Menghadapi Kanker: Tetap Kuat Bersama Penderita Kanker

503
Shutterstock

Diedit:

Dalam perjuangan melawan kanker bersama orang yang Anda kasihi, sangat penting untuk memperkuat kekuatan emosi dan fisik Anda. “Jadilah Batu”! Setidaknya, itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan peranan yang harus Anda jalankan saat ini dan yakinlah bahwa Anda bisa menunjukkannya pada orang yang Anda sayangi dengan berbagai cara.

Namun, menjadi “batu” tidak berarti Anda harus selalu menjadi seseorang yang tegap, tanpa emosi, dan tidak berperasaan. Menjadi “batu” berarti tetap menjaga tingkah laku dan memberikan dukungan yang konsisten.

Misalnya, dengan menangis bersama, tertawa bersama, merencanakan sesuatu bersama—apapun yang dibutuhkannya, tetapi pastikan bahwa Anda juga memiliki dukungan bagi diri sendiri karena ini akan menjadi perjalanan yang melelahkan bagi semua yang terlibat di dalamnya, tidak hanya sang penderita. Dan, sadarlah bahwa menjadi pendukung tidak berarti Anda harus memecahkan setiap masalah yang ada.

Memang, sebagai orang terdekatnya, Anda pasti ingin membuat segalanya menjadi lebih baik bagi penderita kanker, memberikan solusi untuk setiap masalahnya, dan membantunya melupakan penderitaannya.

Tetapi, ini adalah titik dalam hidup Anda, dimana Anda harus mengakui bahwa Anda tidak bisa memecahkan semua masalah yang ada. Ingatlah bahwa Anda juga manusia dan bukan pahlawan super (superhero).

Ketika orang yang Anda sayangi membutuhkan bantuan Anda, Anda juga akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Dan, merupakan hal yang wajar untuk meminta bantuan dari orang lain.

Jika Anda membutuhkan bantuan tetangga untuk menyiapkan makanan dari waktu ke waktu, mintalah pada mereka. Jika Anda butuh tumpangan, mintalah.

Jika Anda butuh istirahat, mintalah pada orang yang Anda percayai untuk menggantikan Anda. Jika Anda memerlukan cuti dari pekerjaan, bicarakan dengan atasan tentang situasi Anda.

Baca juga:  10 Tips Jitu Mencegah Kanker

Ya, untuk tetap kuat, mempertahankan dukungan bagi diri sendiri merupakan satu-satunya hal utama yang dibutuhkan. Ini merupakan titik dimana Anda diharuskan menggali diri Anda lebih dalam dan mempelajari apa yang dapat membuat Anda kuat, apakah melalui doa, olah tubuh, berbagi pengalaman dengan orang lain, atau melalui pemberdayaan diri.

Kita akan membahas hal-hal tersebut lebih lanjut di dalam seri artikel ini. Namun, sejak awal, Anda perlu mencari di mana sumber kekuatan terbesar Anda dan mulailah dengan menggali sumber tersebut.

Selain itu, menggali keterangan dan informasi seputar penyakit kanker juga dapat sangat membantu Anda dan penderita kanker dalam membangun semangat dan harapan. Untuk melakukannya, bacalah tips-tips berguna dalam artikel Menghadapi Kanker—Cari dan Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin!