Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Sisik Naga
  • Khasiat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan, Mulai dari Sariawan Hingga Perdarahan

Khasiat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan, Mulai dari Sariawan Hingga Perdarahan


By Fery Irawan

Tak terhitung jumlah tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Sisik naga merupakan salah satu tumbuhan berkhasiat yang disediakan oleh alam. Terdapat beragam khasiat daun sisik naga bagi kesehatan, mulai dari mengobati sariawan hingga membantu menghentikan perdarahan.

Sisik naga (bernama latin Pyrrosia piloselloides) merupakan tanaman khas dari Asia Tropik yang memiliki bentuk yang tergolong unik. Sisik naga ini merupakan tumbuhan epifit dan biasanya tumbuh subur di hutan-hutan, ladang, daerah-daerah yang agak lembab sampai pada ketinggian maksimal 1.000 meter di atas permukaan air laut (dpl).

Tanaman ini memliki ciri jarak antara daun yang satu dengan daun yang lainnya tak begitu berjauhan, bertangkai pendek, akarnya rimpang panjang, dan dapat diperbanyak dengan cara spora dan pemisahan akar. Sedangkan sifat dari Sisik Naga ini ialah memiliki rasa yang manis, dingin, dan sedikit pahit.

Khasiat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan Anda

Tanaman sisik naga dipercaya memiliki aneka khasiat untuk kesehatan seperti untuk penyakit kanker payudara yang menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa, sakit kuning, TBC, sakit perut, sembelit, gonorhoe, stomatitis, mengobati penyakit kulit seperti kudis, kurap, dan lainnya.

Berbagai penelitian telah menunjukkan adanya khasiat daun sisik naga untuk kesehatan. Efek pengobatan yang dimungkinkan oleh daun sisik naga berasal dari senyawa-senyawa bioaktif yang secara alami dihasilkan oleh reaksi metabolisme tanaman ini, antara lain senyawa tannin, fenol, flavonoid, dan metabolit lainnya. Kebanyakan dari senyawa fitokimia ini memiliki efek pengobatan seperti anti-mikroba, antioksidan, dan anti-karsinogenik.

Adapun bagian tanaman yang biasanya digunakan untuk pengobatan ialah daun dan juga seluruh bagian tanaman (herba) segar atau yang telah mengalami pengeringan.

Beberapa indikasi pengobatan yang bisa dilakukan oleh sisik naga ini meliputi: TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening, sakit kuning, gondongan, disentri, batuk, abses paru-paru, TB paru yang disertai dengan batuk berdarah, kencing nanah, rematik, perdarahan seperti mimisan, berak berdarah, muntah darah atau perdarahan pada perempuan, dan kanker payudara.

ilustrasi cara mengolah daun sisik naga

Cara Mengolah Daun Sisik Naga Menjadi Obat

Cara mengolah daun sisik naga menjadi obat cukup mudah dan tak berbeda jauh dengan herbal yang lainnya. Untuk pemakaian obat yang diminum, Anda bisa merebus sekitar 20-60 gram daun sisik naga, kemudian air rebusannya tersebut diminum.

Sedangkan untuk penggunaan bagian luar tubuh, dengan menggunakan air rebusan herba (seluruh bagian tanaman) segar untuk mencuci kadas, kurap, kulit yang mengeluarkan nanah, luka berdarah atau radang kuku.

Herba sisi naga ini memiliki efek farmakologis dan hasil pemakaian ekstrak alkoholnya memiliki aktivitas dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli. Sedangkan ekstrak alkohol dan ekstrak airnya bisa menghambat pertumbuhan streptococcus aerous.

Di bawah ini adalah cara mengolah daun sisik naga untuk menjadi obat tradisional sejumlah masalah kesehatan.

Radang Gusi

Untuk Anda yang mengalami peradangan gusi, maka bisa mengunyah daun sisik naga setelah sebelumnya dicuci sampai bersih. Kemudian biarkan kunyahan tersebut sampai beberapa lama pada bagian gusi yang meradang tersebut. Lalu buanglah ampasnya. Anda bisa melakukannya antara 3-4 kali dalam sehari.

Sakit Kuning

Anda atau saudara yang mengalami sakit kuning bisa juga mengobatinya dengan sisik naga ini. Anda bisa menggunakan rebusan air sisik naga untuk diminum ½ gelas sebanyak 3 kali dalam sehari.

Sariawan

Anda menderita sariawan? Cuci sebanyak satu genggam daun sisik naga sampai bersih untuk kemudian direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian gunakanlah air saringan tersebut untuk berkumur.

Menghentikan Proses Perdarahan

Caranya dengan menggiling sekitar 30 gram daun sisik naga sampai halus. Selanjutnya, peras dan saringlah, kemudian airnya diminum. Lakukan hal tersebut sampai 3 kali dalam sehari.

Itulah beberapa  khasiat daun sisik naga untuk kesehatan dan cara mengolah daun sisik naga menjadi obat tradisional beberapa penyakit seperti TBC, sakit kuning, keluar nanah, dan lainnya. Penggunaan sisik naga sebagai herbal bisa menjadi alternatif pengobatan ketika obat-obatan kimia semakin melambung harganya.

Sumber

Arif, M.Z. & Nik Zainuddin, Nik Aina Syazana & Zakaria, I.S. & Wahab, W.N.A. & Sulain, Mohd. (2018). Phytochemical screening and toxicological evaluation of pyrrosia piloselloides extracts. International Medical Journal. 25. 177-180. URL: https://www.researchgate.net/publication/325735927_Phytochemical_screening_and_toxicological_evaluation_of_pyrrosia_piloselloides_extracts

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}