• Home
  • Blog
  • Gatal
  • 4 Obat Gatal Alergi Bentol Kulit yang Ada di Rumah Anda

4 Obat Gatal Alergi Bentol Kulit yang Ada di Rumah Anda


By Cindy Wijaya

Alergi kulit sebenarnya adalah reaksi sistem imun terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Kalau Anda mengalaminya, mungkin akan muncul gatal dan bentol di kulit, juga bisa disertai gejala lain seperti kemerahan, bengkak, kulit mengelupas, kulit pecah-pecah. Cara terbaik mencegah alergi kulit adalah menghindari apapun yang bisa memicunya. Tapi kalau sudah terlanjur terjadi, tenang saja, ada berbagai obat gatal alergi bentol kulit yang bisa membantu.

Dalam artikel ini akan dikupas beberapa cara mengobati alergi kulit bentol dari bahan-bahan rumahan yang telah lama digunakan secara tradisional. Mengapa dari bahan-bahan rumahan? Sebab bahan-bahan itu cenderung lebih alami dan lebih dapat ditoleransi oleh kulit dan tubuh kita, selain itu juga mudah diperoleh. Berikut adalah pilihan-pilihan obat gatal alergi bentol kulit secara rumahan:

Obat Gatal Alergi Bentol Kulit: Oatmeal

Oatmeal punya berbagai sifat biologis aktif, termasuk diantaranya adalah antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua sifat tersebut dapat membantu meredakan gatal akibat reaksi alergi pada kulit.

Cara populer untuk menggunakan oatmeal untuk mengobati alergi kulit bentol ialah dengan mandi oatmeal atau membuat tapal oatmeal. Kedua cara itu membutuhkan oatmeal bubuk.

Anda bisa membuat oatmeal bubuk dengan menggiling oatmeal yang umum dijual menjadi bubuk halus menggunakan blender, food processor, atau coffee grinder.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Mandi Oatmeal

  • Tambahkan 1 cangkir oatmeal bubuk ke dalam bak mandi berisi air hangat.
  • Campurkan oatmeal secara merata sampai ke seluruh bak mandi.
  • Masuklah ke dalam bak mandi dan benamkan seluruh badan Anda.
  • Berendamlah selama 30 menit, lalu bilas seluruh badan dengan air dingin.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Tapal Oatmeal

  • Tuangkan ¼ cangkir oatmeal bubuk ke dalam mangkuk.
  • Sedikit demi sedikit tuangkan air ke dalam mangkuk itu, sebanyak 1 sendok teh setiap kali.
  • Lanjutkan mencampurkan dan menuangkan air sampai Anda mendapatkan tapal yang halus dan bisa dioleskan.
  • Oleskan tapal oatmeal itu ke area yang terkena alergi.
  • Tutupi dan balut area itu dengan kain yang dilembapkan air.
  • Setelah 30 menit, lepaskan kain lembap itu dan bilas area kulit itu dengan air dingin.
  • Oleskan pelembap (moisturizer) ke area itu.

Pilihan: Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh minyak kelapa, 4 tetes minyak esensial lavender, atau bisa juga kedua-duanya.

Obat Gatal Alergi Bentol Kulit: Baking Soda

Baking soda dapat mengatasi masalah ketidakseimbangan pH pada kulit, serta bekerja sebagai anti-inflamasi untuk menenangkan kulit yang mengalami alergi.

Ada dua cara menggunakan baking soda untuk membantu meredakan gejala gatal dan bentol di kulit akibat alergi, yaitu dengan membuatnya jadi tapal atau dengan mandi baking soda.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Tapal Baking Soda

  • Tuangkan 4 sendok makan baking soda ke dalam mangkuk.
  • Tuangkan juga sedikit demi sedikit 12 sendok makan air sedikit demi sedikit sambil dicampurkan sampai membentuk tapal.
  • Oleskan tapal baking soda itu ke area yang terasa gatal.
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas area itu dengan air dingin.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Mandi Baking Soda

  • Campurkan 1 cangkir baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat.
  • Campurkan sampai merata ke seluruh air di bak mandi itu.
  • Masuklah ke bak mandi dan benamkan seluruh badan Anda.
  • Berendamlah selama sekitar 15 menit, kemudian bilas seluruh badan Anda dengan air hangat.

Obat Gatal Alergi Bentol Kulit: Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya (aloe vera) telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional untuk kesehatan kulit. Anda mungkin akrab dengan penggunaannya sebagai obat penyembuh luka. Namun selain untuk luka, lidah buaya juga punya manfaat sebagai anti-inflamasi, anti-mikroba, anti-virus, dan antioksidan.

