Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kenali lawan Anda Kenali lawan Anda Shutterstock

Menghadapi Kanker—Cari dan Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin!

Dalam menghadapi kanker, semakin banyak informasi yang Anda ketahui tentang kanker yang menyerang, semakin besar pula kekuatan, semangat, dan harapan yang bisa Anda peroleh untuk berjuang dalam pertarungan ini. Karena itu, dari menit pertama setelah mendapatkan diagnosis, mulailah ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Apa jenis kanker ini?
  • Sudah sejauh mana kanker ini berkembang?
  • Di bagian tubuh mana yang terserang kanker?
  • Sudahkah kanker menyebar ke bagian tubuh lain?
  • Apakah kanker ini bisa diobati? Jika iya, pengobatan apa yang tersedia? Jika tidak, pilihan dukungan apa yang tersedia?
  • Apa efek samping dari pengobatannya?
  • Siapa yang dapat dihubungi jika ada masalah?
  • Kapan waktu yang tepat untuk menghubungi dokter?
  • Adakah pilihan pengobatan lainnya?
  • Apakah diperlukan operasi?
  • Dimana pengobatan akan dilakukan?
  • Jika kanker ini bersifat genetik, haruskah anggota keluarga yang lain diperiksa?
  • Bantuan finansial apa yang tersedia? Apa saja yang akan dibiayai oleh asuransi?

Segeralah lakukan riset. Jelajahi informasi di internet atau bacalah buku-buku, bukan hanya mengenai pengobatan kanker, tetapi juga yang membahas dukungan yang dapat Anda berikan kepada orang yang Anda sayangi, yang dapat membantu Anda, keluarga Anda, dan kerabat lainnya.

Pertimbangkan juga untuk mencari tahu beberapa kelompok terapi yang dapat mendukung Anda. Ada banyak jenis kelompok-kelompok terapi yang tersedia untuk setiap jenis kasus yang berhubungan dengan kanker.

Dengan menggunakan mesin pencari Google, Anda seharusnya bisa mendapatkan bantuan dari kelompok-kelompok terapi yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Dan, apa yang Anda temukan bisa jadi mengejutkan.

Anda akan menemukan banyak kisah hidup dan mati penderita kanker. Boleh jadi, Anda akan menemukan orang-orang yang hidupnya berubah menjadi sangat menyedihkan setelah pengobatan dilakukan.

Sebaliknya, Anda juga dapat menemukan orang-orang yang sudah menjalani pengobatan dengan lancar dan mudah, bahkan kisah-kisah sembuh yang dapat memotivasi Anda dan semua yang terlibat di dalam pergulatan melawan kanker.

Cobalah untuk melihat semuanya dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan tetaplah senetral mungkin karena Anda baru saja memulai perjuangan Anda. Karena setiap kondisi penderita kanker berbeda, maka rencana pengobatan pun akan berbeda satu sama lain.

Yang bisa Anda lakukan adalah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi sehingga Anda bisa membantu penderita untuk mempertimbangkan berbagai pilihan pengobatan yang ada.

Namun, ingatlah bahwa ada banyak sekali informasi jadi jangan memaksa untuk mengambil semuanya dalam waktu bersamaan, tetapi cobalah untuk tetap terorganisir. Anda bisa mencatat, mencetak atau menyalin informasi-informasi yang penting.

Lalu, simpan dalam folder/map yang mudah dibawa ke tempat janji pertemuan dan dapat dengan mudah dilihat saat Anda menghubungi perusahaan asuransi, rumah sakit, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Baca semua yang berhubungan dengan jenis kanker yang sedang dihadapi dan apapun yang mungkin bisa muncul sebagai dampaknya.

Sigaplah atas pilihan-pilihan pengobatan yang berpotensi dan konsekuensi-konsekuensi yang mungkin ditimbulkan dari pengobatan tersebut.

Ketahui apa yang harus dilakukan dan kepada siapa bisa Anda bisa meminta bantuan jika Anda menghadapi masalah. Jika orang yang Anda sayangi akan menjalani kemoterapi atau radiasi, pelajarilah perbedaan-perbedaan jenis kemoterapi dan efek samping yang timbul.

Ingatlah, pengetahuan adalah kekuatan. Anda dapat merasa lebih kuat untuk menghadapi kanker dengan cara yang lebih baik setelah Anda dilengkapi dengan pengetahuan. Jadi, cobalah sebisa mungkin mempelajarinya.

Seraya waktu berlalu, kondisi tubuh penderita kanker bisa jadi menurun, dan tentu saja membutuhkan bantuan dari orang terdekat yang ia percayai untuk mengurus dokumen-dokumen kesehatannya. Artikel berikut, akan membantu Anda memahami legalitas dan advokasi untuk pasien kanker.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register