2 Manfaat Johar untuk Kesehatan Anda

746
Manfaat Johar
Sumber Gambar - Shutterstock

Diedit:

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak banyak yang tahu tentang tanaman Johar karena memang kurang familiar. Selain itu, pohonnya memang tidak sering dijumpai di sekitar kita. Namun, jangan salah, tanaman Johar ternyata merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat yang dahsyat. Apa saja manfaat johar bagi kesehatan Anda?

Dalam artikel ini Anda akan melihat manfaat johar untuk kesehatan. Penasaran dengan tanaman yang banyak manfaatnya ini? Mari, kita kenali lebih dekat 2 manfaat Johar untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Johar untuk Kesehatan

Tanaman Johar merupakan salah satu tanaman dengan batang pohon yang keras. Nama latinnya adalah Cassia siamea. Meskipun tidak banyak, umumnya pohon tanaman Johar ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman peneduh. Tinggi pohon Johar sekitar 2 hingga 30 meter.

Batang pohon yang dijuluki Siamea di Thailand ini memiliki bentuk yang lurus, dengan panjang yang tidak lebih dari 50 cm. Cabangnya membentuk tajuk yang padat dan membulat. Sedangkan, daunnya merupakan jenis daun yang mudah rontok. Tanaman Johar juga memiliki bunga yang tumbuh mengumpul di ujung ranting.

Panjang bunga tanaman Johar mencapai 60 cm dengan kelopak berbentuk oval. Mahkotanya berwarna kuning dan memiliki buah berbentuk polong. Selain ditanam sebagai tanaman peneduh, kayu tanaman Johar juga difungsikan sebagai bahan bangunan. Sedangkan yang sering dimanfaatkan sebagai herbal dari tanaman Johar adalah daun, akar, dan bijinya.

Daun tanaman Johar mengandung senyawa kimia seperti barakol, alkaloid, flavonoid, hingga tanin. Selain itu, akar tanaman Johar mengandung lupeol, betalin, dan diantrakinon. Sedangkan, biji tanaman ini mengandung minyak lemak dan sitosterin. Daun Johar mengandung senyawa kimia yang dapat memberikan efek hepatoprotektif.

Pengobatan Diabetes

Untuk mengobati kencing manis atau diabetes, Anda dapat memanfaatkan tanaman Johar untuk membuat ramuan herbal sendiri. Selain menghemat biaya, ramuan yang dibuat sendiri dapat dijamin kesegaran dan kealamiannya. Ramuan tanaman Johar untuk penyakit kencing manis:

Pengobatan Diabetes
Sumber Gambar – stockphoto
  • Siapkan daun Johar segar sebanyak kira-kira satu genggam, kemudian cucilah sampai bersih.
  • Rebus daun Johar yang sudah bersih ke dalam 220 ml air putih hingga mendidih dan airnya tinggal sisa separuhnya.
  • Jika sudah dingin, saringlah air rebusan Johar tersebut. Kemudian, minum sebanyak dua kali sehari sekitar satu gelas.

Itulah cara mengolah daun johar untuk pengobatan diabetes. Pastikan daun johar yang Anda gunakan benar-benar bersih dan bebas hama. Selain itu, perhatikan agar air yang digunakan bukanlah air yang telah terkontaminasi zat lainnya. Sehingga ini benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Pengobatan Malaria

Khasiat tanaman Johar kali ini akan lebih difokuskan pada pengobatan malaria. Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat ramuan dari tanaman Johar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Ramuan tanaman Johar untuk penyakit malaria:

Pengobatan Malaria
Sumber Gambar – Time
  • Siapkan daun tanaman Johar segar, kira-kira sebanyak satu genggam. Lalu, cucilah sampai bersih.
  • Rebus daun Johar dengan air putih sebanyak 220 ml hingga mendidih.
  • Minum rebusan daun Johar sebanyak dua kali sehari (200 ml). Minum terus selama tujuh hari. Setelah tujuh hari, frekuensi harus dikurangi menjadi satu kali sehari (cukup 100 ml saja).

Jika memperhatikan langkah-langkah pengobatan di atas, baik untuk kencing manis maupun malaria, ternyata bukanah hal yang sulit untuk membuat ramuannya. Khasiatnya juga dapat menghambat peningkatan aktivitas GPT-plasma dan kerusakan jaringan hati akibat CC14.

Hanya diperlukan keinginan dan kekonsistenan untuk mengobati kencing manis atau malaria yang diderita. Jadi, mulai sekarang gunakanlah tanaman herbal yang banyak tersebar di sekeliling kita, salah satunya tanaman Johar untuk mengobati penyakit malaria atau kencing manis, karena selain murah juga tidak memberikan efek samping.

Demikianlah info seputar manfaat johar untuk kesehatan, perlu diketahui bahwa herbal ini hanyalah penunjang pengobatan medis. Bukan sepenuhnya menghentikan serangan malaria ataupun diabetes.