Penyakit Wasir

604
Penyakit Wasir; Sakit Wasir; Wasir

Diedit:

Pernahkah Anda mengalami penyakit wasir yang menyakitkan? Sakit wasir bisa sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Bagaimana cara mengatasinya?

Wasir adalah suatu kondisi dimana bibir anus mengalami pembengkakan akibat pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah balik (vena) di daerah anus.

Penyakit Wasir atau Sakit Wasir

Ada 2 tipe penyakit wasir, yaitu dalam dan luar. Wasir dalam timbul pada saluran usus yang dilapisi selaput lendir dan terjadi pembengkakan di dalam anus. Pada kondisi luar, pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi di luar. Hal ini ditandai dengan keluarnya tonjolan keluar rektum sehingga terlihat di sekitar anus.

Penyebab Wasir

Sering sembelit dengan adanya penekanan feses yang keras pada usus disertai pemaksaan pada waktu mengejan mengakibatkan pembesaran pada pembuluh darah vena yang berakibat sakit wasir.

Penyakit Wasir juga dapat disebabkan oleh pekerjaan yang menuntut duduk terlalu lama, sering mengangkat beban terlalu berat, kegemukan, hubungan seks melalui anus, infeksi anal atau rektal, dan tekanan pada usus akibat pembesaran rahim pada masa kehamilan.

Penyebab tidak langsung yang dapat memicu sakit wasir adalah stres. Stres menyebabkan gangguan pada organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar endokrin sehingga mengakibatkan sembelit dan akhirnya kondisi itu terjadi.

Semua penyebab tersebut menyebabkan pembuluh darah dalam unus membesar dan membengkak. Jika hal tersebut dibiarkan, maka  akan terjadi perdarahan.

Gejala Wasir

Berikut adalah beberapa gejala yang sering dirasakan oleh para penderitanya.

  • Nyeri dan gatal yang disertai rasa panas pada dubur.
  • Dalam banyak kasus, darah keluar bersama tinja pada saat buang air besar.
  • Adanya tonjolan yang keluar dari rektum pada saat buang air besar.

Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan hal-hal berikut.

  • Konsumsi makanan yang berserat.
  • Jangan makan makanan yang bersifat panas dan mengandung lemak (penyebab sembelit) seperti makanan pedas, daging, jeroan, dan juga junk food.
  • Hindari penyebab dehidrasi seperti alkohol dan perbanyaklah minum air putih atau buah-buahan yang berair dan olahraga secara teratur.
  • Jangan menahan untuk buang air besar.
  • Kontrol asupan garam.
    Kelebihan garam dalam makanan menyebabkan menyusutnya cairan, menyebabkan pembengkakan di semua pembuluh darah dan dapat memperparah kondisi tersebut.
Baca juga:  7 Cara Mengobati Wasir secara Alami dan Ampuh

Lantas, bagaimana jika Anda sudah terkena penyakit yang menyakitkan ini? Simak uraian berikut!

Pengobatan Wasir

Sarang Semut kaya akan mineral yang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit ini, misalnya, natrium dan magnesium yang terkandung di dalam Sarang Semut diketahui dapat membantu proses pencernaan dan bertindak sebagai pencahar alami.

Dengan demikian, mencegah terjadinya sembelit yang akan menyebabkan terjadinya penyakit tersebut. Tak hanya mencegah, Sarang Semut juga berkhasiat untuk mengobatinya.

Kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan ini terutama berkaitan dengan kandungan flavonoid dan tanin-nya yang tinggi. Dalam beberapa penelitian, kedua golongan senyawa ini memang sudah terbukti berperan penting dalam pengobatannya.

Flavonoid memiliki efek anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi pembengkakan akibat penyakit tersebut. Senyawa lain, tanin, digunakan dalam pengobatannya karena kemampuannya dalam menghentikan perdarahan yang sering terjadi pada penderitanya.

Bukti keampuhan Sarang Semut dalam mengatasinya baik yang baru bahkan yang sudah menahun telah dirasakan oleh sejumlah besar orang. Berikut adalah kesaksian salah seorang bapak bernama Hendra (68 th, Jayapura) yang sudah dibantu Sarang Semut untuk mengatasi penyakitnya yang sudah menahun.

“Saya sudah mengalaminya sejak 48 tahun yang lalu. Selama ini untuk mengobati penyakit tersebut saya mengonsumsi obat dokter. Namun, hasilnya tidak begitu baik. Tidak hanya itu, semua jenis pengobatan alternatif pun sudah saya coba, tetapi hasilnya juga kurang memuaskan. Hingga suatu hari, saudara saya menyarankan untuk mengonsumsi Sarang Semut. Saya pun mulai mencoba mengonsumsinya.

Sesuai dosis rekomendasi pada kemasannya, saya pun mengikutinya. Setelah mengonsumsinya beberapa hari, gangguan yang saya rasakan mengecil. Saya pun terus mengonsumsi Sarang Semut terus-menerus selama 2 bulan. Hasilnya, wasir saya yang selama 40 tahun menyiksa kini hilang sama sekali dan tidak pernah muncul lagi”.

Baca juga:  7 Cara Mengobati Wasir secara Alami dan Ampuh