Lidah buaya mengandung vitamin B-12, kalsium, magnesium, zink, vitamin A, C, E, dan asam lemak esensial. Juga mengandung enzim, karbohidrat, dan sterol, yang dianggap turut berperan pada manfaat anti-inflamasinya.

Bagian gel dari lidah buaya dianggap aman digunakan untuk dioleskan ke kulit. Namun ada beberapa orang yang alergi atau iritasi terhadap lidah buaya, jadi sebaiknya tes dulu sedikit ke kulit pergelangan tangan dan tunggu 24 jam apakah ada reaksinya. Jika tidak ada reaksi, maka Anda aman untuk menggunakannya.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Gel Lidah Buaya

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya asli atau gel lidah buaya yang sudah dikemas, tapi pastikan itu terbuat murni 100% dari gel lidah buaya.

Oleskan gel lidah buaya itu ke seluruh area kulit dimana Anda melihat gejala-gejala gatal dan bentol. Biarkan beberapa menit sampai mengering sendiri sebelum Anda memakai pakaian di atas area kulit itu.

Anda bisa mengoleskan kembali gel lidah buaya setiap beberapa jam untuk melihat apakah obat alami ini membantu mengatasi gejala alergi Anda. Dua kali sehari seharusnya cukup untuk melihat hasilnya.

Obat Gatal Alergi Bentol Kulit: Minyak Kelapa

Minyak kelapa, yang diekstrak dari daging kelapa dan santan kelapa, telah berabad-abad digunakan secara tradisional di negeri-negeri tropis sebagai minyak goreng dan sebagai pelembap kulit. Minyak ini punya sifat antiseptik dan anti-inflamasi.

Jenis minyak kelapa murni (virgin coconut oil) memiliki kandungan yang punya sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-inflamasi, dan sifat penyembuhan. Sifat-sifat tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gatal dan bentol di kulit.

Meski begitu, ada orang yang alergi atau iritasi terhadap minyak kelapa. Jadi cobalah tes dulu sedikit ke kulit pergelangan tangan, dan tunggu 24 jam untuk melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi, berarti Anda aman menggunakannya.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol dengan Minyak Kelapa Murni

Gunakanlah jenis minyak kelapa yang murni (virgin coconut oil) untuk memastikan tidak ada bahan kimia tambahan di dalamnya yang bisa mengiritasi kulit.

Langsung oleskan minyak kelapa murni ke kulit yang mengalami gatal dan bentol. Oleskan sedikitnya 2 kali sehari. Minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembapan kulit serta mengurangi inflamasi (peradangan) di kulit yang alergi.

Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit sebelum tidur malam, dan membiarkannya semalaman selagi tidur, untuk penyerapan yang maksimal.

Kesimpulan tentang Obat Gatal Alergi Bentol Kulit

Ada banyak cara tradisional untuk mengobati alergi kulit bentol yang telah dilakukan orang selama bertahun-tahun, bahkan ada yang sampai berabad-abad. Saat ini cara-cara tradisional itu sedang terus diselidiki oleh penelitian ilmiah untuk melihat apa yang sebenarnya membuat bahan-bahan rumahan itu ampuh.

Artikel ini hanya mengupas beberapa pilihan rumahan yang dapat meredakan bentol dan gatal di kulit. Ada banyak bahan-bahan rumahan dan alami lainnya yang juga mungkin dapat membantu. Bahan-bahan alam tersebut dapat menjadi solusi alternatif dari obat kimiawi yang sering kali lebih mahal.

Namun ada pengingat mengenai penggunaan cara tradisional. Ada beberapa cara yang belum diteliti secara menyeluruh untuk keamanannya. Dan setiap orang bisa punya reaksi yang berbeda. Jadi apabila Anda tidak mengalami perubahan baik setelah dalam suatu jangka waktu menggunakan salah satu cara tradisional, atau justru bertambah parah, sebaiknya hentikan penggunaan.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai obat gatal alergi bentol kulit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan dan pemanfaatan bahan alami hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. Skin Allergy Home Remedies. URL: https://www.healthline.com/health/skin-allergy-home-remedy

Healthline. 10 Easy Home Remedies for Rashes. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-rashes

Healthline. Is Aloe Vera an Effective Treatment for Rashes?. URL: https://www.healthline.com/health/skin/aloe-vera-for-rash

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>