7 Pilihan Obat Radang Tenggorokan Alami yang Efektif


By Cindy Wijaya

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!

Radang tenggorokan bikin kita merasa sakit, gatal, atau iritasi di tenggorokan. Gejala itu biasanya jadi semakin buruk ketika kita mencoba menelan sesuatu, atau mungkin kita jadi kesulitan untuk menelan makanan dan minuman. Meski radangnya tidak parah, itu tetap membuat kita tidak nyaman. Kabar baiknya, ada berbagai pilihan obat radang tenggorokan alami untuk meredakan rasa sakit dan iritasi.

Penyakit ini sebenarnya adalah reaksi kekebalan tubuh terhadap infeksi dari virus atau bakteri. Reaksi kekebalan tersebut memicu peradangan dan pembengkakan pada selaput lendir di tenggorokan. Nah, berikut ini akan dikupas sejumlah cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang dapat meringankan peradangan dan pembengkakan tersebut.

Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan obat radang tenggorokan alami yang sudah banyak diketahui orang. Garam membantu mengurangi pembengkakan dengan cara menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Bahan alami ini juga membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan.

Untuk melakukan cara menyembuhkan radang tenggorokan secara alami, gabungkanlah 1 gelas air hangat dengan 1 sendok teh garam kemudian aduk sampai tercampur merata. Berkumurlah dengan air garam ini selama 30 detik setiap jam sekali.

Madu

Madu juga merupakan obat radang tenggorokan alami yang sudah sering digunakan, biasanya dengan dicampur bahan alami lainnya. Madu dapat membantu mengatasi infeksi dan meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Manfaatnya untuk radang tenggorokan terutama akan efektif jika dicampurkan dengan air hangat dan cuka apel atau herbal.

Namun ada pengingat bahwa anak-anak di bawah 1 tahun disarankan tidak diberi madu. Usus mereka belum memiliki bakteri sehat yang dapat melawan beberapa kuman, seperti spora botulisme, yang terkadang terdapat pada madu.

Baking Soda

Selain air garam, berkumur baking soda yang dicampur air garam juga dapat menjadi cara menyembuhkan radang tenggorokan secara alami. Berkumur dengan campuran ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Lembaga National Cancer Institute menyarankan membuat campuran ini dari 1 gelas air hangat, ¼ sendok teh baking soda, dan 1/8 sendok teh garam. Mereka menyarankan untuk berkumur setiap 3 jam sekali.

Air Perasan Lemon

Air perasan lemon merupakan obat radang tenggorokan alami yang juga bermanfaat untuk pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lain. Kandungan tersebut melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang biasanya muncul setiap terjadi penyakit.

Lemon juga meningkatkan produksi air liur yang bisa membantu menjaga kelembapan selaput lendir di tenggorokan.

Untuk cara mengobati radang tenggorokan secara alami, campurkan air perasan lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam untuk memaksimalkan manfaatnya.

Teh Jahe

Jahe adalah rempah yang punya manfaat anti-bakteri dan anti-radang sehingga dapat dijadikan obat radang tenggorokan alami.

Sejumlah penelitian di laboratorium mendapati bahwa esktrak jahe mampu membunuh beberapa virus dan bakteri penyebab penyakit pernapasan. Juga mampu mengurangi peradangan pada penderita tuberkulosis, yang merupakan penyakit paru-paru.

Untuk cara menyembuhkan radang tenggorokan secara alami, kita bisa membuat sendiri teh jahe di rumah:

Bahan-bahan:

  • Jahe yang masih segar
  • 1 liter air
  • 1 sendok teh madu atau pemanis lain sesuai keinginan
  • Air perasan 1 buah lemon

Langkah-langkah:

  • Kupas jahe dan parut ke dalam mangkuk kecil.
  • Masak air sampai mendidih di panci besar, lalu matikan api.
  • Masukkan 1 sendok makan parutan jahe ke dalam panci dan tutup panci.
  • Biarkan selama 10 menit.
  • Tambahkan madu (atau pemains lain) dan air perasa lemon, aduk hingga tercampur.

