ambeien, seberapa efektif penggunannya?

Mari kita perhatikan info selengkapnya dalam artikel berikut. Informasi dalam artikel ini tidak bertujuan untuk menggantikan konsultasi dokter yang seharusnya dilakukan oleh penderita ambeien. Melainkan sebagai alternatif tambahan bagi penderita ambeien untuk menjalani pola kehidupan yang lebih sehat. Ayo awali hidup sehat dengan menjaga pola makan Anda, apa sajakah itu? Source: LIVESTRONG – Foods That Help Heal Hemorrhoids.

Pantangan Ambeien atau Pantangan Wasir

Tahukah Anda bahwa tidak semua cairan berupa minuman ataupun makanan dapat bermanfaat bagi kondisi pencernaan? Beberapa jenis minuman dapat menyebabkan Anda mengalami dedehidrasi dan memperbesar peluang untuk menyulitkan Anda saat hendak buang air besar. Sehingga konsumsi makanan dan minuman tersebut harus menjadi pantangan ambeien atau pantangan wasir yang perlu dihindari.

Minuman Beralkohol – Merupakan pantangan ambeien atau pantangan wasir yang perlu dihindari. Alkohol merupakan komponen yang sulit dicerna tubuh, sekalipun dalam bentuk cairan. Alkohol justru membuat tubuh Anda mengalami dedehidrasi yang ditandai dengan tenggorokan terasa kering. Dedehidrasi menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak cairan yang ada dalam sistem pencernaan.

Minuman Berkafein – Sayang sekali bagi Anda penikmat kopi sejati, karena kandungan tinggi kafein pada kopi perlu diwaspadai. Maka minuman kegemaran Anda harus menjadi pantangan ambeien atau pantangan wasir yang perlu dijauhi selama Anda mengalami penyakit tersebut. Apa alasannya? Ternyata kafein dapat menyebabkan kotoran atau tinja menjadi kering. Keringnya tinja merupakan reaksi dedehidrasi yang menyulitkan Anda untuk buang air besar. Cobalah ganti kopi dengan teh, cokelat panas, atau air hangat beserta potongan lemon dan mint.

Makanan Pedas – Bagi beberapa orang penyuka hidangan pedas, tampaknya ini harus di hindari sebagai pantangan ambeien atau pantangan wasir. Namun benarkah demikian? Pengujian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Bari di Italia pada tahun 2006, terhadap 50 pasien ambeien memperlihatkan hasil yang menarik. Dalam jurnal “Diseases of the Colon and Rectum” disebutkan bahwa hidangan pedas tidak memperburuk gejala yang ditimbulkan oleh ambeien. Menarik bukan?

Makanan Berlemak – Kenikmatan makanan berlemak merupakan pantangan ambeien atau pantangan wasir yang tak bisa dikompromikan. Jenis hidangan berlemak sulit dicerna oleh tubuh dan menyebabkan Anda lebih sering mengalami sakit perut. Makanan berlemak tidak selalu mengarah pada daging saja, bahkan “gorengan” yang Anda gemari juga perlu dihindari. Sebaiknya gunakan sedikit mentega untuk memasak dan hindari susu yang mengandung lemak tinggi. Anda juga perlu menghindari konsumsi daging selama mengalami ambeien.

Makanan Untuk Penderita Wasir

Sebenarnya Anda hanya perlu menjaga agar asupan makanan yang Anda konsumsi tetap mengandung banyak serat dan kaya akan kandungan air.

Fokus utamanya ialah menjaga kondisi usus agar kotoran atau tinja memiliki tekstur yang mudah untuk dikeluarkan. Sehingga tekanan pada sel saraf di sekitar rektum dan anus tidak terbebani.  Sekalipun “ambeien dalam” jarang sekali menimbulkan nyeri, hal ini bisa terjadi saat Anda sulit mengeluarkan kotoran.

Baca juga  Noni Juice Obat Ambeien atau Wasir

Anda juga perlu menjaga diri agar tidak mengalami dehidrasi, konsumsi asupan cairan yang cukup akan sangat membantu proses pemulihan dari serangan wasir atau ambeien. Pada kondisi normal yang disertai dengan pola makan yang seimbang, penyakit ini dapat pulih selama 1 hingga 2 minggu. Namun hal ini bisa berlangsung lebih lama jika kondisi Ambeien sudah bertambah parah.

