Gejala Tumor yang Patut Anda Waspadai


By Fery Irawan

Ada banyak jenis kasus tumor yang mungkin belum pernah Anda dengar dan ketahui. Tumor ini biasanya berkaitan dengan pembengkakan pada organ dalam manusia.

Jadi, wajar jika kita tak pernah bisa melihat ada benjolan atau pembengkakan di ginjal, paru-paru atau usus, karena selama ini kita hanya bisa melihat benjolan di bagian tubuh yang bisa diamati.

Namun, faktanya keberadaan tumor tidak hanya dideteksi karena adanya benjolan atau pembengkakan saja. Untuk itu, kita perlu ketahui gejala tumor selain pembengkakan (neoplasma). Mengapa kita perlu waspada dengan gejala tumor ini? Karena kesehatan sangat berharga, jadi jangan tunggu sampai kondisi Anda memburuk.

Gejala-Gejala Tumor

Ada beberapa gejala tumor yang mungkin tak pernah diperhatikan oleh penderita, misalnya sering merasa kedinginan, kelelahan, demam, kehilangan nafsu makan, merasa tak enak badan, banyak berkeringat di malam hari, dan penurunan berat badan yang terlalu cepat.

Untuk menghindari keadaan menjadi lebih buruk, tentunya penderita yang merasakan gejala-gejala tersebut harus segera menghubungi dokter dan meminta pemeriksaan lebih lanjut.

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa pada kenyataannya tidak semua penderita merasakan gejala tumor di atas. Dalam beberapa kasus, penderita tidak menampakkan gejala tumor apapun.

Kesehatan penderita akan bertambah buruk tanpa tahu apa penyebabnya, dan tahu-tahu ada jenis tumor tertentu yang sudah dalam keadaan stadium tiga atau lanjut. Yang membuat keadaan lebih buruk, tumor yang tak terdeteksi ini tak dapat dijangkau oleh pisau operasi untuk pengangkatannya.

Pengobatan Tumor Tanpa Operasi

Untuk penanganan tumor yang bisa dijangkau, metode operasi atau pendekatan bedahlah yang terbaik. Tapi, untuk tumor yang terdeteksi menyerang organ dalam seperti paru-paru, ginjal, atau usus, harus ada pendekatan lain yang dilakukan.

Selama ini secara medis digunakan cry-o-surgery untuk menon-aktifkan tumor di area-area seperti dicontohkan di atas. Metode ini menggunakan nitrogen cair untuk membekukan tumor, atau ada pula yang menggunakan zat radioaktif untuk merusak sel tumor.

Pengobatan non-surgery atau operasi tentu lebih mahal, karena perawatannya mungkin lebih dari satu atau dua kali dan menggunakan zat kimia yang tak murah harganya.

Itulah kenapa banyak orang dengan gejala tumor yang tak bisa sembuh dengan jalan operasi beralih ke pengobatan natural atau herbal. Beruntung penelitian terhadap tanaman dan obat-obatan tradisional telah berkembang pesat sehingga kita temui tanaman Sarang Semut sebagai alternatif pengobatan tumor, atau temulawak untuk pengobatan kanker hati.

Akan tetapi, satu hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi obat-obatan alami atau herbal ini. Sebaiknya, pengobatan ini tetap berjalan mendampingi pengobatan secara medis, mengingat kondisi kesehatan Anda harus dipantau untuk mengetahui berhasil atau tidaknya tumor ini dilumpuhkan.

Kunjungi juga halaman Ciri dan Gejala Tumor Jinak Serta Pengobatannya untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut seputar tumor.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}