Kiat Praktis Meredakan Radang Tenggorokan

398

Diedit:

Kemungkinan besar Anda pernah merasakan gejala sakit tenggorokan setidaknya sekali sepanjang hidup Anda. Gatal, perih, dan sensasi terbakar di tenggorokan pasti sangat mengganggu, apalagi jika ditambah dengan flu dan infeksi virus. Tapi ada kabar baik, Anda bisa meredakan radang tenggorokan dengan cara yang cukup sederhana.

Berkumur dengan Air Garam

Garam dapat menarik keluar lendir dari dalam tenggorokan yang bengkak dan meradang, serta membantu meringankan gejala radang tenggorokan.

Menurut situs kesehatan Mayo Clinic, larutan air garam dibuat dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dalam kurang lebih 200 mm air hangat. Aduk sampai garam larut dan berkumurlah selama beberapa detik lalu buang. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai beberapa hari berikutnya atau sampai radang tenggorokan mereda.

Cobalah Permen Hisap Pelega Tenggorokan

Permen hisap yang mengandung mentol dapat dengan lembut membuat tenggorokan kebas. Hal ini memberikan kebebasan sementara dari rasa nyeri dan perih di tenggorokan. Pepermin juga memberikan efek yang sama dengan mentol.

Di samping efek kebas yang diberikannya, permen hisap pun bisa meningkatkan produksi air liur yang menjaga tenggorokan Anda tetap lembap. Jika permen hisap tidak cukup, Anda bisa mencoba obat hisap yang disebut lozenge.

Nikmati Kesegaran Madu

Secangkir teh hangat yang sudah ditambahkan madu akan menyegarkan tenggorokan Anda. Madu punya manfaat lain bagi Anda, sebuah riset menunjukkan keefektifan madu dalam meredakan batuk—gejala yang sering menyertai radang tenggorokan.

Legakan Tenggorokan dengan Banyak Cairan

Jika tidak mendapat cukup cairan, tubuh Anda tidak akan memproduksi air liur dan mukus yang cukup untuk melumasi tenggorokan. Hal ini akan memperburuk radang dan pembengkakan di tenggorokan.

Minumlah lebih banyak air hangat agar tenggorokan tetap lembap serta mencegah dehidrasi. Coba juga minuman hangat lain, termasuk sup hangat. Pastikan agar setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi dihidangkan hangat, bukan panas, karena panas justru membakar tenggorokan Anda yang sensitif akibat radang.

Baca juga:  Sakit Radang Tenggorokan: Info Penting bagi Anda

Manjakan Diri dengan Berendam Air Hangat

Uap dari air hangat diyakini manjur dalam meredakan ketidaknyamanan akibat radang tenggorokan. Nikmati kehangatannya, hiruplah uapnya secara perlahan, dan rasakan sendiri manfaatnya.

Jika tidak mau repot-repot menyiapkan air hangat, Anda bisa mencoba menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar. Letakkan handuk di atas kepala dan bungkukkan kepala ke arah mangkuk. Tarik napas dalam beberapa kali selama beberapa menit dan ulangi sampai Anda merasa lebih lega.

Radang tenggorokan sering kali disebabkan oleh virus, namun pada beberapa kasus bakteri pun bisa menyebabkan radang. Jika demikian kasusnya, Anda mungkin memerlukan obat yang lebih manjur untuk meredakan radang tenggorokan. Konsultasikanlah dengan dokter tentang cara penanganan terbaik bagi Anda.

Advertisement
Alinesia