Menjelaskan Askep Tumor dengan Gamblang


By Fery Irawan

Asuhan Keperawatan (Askep) Tumor adalah pedoman dalam memberikan pelayanan bagi pasien yang mengidap penyakit tumor. Askep tumor inilah yang menjadi penuntun bagi perawat setiap akan melakukan tindakan pada pasien penderita tumor.

Askep tumor banyak macamnya, bergantung dari jenis penyakit tumor yang diderita. Ada askep tumor otak, ada askep tumor payudara, ada askep tumor kolon, sampai askep tumor paru.

Banyaknya askep tumor tersebut memang sesuai dengan jenis dan ciri dari tumor. Sebab tiap penyakit tumor tidak bisa disamaratakan. Masing-masing perlu penanganan sendiri-sendiri.

Tahapan Askep Tumor

Tahapan dalam askep tumor meliputi pengkajian, diagnosa, perencanaan, tindakan,dan evaluasi. Tahapan-tahapan tersebut dibuat dengan tujuan supaya tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasien dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Tahap pengkajian merupakan awal dari proses keperawatan pada pasien tumor. Dalam askep tumor, data-data mengenai pasien dikumpulkan. Pasien tumor dilihat bagaimana keadaan dan kondisinya. Semua kondisi pasien diamati secara cermat.

Berikutnya dalam askep tumor adalah tahap diagnosa. Pada tahap ini, masalah-masalah yang dihadapi pasien maupun potensi perkembangan penyakit yang diderita didiagnosa secara tuntas.

Data-data yang diperoleh dari tahap pengkajian didiagnosa untuk mendapatkan gambaran sesungguhnya tentang kondisi pasien. Selanjutnya adalah tahap perencanaan tindakan perawatan.

Dari hasil pengkajian dan diagnosa, kemudian disusunlah rencana tindakan yang harus dilakukan. Dalam askep tumor ini, rencana tindakan tersebut dibuat untuk mencapai tujuan yang diinginkan yang tak lain demi keselamatan pasien penderita tumor.

Berikutnya adalah tahap tindakan. Pada tahap ini dilakukan tindakan berdasarkan rencana tindakan keperawatan yang sudah dibuat. Misal, jika salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi kecemasan yang diderita pasien tumor, maka tindakan-tindakan yang dilakukan pun harus mengarah pada tujuan tersebut.

Tindakan yang dilakukan bisa seperti memberikan motivasi positif pada pasien, melakukan teknik relaksasi agar pasien merasa tenang, atau teknik-teknik lainnya. Semua tindakan tersebut tercatat pada rencana tindakan keperawatan dalam askep tumor.

Tahap terakhir dalam askep tumor adalah evaluasi. Tahapan ini untuk menilai apakah tujuan keperawatan yang dicanangkan sebelumnya bisa tercapai. Jika tercapai, maka berarti tindakan yang dilakukan berhasil. Namun jika tidak, dapat juga dibuat rencana lanjutan terhadap pasien tumor tersebut.

Penyembuhan Pasien dalam Askep Tumor

Bagaimanapun pasien penderita tumor menjadi inti perhatian dari perawat. Kesembuhan pasien adalah segalanya. Dalam askep tumor, hal itu diupayakan secara sungguh-sungguh dengan langkah-langkah yang terencana dan terukur sehingga diharapkan pasien tumor dapat sembuh.

Sebagaimana kita tahu, penyakit tumor tergolong penyakit berat. Tak sedikit orang yang sudah menjadi “korban” keganasan penyakit ini. Selain melalui perawatan medis yang dijelaskan dalam askep tumor, upaya lain untuk menyembuhkan penyakit tumor adalah melalui pengobatan Sarang Semut.

Obat herbal ini mengandung senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel tumor serta memberantas sampai ke akarnya. Teruskan membaca di Gejala Tumor yang Patut Anda Waspadai untuk mengetahui tanda-tanda apa saja yang muncul akibat tumor.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}