Share:

Tahukah Anda jika kestabilan mental perlu dijaga? Kestabilan atau stabilitas berarti seimbang. Kondisi ini perlu dijaga dengan baik, mengapa? Mungkinkah untuk meningkatkan stabilitas dengan herbal? Adakah herbal untuk tingkatkan stabilitas yang cukup efektif? Bagaimana dengan konsumsi Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas?

Dalam atikel ini, Anda akan melihat alasan pentingnya menjaga stabilitas diri dan bagaimana cara meningkatkan stabilitas tanpa obat. Memang beberapa orang cenderung meningkatkan stabilitas dengan obat tertentu. Ada yang bahkan mencoba tetap stabil dengan cara yang salah. Penggunaan obat untuk tingkatkan stabilitas dapat berisiko merusak organ tubuh jika tidak dilakukan sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter. Bagaimana dengan konsumsi Noni Juice sebagai obat peningkat stabilitas?

Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Stabilitas Terbaik, Benarkah?


Seseorang dikatakan stabil jika ia tetap konsisten terhadap keseluruhan pola hidupnya. Baik saat berbicara atau bertindak, seseorang yang tidak stabil secara psikologi dapat berpotensi mengalami gangguan mental. Ketidakstabilan diri dapat terjadi saat seseorang mengalami stres atau depresi, hal ini ditandai dengan beragam gejala. Mulai dari kesulitan berkonsentrasi, meningkatnya kecemasan dan mudah panik, perubahan kepribadian yang terlihat lebih ekstrim dibandingkan biasanya, hingga mengalami halusinasi.

Seseorang yang mengalami ketidakstabilan mental dapat berpotensi mengalami berbagai gangguan mental ataupun gangguan psikologi. Apabila Anda tak dapat menangani kondisi ini dengan baik, maka konsultasi dengan dokter psikologi merupakan cara terbaik untuk mengembalikan kestabilan mental. Pada tahap stres atau depresi Noni Juice dapat membantu meningkatkan stabilitas mental agar Anda merasa lebih baik.

Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas bekerja seperti antidepresan. Efek antidepresan dari Noni Juice diselidiki secara in-vitro bersama dengan bioassay Monoamine Oxidase (MAO) A dan B. Bioassay merupakan metode analitis untuk menentukan konsentrasi atau potensi suatu zat dan pengaruhnya terhadap sel-sel hidup atau jaringan. Monoamine Oxidase (MAO) merupakan enzim dalam tubuh yang terlibat dalam fungsi perpindahan zat-zat neurotransmitter yang terdiri dari norepinefrin, serotonin, dan dopamin yang berasal dari otak.

Baca juga  Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Mood

Pengujian dilakukan dengan melakukan ekstraksi etil asetat pada Noni Juice bersama dengan penghambat (inhibitor) MAO-A dan B, masing-masing  senilai 78 dan 49%. Lalu, studi fitokimia yang paling aktif diekstrak dan diisolasi menjadi sembilan senyawa, salah satunya ialah quercetin dan lignan yang mampu menghambat enzim MAO saat mengalami stres atau depresi. Temuan ini menunjukkan bahwa Noni Juice merupakan inhibitor MAO-A dan MAO-B alami, melibatkan efek sinergis dari beberapa komponen aktif.

Berdasarkan penelitian tersebut, maka tak mengherankan jika upaya meningkatkan stabilitas dengan herbal Noni Juice merupakan hal yang mungkin untuk dilakukan. Penggunaan herbal untuk tingkatkan stabilitas merupakan cara yang aman, karena kandungan alaminya berasal dari alam. Mari kita lihat, apa saja kandungan alami Noni Juice yang berpotensi membantu kestabilan mental Anda.

Kinerja Noni Juice Sebagai Herbal Peningkat Stabilitas

Noni juice sudah digunakan secara tradisional untuk membantu proses pemulihan diri dari berbagai penyakit termasuk gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf pusat. Penelitian mengenai efek anti-psikotik Noni Juice telah menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terkait dengan gangguan perilaku dan menunjukkan potensi pemulihan dari gangguan kejiwaan. Selain itu, Noni Juice memiliki efek terapeutik yang dapat membantu pemulihan dari kerusakan otak. Sehingga dapat mencegah stres iskemik serebral tanpa mempengaruhi enzim dan antioksidan tubuh.

Noni Juice juga memiliki pengaruh yang kuat dalam membantu pemulihan dari gangguan memori. Studi penelitian yang dilakukan terhadap subjek dengan fungsi memori yang lemah menunjukkan bahwa konsumsi rutin Noni Juice dapat mendorong aliran darah otak agar berjalan tanpa hambatan, sehingga fungsi memori dapat ditingkatkan. Penelitian terbesar yang dilakukan oleh Dr. Neil Salomon memperlihatkan bahwa ada 73% yang merasakan kestabilan mental dari 5.543 orang yang mengonsumsi Noni Juice.

Noni Juice dapat membantu pemulihan diri dari gangguan kecemasan dan depresi. Noni Juice telah terbukti dapat ditoleransi, bahkan pada dosis tinggi (West et al., 2009). Di antara populasi pedesaan Pasifik Selatan, Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas dianggap berguna untuk pemulihan diri dari gangguan kecemasan dan depresi (Pande et al., 2005). Laporan penelitian berikut ini memungkinkan mekanisme in-vitro yang bertanggung jawab terhadap efek anti-depresan dan anti-kecemasan dalam upaya meningkatkan stabilitas dengan herbal Noni Juice.

