7 Cara Gampang untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

554

Diedit:

Selama ini kebanyakan orang memandang masalah terbesar dari tekanan darah adalah ketika tekanan darah tengah tinggi. Padahal masalah besar juga bisa muncul akibat tekanan darah rendah. Dan karenanya penting pula untuk Anda memahami bagaimana cara gampang dan cepat untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah bisa dialami siapapun tanpa ada batasan umur, sama seperti tekanan darah tinggi. Memang, lebih dari separuh kasus tekanan darah rendah terjadi pada mereka yang berada berusia di atas 40 tahun. Namun tekanan darah rendah juga bisa terjadi pada anak-anak dan akan menghambat pertumbuhan dan aktivitas mereka sehari-hari.

Pada umumnya tekanan darah rendah akan menyebabkan seseorang gampang lelah dan lesu. Beberapa orang akan mudah kehilangan kesadaran, limbung dengan pusing yang sangat, hingga penglihatan yang kabur.

Banyak penderita dari tekanan darah rendah tidak cukup menyadari keberadaan penyakit ini meski mereka mulai mengeluhkan sering pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Beberapa pasien akan mengeluhkan cepat lelah dan mengantuk, yang sebenarnya merupakan akibat darah tidak tersampaikan dengan baik ke area otak karena tidak cukup tekanan untuk mengalir ke atas melawan sistem gravitasi.

Lalu, bagaimana cara gampang mengatasi tekanan darah rendah untuk dilakukan sendiri di rumah? Berikut 7 di antaranya.

1. Tambahkan garam

Kalau penderita penyakit tekanan darah tinggi disarankan menghindari garam, maka penderita tekanan darah rendah justru disarankan untuk makan lebih banyak garam. Garam akan membantu menormalkan kondisi tekanan darah. Masalah tekanan darah selalu berkaitan dengan kadar air dan konsentrasi serta keseimbangan elektrolit dalam darah. Dan pada penderita darah rendah, kadar garam dalam darah terlalu rendah sehingga tidak cukup mampu menyerap banyak air menuju darah. Darah tidak cukup cair sehingga tekanan tidak dapat maksimal.

2. Tambahkan asupan zat besi

Kebanyakan kasus tekanan darah rendah juga berkaitan dengan jumlah sel darah merah yang tidak cukup. Dan salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menambah asupan zat besi. Anda bisa menambahkan asupan sayuran seperti bayam yang kaya zat besi. Namun akan lebih baik untuk menambahkan asupan makanan dan buah dengan kandungan warna merah tua yang kuat, warna ini biasanya menyertai semua jenis makanan dengan kandungan zat besi tinggi seperti akar bit, buah naga, beras merah, bayam merah, kubis merah, dan ayam kampung.

3. Tambahkan asupan vitamin B kompleks

Selain zat besi, Anda membutuhkan vitamin B kompleks untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Ini bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran hijau, buah dengan aroma dan rasa kuat termasuk beberapa jenis buah segar dengan warna gelap, buah kering seperti kurma kering dan kismis, beberapa jenis daging merah, gandum dan beras utuh, serta dari biji-bijian.

4. Bawang putih

Bawang putih selama ini dikenal sebagai salah satu herbal untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Rupanya bawang putih juga bisa bekerja ganda sebagai obat herbal darah rendah. Bawang putih menstabilkan tekanan darah dengan bekerja pada sistem kardiovaskular. Fungsinya membantu detak jantung dan sistem kardiovaskular bekerja normal sehingga menjaga stabilitas tekanan darah. Tak heran jika bawang putih juga mampu mengatasi tekanan darah rendah.

5. Air putih

Salah satu masalah yang sering tidak disadari oleh penderita darah rendah adalah kurang minum air putih dalam keseharian. Ini membuat konsentrasi air dalam darah berkurang dan meningkatkan konsentrasi kalium dalam darah. Kalium akan menyebabkan darah cenderung menurunkan intensitas tekanannya. Karenanya penting untuk membantu menambah asupan air putih agar konsentrasi air dalam darah jadi normal lagi.

6. Kacang almond

Satu lagi asupan yang ternyata bisa bekerja ganda untuk membantu mengembalikan stabilitas tekanan darah sehingga bisa bermanfaat untuk darah tinggi maupun darah rendah. Kacang almond bekerja pada pembuluh darah dengan mengangkat endapan kolesterol dan meningkatkan kelenturan pembuluh darah. Sekaligus juga membantu meningkatkan fungsi peristaltik otot pembuluh darah serta otot jantung sehingga membantu daya dorong darah.

7. Sari Buah Mengkudu (Noni Juice)

Kandungan Noni Juice cukup unik dalam membantu mengatasi tekanan darah rendah. Dalam Noni Juice terdapat kalium atau potasium yang berkhasiat menurunkan tekanan darah. Tetapi juga mengandung vitamin B kompleks yang membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, Noni Juice mengandung scolopetin yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan memiliki terpenoid yang memperbaiki fungsi pembuluh darah sehingga herbal ini berkhasiat bagi darah tinggi maupun darah rendah.

Rupanya Anda bisa mengatasi keluhan tekanan darah rendah hanya dengan mengubah pola makan dan rutin konsumsi bahan-bahan makanan yang gampang diperoleh. Tekunlah dalam usaha untuk mengatasi tekanan darah rendah dan Anda akan merasakan efeknya hanya dalam beberapa minggu. Anda pun tidak perlu lagi sering merasa pusing-pusing dan gampang capek yang sangat mengganggu itu.

Baca juga:  7 Gejala Darah Rendah: Waspadai Keluhan Pusing, Kelelahan, Kurang Konsentrasi, dll
Advertisement
Alinesia