Blog Herbal No. 1 Indonesia

Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan: Ketahui Anjuran dan Pantangannya!


By Cindy Wijaya

Mengalami radang tenggorokan bisa sangat menjengkelkan. Rasa sakit dan iritasinya sendiri sudah cukup mengganggu, ditambah lagi juga sulit untuk makan atau menelan sesuatu. Beruntung ada banyak hal yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan gejalanya, termasuk memilih makanan dan minuman yang tepat.

Ada jenis makanan dan minuman yang dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan dan mencegah iritasi lebih lanjut. Tetapi ada juga yang justru dapat memperparah gejala dan menambah iritasi yang sudah terjadi.

Apa saja anjuran dan pantangan makanan untuk penderita radang tenggorokan? Simaklah apa saja itu dalam artikel ini.

Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan

Pertama-tama mari perhatikan apa saja makanan dan minuman yang dapat membantu meringankan radang tenggorokan. Jenis-jenis makanan dan minuman ini mudah dikunyah, gampang ditelan, dan nyaman di tenggorokan.

Teh Hangat

Minuman yang hangat, seperti teh, bisa menenangkan gejala-gejala di tenggorokan. Selain itu juga membantu menjaga kelembapan tenggorokan, yang dapat meredakan iritasi.

Sebuah penelitian di tahun 2016 yang dimuat di jurnal Anesthesiology and Pain Medicine menunjukkan bahwa berkumur dengan teh hijau dapat meredakan sakit tenggorokan, karena teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan).

Madu

Saat mengalami radang tenggorokan cobalah tambahkan 1 – 2 sendok teh madu ke dalam teh hangat, atau telan saja langsung 1 sendok teh madu.

Madu telah terbukti dalam penelitian (dimuat di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine) memiliki manfaat pengobatan, termasuk kemampuan untuk membantu mencegah infeksi.

Lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga merekomendasikan penggunaan madu untuk meredakan sakit tenggorokan, terutama jika gejalanya juga disertai batuk-batuk.

Namun jangan pernah berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun karena ada risiko botulisme, yang dapat berakibat fatal.

Sup

Sup merupakan salah satu makanan untuk penderita radang tenggorokan yang sangat menenangkan, karena hangat dan mudah untuk ditelan.

Ada juga bukti penelitian (dimuat dalam jurnal Chest) yang menunjukkan bahwa sup dapat meningkatkan aktivitas sitem imun dan memperbaiki infeksi saluran pernapasan bagian atas yang mungkin menjadi penyebab radang tenggorokan.

Jadi, jika Anda radang tenggorokan karena infeksi atau hanya ingin meredakan sakit Anda, coba buat sup ayam. Jika Anda vegetarian, bisa membuat sop sayur-sayuran sebagai gantinya.

Es Krim atau Es Loli

Ternyata Anda masih bisa makan makanan dingin saat radang tenggorokan. Ya, es krim atau es loli dapat menjadi makanan untuk penderita radang tenggorokan karena bisa membuat tenggorokan mati rasa sementara dan membantu meredakan rasa sakit.

Akan tetapi sebaiknya jangan makan yang terlalu banyak gula, sebab gula dapat mencegah sistem imun untuk memulihkan tubuh Anda jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi.

Jus Tanpa Gula

Kalau Anda punya blender di rumah, buatlah jus dari buah-buahan, sayuran, yogurt, dan es. Tekstur jus yang lembut dan dingin akan terasa menenangkan sakit tenggorokan Anda, dan juga Anda bisa mendapat zat gizi darinya.

Usahakan untuk mengggunakan buah-buahan rendah gula, seperti buah beri-berian, dan banyak sayuran hijau untuk mendukung sistem imun Anda.

Oatmeal

Karena oatmeal juga mudah ditelan maka ini termasuk anjuran makanan untuk penderita radang tenggorokan. Oat juga mengandung banyak zat gizi, seperti antioksidan dan kalium, yang dapat membantu meningkatkan energy level Anda.

Namun jika ingin menambah rasa oatmeal, sebaiknya gunakan madu daripada gula untuk mendapatkan lebih banyak manfaat pengobatan.

Kentang Tumbuk

Makanan untuk penderita radang tenggorokan yang terbaik adalah yang memiliki tekstur lunak. Contohnya adalah kentang yang ditumbuk. Kentang tumbuk gampang dibuat, dan juga mengandung sejumlah zat gizi—termasuk magnesium dan vitamin C—jika Anda tidak membuang kulitnya. Tapi pastikan kulitnya sudah benar-benar bersih.

Selain kentang, Anda juga bisa membuat ubi jalar tumbuk, yang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Pisang

Pisang juga gampang untuk dikunyah dan ditelan, sehingga bagus sebagai camilan makanan untuk penderita radang tenggorokan.

Selain itu pisang juga mengandung kalium, vitamin C, vitamin C, dsb, yang dapat membantu menjaga tubuh tetap dalam kondisi baik meski sedang sakit.

Namun karena pisang mengandung lebih banyak gula daripada buah-buahan lain, sebaiknya batasi untuk makan 1 buah saja per hari.