Sekalipun hasil penelitian memperlihatkan bahwa hidangan pedas tidak memperburuk kondisi penderita ambeien. Namun, ada baiknya untuk menghindarinya. Mengapa? Mengidap diare sekaligus ambeien juga bukanlah hal yang menyenangkan.

Saat Anda harus berkali-kali buang air besar dengan sensasi panas pada area di sekitar wasir atau ambeien dapat sangat menyiksa. Adakah makanan penyembuh wasir yang juga membantu ringankan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Makanan Penyembuh Wasir

Wasir atau Ambeien yang menyebabkan nyeri dan gatal biasanya terjadi pada kasus “ambeien luar”, ini jarang dialami pada kasus “ambeien dalam”. Gejala ini akan terasa sangat hebat saat Anda mengalami konstipasi atau sulit mengeluarkan kotoran yang mengeras di dalam usus. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan serat alami atau kekurangan cairan.

Makanan Penyembuh Wasir

Sumber Gambar — mercadomunicipaldecuritiba.com.br

Namun beberapa jenis makanan di percaya mampu mengurangi gejala tersebut. Apa saja makanan penyembuh wasir yang dapat meringankan gejala tersebut?

Ragam Jenis Kacang – Ini termasuk kacang merah, kacang hijau dan kacang polong. Jenis kacang tersebut, mengandung banyak sekali protein dan nutrisi lengkap. Misalnya; Vitamin-B, zat besi, maupun serat alami yang sangat dibutuhkan tubuh. Ketahuilah bahwa 1 cangkir kacang hijau mengandung 11 gram serat setelah dimasak. Asupan serat dari jenis makanan penyembuh wasir ini akan membantu usus guna meningkatkan tekstur kelembutan kotoran atau tinja yang akan dikeluarkan. Hal ini tentu bermanfaat bagi usus, sehingga gerakan mendorong kotoran keluar tubuh akan lebih mudah dilakukan. Tentu saja hal ini akan mengurangi nyeri yang dirasakan penderita ambeien.

Ragam Jenis Biji Utuh – Ini termasuk beras merah bulir panjang, barli, oatmeal dan sereal gandum utuh. Biji-bijian tersebut banyak mengandung serat yang juga disertai dengan nutrisi penunjang tubuh. Misalnya; selenium, folat, hingga protein nabati. Ketahuilah bahwa 1 cangkir biji barli mengandung 6 gram serat setelah digiling dan dimasak. Apa lagi makanan penyembuh wasir yang perlu Anda konsumsi?

Cairan – Ini didapat dari konsumsi air dan minuman lain yang turut melancarkan saluran pencernaan. Misalnya; jus buah segar yang kaya serat. Tahukah Anda berapa banyak air yang hendaknya Anda konsumsi dalam sehari? Minum air yang tepat ialah 6 hingga 8 gelas dalam sehari. Namun kebutuhan tubuh akan air juga meningkat seiring dengan cuaca panas dan aktivitas fisik yang Anda lakukan. Pastikan tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini merupakan cara lain yang bisa dilakukan selain mengonsumsi makanan penyembuh wasir.

Buah Untuk Mengobati Ambeien

Buah dan Sayuran merupakan sumber antioksidan tinggi yang membantu Anda dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Namun tak hanya itu saja kehebatannya, buah dan sayuran mengandung banyak sekali serat alami. Maka tak heran jika keduanya dapat meringankan gejala wasir atau ambeien. Apa saja buah untuk mengobati ambeien yang bisa Anda nikmati?

Buah raspberries tergolong jenis buah yang tinggi serat, karena 1 mangkuk buah ini mengandung 11 gram serat alami. Sayangnya buah ini cukup langka di Indonesia dan harganya bisa jadi mahal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengonsumsi buah mangga, satu buah mangga berukuran sedang dapat mengandung 4 gram  serat alami.