Teh jahe ini dapat dipanaskan kembali atau dihidangkan dingin-dingin, tergantung selera.

Bawang Putih

Bawah putih juga memiliki efek anti-bakteri. Bahan alami ini mengandung alisin, yaitu senyawa organosulfer yang telah diketahui manfaatnya untuk melawan infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur bisa membantu mencegah virus penyebab pilek (yang salah satu gejalanya adalah sakit tenggorokan).

Menambahkan bawang putih ke dalam menu makan sehari-hari juga dapat memberikan manfaat anti-mikroba.

Untuk cara mengobati radang tenggorokan secara alami cobalah mengisap satu siung bawang putih. Tetapi kita mungkin harus menyikat gigi setelahnya untuk melindungi senzim dan untuk menyegarkan kembali aroma mulut.

Peppermint

Peppermint dikenal dengan manfaatnya untuk menyegarkan napas. Semprotan berisi minyak peppermint yang diencerkan juga dapat dijadikan obat radang tenggorokan alami.

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir serta meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-radang, anti-bakteri, dan anti-virus, yang dapat mempercepat penyembuhan.

Namun sebagai pengingat, jangan menggunakan minyak peppermint tanpa mencampurnya terlebih dulu dengan minyak pembawa (pelarut) seperti minyak zaitun.

Untuk cara menyembuhkan radang tenggorokan secara alami, campurkan 5 tetes minyak peppermint dengan minyak pembawa.

Jika Ingin Membeli Produk Obat Radang Tenggorokan Alami

Terkadang kita tidak ada waktu untuk menyiapkan sendiri obat alami seperti di atas, dan ingin membeli saja produk yang sudah jadi. Tetapi kita perlu berhati-hati saat membeli produk obat radang tenggorokan alami yang dijual secara offline maupun online.

Sebab tidak semua yang benar-benar berkualitas, bahkan tidak sedikit yang palsu. Jadi berikut kami berikan beberapa tips membeli produk herbal atau suplemen untuk mengobati radang tenggorokan:

  • Pastikan bahan baku dari produk tersebut benar-benar bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan.
  • Pilih produk yang sudah terdaftar di BPOM RI sebagai obat tradisional atau suplemen dan sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI.
  • Periksa apakah terdapat petunjuk dosis pemakaian yang jelas pada kemasan produk, karena pemakaian herbal/suplemen akan lebih efektif jika dosisnya tepat.
  • Sebaiknya hindari yang tidak bermerek, sebab akan sulit untuk memastikan apakah produsen tersebut bisa dipercaya.
  • Jangan tergoda dengan harga yang terlalu murah, sering kali bahan bakunya kurang bermutu atau bahkan palsu.

Semoga tips-tips tersebut membantu Anda untuk memilih produk yang benar-benar efektif untuk cara menyembuhkan radang tenggorokan secara alami.

Kesimpulan tentang Obat Radang Tenggorokan Alami

Apapun cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang dipilih, lakukanlah secara teratur. Biasanya manfaatnya baru akan terasa jika dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu.

Namun apabila tidak terasa manfaatnya meski sudah cukup lama melakukannya, ada baiknya untuk periksa ke dokter. Kita juga sebaiknya pergi ke dokter jika radang tenggorokan sudah dialami berhari-hari tanpa tanda-tanda perbaikan atau jika semakin memburuk.

Radang tenggorokan yang parah atau yang lama tidak sembuh mungkin disebabkan oleh faringitis streptokokus, tonsilitis (radang amandel), atau infeksi serius lain yang harus ditangani secara medis.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang pilihan obat radang tenggorokan alami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. 12 Natural Remedies for Sore Throat. URL: https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies

Medical News Today. 15 natural remedies for a sore throat. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>