Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf bila deherba.com terasa lambat saat ini, karena sedang dilakukan perawatan server. Terima kasih atas pengertiannya.
Legalitas dan advokasi pasien kanker Legalitas dan advokasi pasien kanker Shutterstock

Menghadapi Kanker—Legalitas dan Advokasi untuk Pasien Kanker

Selama proses pengobatan kanker, akan ada waktu dimana orang yang Anda kasihi membutuhkan seseorang untuk menjadi advokatnya (Wakil). Jika Anda pasangannya atau keluarga terdekat yang bertanggung jawab untuk berbicara dengan dokter, menemani saat pengobatan/prosedur lainnya, bahkan membantu membayar atau menghubungi perusahaan asuransi, Anda pasti memerlukan beberapa dokumen guna mendukung Anda. Nah, simaklah tips-tips dalam artikel berikut yang akan membantu Anda menjalankan peranan sebagai wakil pasien yang legal.

Pertama, pastikan Anda dan orang yang Anda kasihi punya rencana yang jelas untuk berurusan dengan banyak hal. Mungkin ini adalah pembicaraan yang sulit, namun bagaimanapun tetap sangat diperlukan.

Dan lakukan itu sesegera mungkin, jangan menunda, bahkan untuk sebentar. Yang pasti, ini harus sudah dilakukan sebelum pilihan pengobatan apapun dilaksanakan.

Jika Anda keluarga terdekatnya, Anda harus tahu berbagai keinginannya—bagaimana dia ingin diperlakukan, apa yang diharapkan dari hidupnya, dan bagaimana dia ingin ditangani jika sesuatu terjadi padanya. Tentu saja, Anda wajib untuk legal secara hukum guna melakukannya.

Untuk menjadi seorang advokat/wakil, diperlukan komunikasi yang terbuka, bukan hanya dengan orang yang Anda sayangi, tetapi juga dengan para penyedia layanan kesehatannya.

Dokter yang menanganinya harus tahu keinginan-keinginannya yang dinyatakan secara jelas, dengan dokumen yang disusun oleh seorang ahli hukum.

Ini khususnya penting jika Anda adalah keluarga terdekat yang mungkin saja tidak diakui secara legal oleh negara, seperti “keluarga” yang hanya mempunyai marga yang sama, tetapi tidak berhubungan darah.

Dan, setiap anggota keluarga yang dilibatkan sebaiknya diberikan salinan dokumen resmi beserta salinan yang disimpan oleh pengacara keluarga. Dengan demikian, dokumen-dokumen ini dapat dengan mudah diperoleh dalam situasi tak terduga.

Apa Artinya Menjadi Advokat bagi Penderita Kanker?

Menjadi advokat bagi penderita kanker dapat berarti banyak hal. Misalnya, Anda harus ada bersamanya saat menjalani perawatan atau ketika Anda melihat sesuatu yang mengkhawatirkan atau ada prosedur yang terasa asing, Anda harus siap bertanya.

Menjadi advokat artinya Anda diharuskan mewakili suaranya ketika dia tidak bisa memutuskan sendiri. Anda harus menjadi mata, telinga, dan suara baginya. Karena itu, upayakanlah untuk mencari berbagai informasi penting yang dibutuhkan.

Namun, ingatlah bahwa menjadi advokat, bukan berarti Anda harus mengambil kebebasan pribadi dari orang yang Anda sayangi. Dalam hal ini, ia adalah 'bos' Anda dan sudah mempercayakan Anda untuk menjadi advokat baginya.

Jadi, jangan kecewakan kepercayaan itu. Dan, untuk menjadi advokat yang efektif, lakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan penderita dengan cara yang sopan, namun, tegas. Ya, dengan begitu, Anda bisa menjadi seorang advokat tanpa melewati batas.

Selanjutnya, pertahankan komunikasi yang baik. Tanyakan padanya apa yang dia inginkan dan apa yang perlu Anda lakukan baginya. Di atas semuanya, hormati keinginannya, khususnya bila ini mengenai keinginan-keinginan terakhirnya.

Membicarakan tentang surat wasiat dan rencana pemakaman memang tidak pernah mudah—bahkan dengan orang yang sehat. Tidak seorang pun yang suka menghadapi kematiannya sendiri, tetapi ketika seseorang dihadapkan pada diagnosis yang berpotensi mematikan, pembicaraan ini adalah hal yang wajib.

Patut diingat, Anda bukanlah mengatakan “kamu akan mati.” Anda hanya menyingkirkan satu lagi kekhawatiran orang yang Anda kasihi dengan mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan proses yang akan dilaluinya. Kenyataannya, beberapa orang mati tak lama setelah diagnosis atau pengobatan kanker dimulai, meskipun ada juga yang sembuh.

Peranan yang Anda jalankan sebagai advokat pasien, yakni dengan membantu orang yang Anda sayangi menempatkan urusan-urusannya dalam urutan yang benar, jelas dapat mengurangi stres yang mungkin dialami semua orang yang terlibat.

Nah, sebagai advokat penderita kanker, bagaimana Anda dapat tetap terorganisir guna memudahkan tugas dan tanggung jawab Anda? Artikel berikut dapat membantu Anda melakukannya.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register