Baca juga  Ambeien Pecah: Ambeien Dalam vs Ambeien Luar

Bagaimana dengan sayuran? Brokoli, kubis, sayuran hijau dan wortel rebus merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat. Selain buah untuk mengobati ambeien ternyata sayuran juga memiliki kemampuan tersebut.

Buah Untuk Mengobati Ambeien

Sumber Gambar — images.reference.com

Selain sayuran yang disebutkan, Anda masih bisa mengonsumsi buah dan sayuran lainnya, misalnya; jeruk, melon, tomat dan seledri. Kandungan sayur dan buah untuk mengobati ambeien tak hanya kaya akan serat, melainkan juga kaya akan kandungan air di dalamnya. Hal ini penting bagi sistem pencernaan, mengingat usus menyerap cairan pada makanan yang Anda konsumsi.

Dari ragam jenis sayuran yang disebutkan, tampaknya Anda dapat mulai membuat menu masakan sehat seperti; sup sayuran dengan kaldu ayam asli tanpa lemak. Kombinasikan wortel, tomat, seledri, kubis dan kacang-kacangan guna menghasilkan masakan yang mengandung banyak air dan serat alami.

Tentu saja menikmati hidangan ini selagi hangat dapat membantu Anda menjadi lebih nyaman. Apalagi disertai dengan konsumsi buah untuk mengobati ambeien. Tentu sistem pencernaan lancar, sehingga gejala yang dirasakan berupa nyeri dapat dikurangi.

Herbal Ambeien Yang Tersedia

Ada beragam jenis herbal yang mampu membantu mengurangi gejala terjadinya ambeien. Beberapa herbal ambeien bertujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Apa saja pilihan herbal ambeien yang tersedia dan mudah Anda dapatkan?

Lidah Buaya – Tahukah Anda bahwa lidah buaya memiliki kemampuan hebat dalam meredakan nyeri yang timbul pada “tonjolan” ambeien. Bagaimana cara menggunakannya? Anda hanya perlu mengambil bagian lunak dari lidah buaya dan mengoleskan langsung pada area tersebut. Herbal ambeien apalagi yang tersedia?

Kunyit – Cara kerja Herbal ambeien ini ialah dengan mengurangi peradangan yang menjadi pemicu terjadinya ambeien. Hal ini dilakukan dengan mengaplikasikan kunyit yang ditumbuk halus dengan sedikit air dan oleskan pada area yang meradang. Diamkan 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Witch Hazel – Dikenal dengan nama latin Hamamelis Virginiana merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara dan sering digunakan untuk mengurangi nyeri, gatal dan pendarahan pada penyakit ambeien. Di dalamnya terdapat kandungan tanin yang mampu membantu peradangan dan memperlambat pendarahan.

Noni – Herbal ambeien yang satu ini memiliki kemampuan khusus dalam menguatkan pembuluh darah karena kandungan flavonoid di dalamnya. Buah Noni lebih dikenal dengan istilah “pace” atau “mengkudu”. Cara pemanfaatannya dilakukan dengan meminum sari buahnya yang dikenal dengan Noni Juice. Dapatkan info selengkapnya pada artikel Noni Juice Obat Ambeien.

Sarang Semut – Herbal ambeien ini bukanlah “Sarang Semut” tanah, melainkan jenis yang tumbuh di tanaman khas pedalaman Papua. Herbal ini juga memiliki kandungan flavonoid dan senyawa aktif lainnya. Fungsi herbal ini ialah mengatasi peradangan yang terjadi, sekaligus mengempiskan keberadaan benjolan tersebut. Kemampuan senyawa aktif di dalamnya bahkan sanggup mengatasi kanker. Dapatkan info selengkapnya pada artikel Sarang Semut Obat Ambeien.

Demikianlah uraian lengkap mengenai wasir atau ambeien mulai dari pantangan ambeien atau pantangan wasir, makanan penyembuh wasir, buah untuk mengobati ambeien, hingga herbal ambeien yang tersedia. Ingin tahu lebih banyak sehubungan dengan informasi kesehatan dan pengobatan herbal? Simak ulasan selengkapnya hanya di deherba.com.

Fery Irawan

Penulis konten yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Penulis berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.