Menghadapi Kanker: Bagaimana agar Tetap Kuat Secara Emosi?


By Fery Irawan

Harus diakui bahwa hal paling sulit yang harus dilakukan oleh banyak orang yang berada dalam perjuangan melawan kanker adalah mengendalikan emosi, dimana mereka harus belajar untuk menerima keberadaan kanker dalam kehidupan. Meski tidak merasakan langsung penderitaan penderita kanker, sebagai pendukung yang mengasihi mereka, kesehatan emosi Anda mau tidak mau jelas terpengaruh ketika melihat mereka merasa kesakitan, entah karena penyakit itu sendiri maupun efek tidak menyenangkan yang harus dirasakan penderita kanker akibat perawatan tertentu yang dijalaninya

Akan ada banyak hal yang terjadi pada diri Anda dan ingatlah agar tidak memaksa diri jika Anda tidak mampu melakukan semua hal yang Anda inginkan untuk orang yang Anda kasihi.

Dalam kondisi tersebut, tentu masuk akal untuk segera membangun ‘benteng pertahanan’ guna membantu Anda secara emosi. Beberapa hal berikut bisa jadi dapat menjadi bantuan besar bagi Anda.

Catatan Harian, Konseling, dan Kelompok Dukungan

Berbicara adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap kuat secara emosi. Jika Anda belum siap untuk berbicara pada seseorang, mulailah dengan menuliskan perasaan Anda dalam sebuah buku.

Sekadar menulis apa saja yang ada dalam benak dan hati Anda, ternyata terbukti ampuh mengurangi beban emosi yang Anda rasakan. Anda tidak perlu menjadi seorang penulis yang mahir untuk membuat catatan.

Cukup kenali hal-hal apa saja yang saat ini membuat Anda risau. Misalnya, Anda bisa bertanya pada diri sendiri: Bagaimana perasaan saya saat ini? Mengapa saya merasa seperti ini? Apa saja yang sedang saya khawatirkan?

Langkah-langkah praktis apa saja yang dapat saya lakukan untuk mengurangi kecemasan saya? Apa saja yang bisa saya harapkan? Dan bagaimana saya dapat mewujudkannya?

Dengan menulis hal-hal tersebut, boleh jadi Anda akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda dalam menghadapi berbagai pergulatan emosi yang Anda rasakan.

Namun, ingatlah untuk tidak berlarut-larut menyendiri. Anda bisa tetap menulis, tetapi Anda juga harus segera ‘keluar’ mencari dukungan. Ingatlah bahwa sekuat apapun Anda, Anda tetap manusia biasa yang diciptakan untuk bersosialisasi.

Banyak orang yang terpaksa berurusan dengan kanker merasakan bahwa sebuah kelompok dukungan atau terapis, dapat sangat membantu mengurangi stres dan menjaga emosi tetap stabil.

Anda dapat menemukan kelompok dukungan di lingkungan sekitar Anda. Jika Anda membutuhkan seorang terapis, dokter yang terlibat bisa diminta untuk rekomendasi yang tepat.

Berbicara dengan orang lain yang mengalami hal yang sama dapat membuat Anda tidak merasa sendirian. Apalagi, banyak dari mereka sudah menemukan cara-cara yang jitu untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang Anda hadapi sekarang. Ya, sadarilah bahwa saran dan dukungan mereka merupakan aset yang besar untuk Anda.

Artikel berikut akan membahas lebih spesifik mengenai bagaimana Anda dapat mengendalikan semua pikiran dan emosi Anda dengan seimbang. Mengapa tidak cukup jika Anda hanya mengandalkan catatan Anda untuk bertahan melawan kanker?

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}