Sampai hari ini, senyawa alami yang berhasil diisolasi dan diidentifikasi dari Noni Juice ialah: asam amino, antrakuinon, coumarin, asam lemak, flavonoid, iridoid, lignan, polisakarida, sterol, gula, senyawa yang mengandung sulfur, dan terpenoid (Deng et al., 2007; Pawlusand Kinghorn, 2007). Dalam penelitian lainnya, Noni Juice dan bahan-bahan alami tertentu (quercetin dan lignan) dievaluasi untuk efek penghambatan terhadap enzim MAO A dan B secara in-vitro. Mari kita lihat kinerja Noni Juice, herbal untuk tingkatkan stabilitas berikut ini!

“Quercetine” Pada Herbal Peningkat Stabilitas

Salah satu kandungan Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas ialah quercetine yang merupakan komponen bioflavonoid. Ini adalah senyawa alami yang terdapat dalam tanaman dan bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Seseorang yang sedang mengalami stres dan depresi sangat mudah mengalami peradangan atau inflamasi. Tak heran jika Noni Juice disebut sebagai herbal untuk tingkatkan stabilitas yang layak dipertimbangkan. Mengingat kandungan quercetine bekerja sebagai anti peradangan sekaligus meningkatkan kestabilan mental.

Secara umum kandungan quercetine digunakan dalam pengobatan “Schizophrenia”, yaitu gangguan mental jangka panjang yang melibatkan pikiran, emosi, dan perilaku. Gangguan mental tersebut menarik penderitanya kedalam persepsi yang salah, tindakan atau perasaan yang tidak pantas, penarikan diri dari realitas, membentuk hubungan pribadi dalam wujud fantasi atau khayalan, dan mengalami perpecahan secara mental. Itulah manfaat quercetine dalam upaya meningkatkan stabilitas dengan herbal Noni Juice.

“Lignan” Penunjang Herbal Peningkat Stabilitas

Sebuah studi fitokimia dari Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas yang dilakukan di Tahiti melakukan isolasi terhadap dua komponen lignan baru, yaitu: (+)-3,4,3′, 4′-tetrahydroxy-9,7’alpha-epoxylignano-7 alpha,9′-lactone dan (+)-3,3′-bisdemethyltanegool. Penemuan kedua struktur komponen herbal untuk tingkatkan stabilitas ini dilakukan dengan teknik spektroskopi. Kedua senyawa ini menunjukkan kemampuannya dalam menghambat 5- dan / atau 15-lipoxygenase, dengan nilai IC50 mulai dari 0,43 hingga 16,5 mikroM.

Enzim 5-lipoksigenase (5-LOX) merupakan enzim yang berperan dalam oksidasi asam arakidonat (AA) menjadi leukotrien-leikotrien (LTs) pada proses terjadinya inflamasi dan penyakit terkait dengan sistem imun (seperti asma dan alergi), pertumbuhan kanker (terutama kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker prostat), serta penyakit kardiovaskuler (seperti arterosklerosis dan stroke) — Werz, 2002; Helgadotti dkk., 2004; Romano & Claria, 2003. Senyawa ini menjadi alasan lain pentingnya meningkatkan stabilitas dengan herbal.

“Scopoletin” Pelengkap Herbal Peningkat Stabilitas

Scopoletin merupakan kandungan Noni Juice yang sangat bermanfaat bagi sistem peredaran darah. Senyawa alami ini sanggup memperlancar aliran darah dengan cara memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah yang dilaluinya. Kinerja scopoletin sama dengan senyawa antiinflamasi atau anti peradangan yang mencegah terjadinya kerusakan lebih banyak lagi. Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas memerlukan kandungan ini, agar saluran pembuluh darah menuju otak dapat bekerja dengan baik dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan otak.

Bukan itu saja, kandungan herbal untuk tingkatkan stabilitas ini juga bekerja sebagai penghambat (inhibitor) sebagian MAO-B selektif. Pengobatan yang menggunakan senyawa scopoletin secara signifikan mampu meningkatkan tingkat dopamin otak dan mengurangi DOPAC metabolit pada striatum. Singkatnya, meningkatkan stabilitas dengan herbal yang mengandung kandungan ini dapat memengaruhi kinerja pengiriman dan penerimaan sinyal dalam otak untuk bekerja sebagaimana mestinya.

Demikianlah kinerja kandungan Noni Juice sebagai herbal peningkat stabilitas. Keberadaan senyawa alami dalam Noni Juice memperlihatkan bahwa meningkatkan stabilitas dengan herbal adalah upaya yang bisa dilakukan setiap orang. Secara in-vitro, Noni Juice terbukti sebagai herbal untuk tingkatkan stabilitas hingga taraf tertentu. Namun, pada tahap yang parah adakalanya mereka yang mengalami ketidakstabilan mental perlu melakukan kunjungan dokter. Sehingga pengobatan dapat diberikan dengan akurat.

Baca juga  Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Massa Otot

Noni Juice merupakan herbal bukan obat kimia atau sintetis. Namun, kemampuan Noni Juice sebagai obat peningkat stabilitas membuat beberapa orang menyangkanya sebagai obat. Meningkatkan stabilitas dengan obat tidak sama dengan penggunaan herbal. Kinerja herbal pada umumnya berlangsung secara bertahap, sehingga cocok digunakan sebagai tindakan pencegahan dan pendukung proses pemulihan diri dari serangan penyakit. Semua jenis pengobatan, baik konsumsi obat untuk tingkatkan stabilitas ataupun herbal adalah pilihan Anda.

Daftar Pustaka:

Shixin Deng dan Brett J. West. 2011. Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences 3(2): 79-83, 2011. ISSN: 2040-8773. URL: https://www.researchgate.net/publication/268415355. Diakses 2018-11-23.
Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.