Manfaat Teh Hijau

167

Diedit:

Sebegitu bermanfaatnya teh hijau bagi kesehatan sampai-sampai para peneliti seolah berlomba-lomba untuk membuktikan khasiatnya. Bahkan seorang ilmuwan peneliti di bidang nutrisi Icahn School of Medicine di Mount Sinai Hospital, Christoper Orchner, berkata, “ini hal tersehat yang bisa terpikir oleh saya untuk diminum”. Apa yang membuat manfaat teh hijau begitu besar?

Tentu saja, tidak ada makanan maupun minuman apapun yang bisa melindungi Anda dari penyakit. Kesehatan Anda bergantung pada gaya hidup dan genetik. Jadi sia-sia jika Anda minum teh hijau sepanjang hari tapi tetap asyik merokok, malas olahraga, dan makan asal-asalan.

Apa manfaat terbesar teh hijau? “Semuanya berkaitan dengan kandungan katekin”, jata Beth Reardon, RD, seorang ahli nutrisi Boston. Katekin adalah antioksidan yang melawan dan bahkan mencegah kerusakan sel. Pembuatan teh hijau tidak melibatkan banyak proses, jadi masih banyak mengandung katekin.

Apa yang Diperlihatkan Penelitian Berkenaan dengan Manfaat Teh Hijau?

Teh hijau mampu memperbaiki peredaran darah dan mengurangi kolesterol. Sebuah tinjauan tahun 2013 untuk berbagai penelitian terhadap teh hijau menyimpulkan bahwa teh hijau sanggup mencegah beragam masalah jantung, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung kongestif.

Apa yang baik bagi jantung biasanya juga baik bagi otak—karena otak butuh pembuluh darah yang sehat juga. Suatu penelitian di Swiss mengungkapkan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau punya aktivitas yang lebih besar di wilayah otak yang mengolah memori. Teh hijau juga diperlihatkan mampu membantu menghambat pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer.

Teh hijau tampaknya juga bisa membantu menstabilkan kadar gula darah pada pengidap diabetes. Karena katekin bermanfaat mengurangi kolesterol dan tekanan darah, kandungan ini juga sanggup melindungi diri Anda dari dampak buruk makanan berlemak.

Baca juga:  Teh Hijau Bisa untuk Mengatasi Jerawat? Baca Selengkapnya Disini

Bagaimana dengan Manfaat Teh Hijau untuk Diet?

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa bahan aktif EGCG teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan, tapi beberapa penelitian lain tidak berhasil membuktikan efek ini. Meski begitu, teh hijau tetap jadi pilihan minuman yang lebih baik daripada minuman manis/bersoda.

Bagaimana dengan Efeknya Terhadap Kanker?

Teh hijau diketahui sanggup membantu pertumbuhan sel-sel sehat. Ada beberapa petunjuk bahwa teh hijau memang bisa membantu menghancurkan sel-sel kanker, namun manfaat teh hijau yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Jadi tidak dianjurkan untuk mencegah kanker hanya dengan mengonsumsi teh hijau.

Manfaat Teh Hijau untuk Menenangkan Diri

Menyeruput teh hijau bisa bikin Anda lebih tenang dan santai. Bahan kimia alami Teanin milik teh hijau memang dapat memberikan efek menenangkan.

Untuk menciptakan seduhan teh hijau yang berkhasiat, gunakan air panas bukan air mendidih. Karena suhu terlalu panas bisa menghancurkan katekin teh hijau. Selain semua manfaat diatas, ada satu manfaat teh hijau yang pasti Anda rasakan segera setelah meminumnya. Apa itu? Yakni dengan menikmati tea break, apalagi ditemani dengan suasana sore atau pagi hari yang penuh hembusan angin sejuk.