Yogurt

Yogurt bagus untuk camilan atau sarapan ketika Anda sedang radang tenggorokan. Yogurt yang dingin terasa nyaman saat tenggorokan sedang sakit atau teriritasi. Ditambah lagi yogurt juga zat gizi bermanfaat seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Banyak yogurt juga mengandung probiotik—bakteri baik—yang dapat membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Namun pilihlah yogurt yang tidak mengandung banyak gula atau yang tanpa gula.

Makanan Pantangan Radang Tenggorokan

Di samping anjuran makanan untuk penderita radang tenggorokan, ada juga pantangan radang tenggorokan. Ini adalah jenis-jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari agar gejala-gejala yang dirasakan tidak bertambah parah.

Makanan Berlemak

Contoh makanan berlemak adalah daging merah, produk susu penuh lemak (full-fat), biskuit, dan makanan yang digoreng. Makanan berlemak lebih sulit dicerna tubuh dan dapat menekan sistem imun, yang dapat memperburuk gejala radang tenggorokan. Makanan yang digoreng juga sering kali memiliki lapisan tepung yang kering dan kasar, yang bisa mengiritasi tenggorokan Anda.

Makanan Asam

Pantangan radang tenggorokan berikutnya adalah makanan asam. Hindari makanan yang asam seperti jeruk, tomat, dan lemon. Asam dari makanan ini dapat mengiritasi dan memperburuk radang tenggorokan Anda. Jika Anda ingin menambah asupan vitamin C, Anda bisa mendapatkannya dari buah atau sayuran yang tidak asam seperti pepaya dan paprika.

Makanan Pedas

Makanan pedas yang mengandung cabai, pala, merica, dan cengkeh dapat memperburuk gejala radang tenggorokan. Bila Anda ingin menambah cita rasa pada masakan, Anda bisa menggunakan jahe segar, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Atau bisa juga menambahkan bawang putih.

Makanan yang Kasar

Makanan yang bertekstur kasar harus menjadi pantangan radang tenggorokan, sebab dapat menggores tenggorokan dan memperburuk rasa sakitnya. Contoh makanan yang bertekstur kasar misanya sayuran mentah, roti panggang, dan kerupuk. Anda bisa membasahi makanan yang kering dengan kaldu atau kuah, dan merebus atau mengukus sayuran agar lebih lembut dan mudah ditelan.

Pantangan Radang Tenggorokan
Pantangan Radang Tenggorokan (Credit Photo: EyeEm/Alamy Stock Photo)

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?


Bila radang tenggorokan tidak kunjung membaik lebih dari seminggu, meski sudah mengupayakan anjuran dan pantangan radang tenggorokan, konsultasikan dengan dokter Anda. Kebanyakan radang tenggorokan terjadi karena infeksi virus atau bakteri.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri mungkin harus diobati dengan antibiotik resep dokter. Jadi Anda dianjurkan untuk periksa ke dokter agar mengetahui secara pasti penyebabnya dan obat yang sesuai.

Radang tenggorokan juga dapat terjadi karena faktor lingkungan, seperti alergi musiman, asap rokok, atau bahkan udara kering. Orang yang sering mendengkur juga bisa mengalami sakit tenggorokan.

Sebaiknya periksa ke dokter jika sakit tenggorokan menjadi tak tertahankan dan memburuk atau jika disertai gejala-gejala lain seperti: kesulitan menelan atau bernapas, demam, ruam, kelenjar bengkak, dan nyeri sendi tanpa sebab.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang anjuran dan pantangan radang tenggorokan. Semoga informasi ini dapat membantu meringankan gejala-gejala yang sedang Anda rasakan. Baca juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat. https://www.healthline.com/health/cold-flu/what-to-eat-when-you-have-a-sore-throat#your-doctor

K Health. Foods to Eat and Avoid With a Sore Throat. https://khealth.com/learn/cold-and-flu/what-to-eat-sore-throat/

Livestrong.com. Foods to Avoid for a Sore Throat. https://www.livestrong.com/article/243967-foods-to-avoid-for-a-sore-throat/

Jafari, H., Ariaeifar, M. R., Yazdani Charati, J., Soleimani, A., & Nasiri Formi, E. (2016). The Effect of Green Tea Gargle Solution on Sore Throat After Coronary Artery Bypass Grafting: A Randomized Clinical Trial. Anesthesiology and pain medicine, 6(3), e32108. https://doi.org/10.5812/aapm.32108

Mandal, M. D., & Mandal, S. (2011). Honey: its medicinal property and antibacterial activity. Asian Pacific journal of tropical biomedicine, 1(2), 154–160. https://doi.org/10.1016/S2221-1691(11)60016-6

Rennard, B. O., Ertl, R. F., Gossman, G. L., Robbins, R. A., & Rennard, S. I. (2000). Chicken soup inhibits neutrophil chemotaxis in vitro. Chest, 118(4), 1150–1157. https://doi.org/10.1378/chest.118.4.1150

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}