Blog Herbal No. 1 Indonesia

Makanan untuk Tekanan Darah Rendah: Apa yang Dianjurkan dan Apa yang Dilarang?


By Cindy Wijaya

Tekanan darah rendah—di bawah 90/60 mmHg—bisa disebabkan banyak hal, termasuk penyakit atau masalah kesehatan yang diderita dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Sesekali memiliki tekanan darah rendah itu wajar, tapi kalau itu terus terjadi atau Anda mengalami gejala-gejala tak biasa seperti pingsan, penglihatan kabur, dan pusing, sebaiknya Anda periksa ke dokter.

Untuk tekanan darah rendah yang sesekali, Anda bisa melakukan penyesuaian gaya hidup untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengubah pola makan Anda. Apa yang Anda makan atau minum bisa sangat memengaruhi tekanan darah Anda. Dalam artikel ini akan dikupas apa saja makanan untuk tekanan darah rendah, juga apa saja makanan yang dilarang untuk darah rendah.

Makanan yang Dianjurkan untuk Darah Rendah

Salah satu yang dapat sangat membantu menaikkan dan menjaga tekanan darah normal adalah dengan minum air secara teratur.

Selain minum air, menambahkan asupan makanan yang lambat dicerna seperti serealia utuh, kacang-kacangan, protein, dan minyak sehat juga bisa menjaga tekanan darah tidak turun setelah makan.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi makanan untuk tekanan darah rendah.

Makanan yang Kaya Vitamin B12

Menurut lembaga kesehatan American Heart Association, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, yang memicu tekanan darah rendah.

Berikut adalah sejumlah makanan yang dapat menjadi sumber vitamin B12 yang baik: telur, ayam, ikan seperti tuna dan salmon, dan produk susu rendah lemak.

Makanan yang Kaya Folat (Vitamin B9)

Tubuh kita membutuhkan folat untuk membantu sel-sel membelah diri, memproduksi lebih banyak sel-sel sehat dan mencegah anemia parah.

Berikut adalah sejumlah makanan yang dianjurkan untuk darah rendah yang mengandung banyak folat: Brokoli, bayam, sayuran hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan hati sapi.

Makanan/Minuman Mengandung Kafein

Makanan dan minuman berkafein bisa meningkatkan detak jantung dan menaikkan tekanan darah sementara—terutama bagi orang-orang yang tidak biasa mengonsumsinya. (Sumber: Vascular Health and Risk Management)

Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein kalau Anda tidak biasa mengonsumsinya. Berikut adalah sejumlah minuman dan makanan yang mengandung kafein: Kopi, teh, dan cokelat.

Daging Merah

Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang paling banyak—membuatnya jadi rekomendasi makanan untuk tekanan darah rendah. (Sumber: artikel “What Foods Are Good If You Have Low Blood Pressure?” oleh MedicineNet)

Yang termasuk dalam daging merah umumnya adalah daging sapi, daging domba, daging kambing, dan daging kuda.

Makanan yang Dilarang untuk Darah Rendah

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menurunkan tekanan darah, dan sebaiknya dihindari oleh para penderita darah rendah.

Alkohol

Konsumsi alkohol bisa memicu dehidrasi, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Karena itu, alkohol menjadi makanan yang dilarang untuk darah rendah.

Makanan yang Banyak Karbohidrat

Porsi makanan besar dengan jumlah karbohidrat yang berlebihan dapat semakin menurunkan tekanan darah Anda. Ini terjadi karena tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mencerna makanan, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

Oleh sebab itu Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berkabohidrat tinggi dalam porsi-porsi kecil, yang sebaiknya dibagi menjadi beberapa kali makan—bukan sekaligus dalam jumlah besar.

Susu

Walaupun susu mengandung banyak zat gizi bermanfaat, tapi kandungan kalsium yang dimilikinya dapat memperlambat penyerapan zat besi di usus. Hal ini bisa memicu anemia, yang kemudian dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Memang hal itu tidak serta-merta membuat susu bukan makanan yang dilarang untuk darah rendah, namun sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi susu dan makanan kaya kalsium lainnya.

Pola Makan Vegetarian

Dari daftar makanan yang dianjurkan untuk darah rendah di atas, terlihat bahwa kekurangan protein dan vitamin B12 dapat membuat tekanan darah rendah.

Oleh sebab itu, orang-orang yang mengikuti pola makan vegetarian—yang tidak mengonsumsi daging sumber protein dan vitamin B12—rentan mengalami darah rendah.

Makanan Rendah Natrium

Makanan dengan kandungan natrium sangat penting untuk penderita darah rendah. Oleh sebab itu, makanan yang rendah natrium menjadi makanan yang dilarang untuk darah rendah. Jika selama ini Anda mengonsumsi makanan yang hanya sedikit garam, cobalah tambahkan sedikit garam ke dalam masakan Anda.

Tips-Tips Lain untuk Menaikkan Tekanan Darah Rendah

Selain mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah, ada tips-tips lain yang bisa Anda upayakan untuk meningkatkan tekanan darah.

  • Kalau Anda berolahraga di luar ruangan dalam suhu yang panas, pastikan untuk sering-sering beristirahat dan minum lebih banyak air.
  • Hindari terlalu lama berada dalam sauna, kolam air panas, dan ruang uap yang dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Jangan cepat-cepat mengubah posisi (misalnya dari posisi berbaring atau duduk ke posisi berdiri).
  • Hindari istirahat terlalu lama di tempat tidur.
  • Kenakan stokign kompresi, yang membantu darah bergerak kembali ke atas dari kaki.

Apabila upaya Anda tidak berhasil meski sudah mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk darah rendah dan menghindari makanan yang dilarang untuk darah rendah, serta mengupayakan tips-tips lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Dokter bisa membantu memastikan apa sebenarnya penyebab tekanan darah Anda rendah. Jika ada masalah kesehatan yang diderita, dokter bisa memberi saran perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang makanan untuk tekanan darah rendah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga informasi-informasi menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}