Lelah dengan Perut Buncit? Inilah Tips Kreatif Membakar Kalori yang Bisa Anda Coba!

476

Diedit:

Tidak semua punya waktu untuk lari mengelilingi komplek dipagi hari atau pergi ke tempat fitness selama berjam-jam setiap minggu hanya untuk mengecilkan perut. Kalau Anda salah satu orang yang sibuk, Anda tak perlu khawatir sebab ada banyak cara lain untuk membakar kalori. Ikutilah tips-tips kreatif membakar kalori berikut ini.

Tertawalah

Memang benar kata banyak orang, tertawa bisa jadi obat mujarab. Menurut sebuah studi di Vanderbilt University Medical Center, tertawa dalam jumlah waktu 10 – 15 menit mengeluarkan energi sebanyak 10 – 40 kalori per hari.

Ini artinya Anda dapat kehilangan 2 kg dalam setahun hanya dengan tertawa. Jadi, jangan tahan ketawa Anda dan kembangkanlah selera humor yang tinggi.

Jalan Kaki Selama di Kantor

Terjebak di meja kerja hampir sepanjang hari? Jangan biarkan hal tersebut membuat Anda kurang gerak. Anda bisa bangkit berdiri dan berjalan ke sekeliling kantor sambil meregangkan otot-otot yang tegang. Jika waktunya cukup, cari makan siang Anda di tempat yang agak jauh dari kantor.  

Jika kantor Anda terletak di lantai atas, gunakanlah tangga daripada lift. Ketika jam kerja berakhir, kelilingi lagi kantor Anda sebelum pulang atau pulang jalan kaki jika rumah Anda dekat.

Berapa banyak kalori yang dibakar? Anda mengeluarkan sekitar 40 kalori jika berjalan 10 menit. Kalau kecepatan berjalannya ditambah, kalori yang dibakar menjadi 10 kalori setiap 5 menit.

Tata Ulang Kebun Anda

Tata ulang tanaman beserta tubuh Anda! Menyapu daun, mengatur tanaman, dan memotong rumput adalah cara yang bagus untuk merapikan kebun sekaligus mengencangkan otot-otot. Bayangkan, hanya dengan berjalan mengelilingi kebun dengan mesin pemotong rumput selama 45 menit dapat membakar 200 kalori.

Menarilah dengan Riang

Buat ruang kosong di rumah khusus untuk tempat menari dan nyalakan musik kesukaan Anda. Putar video musik dan pelajarilah gerakan tari favorit Anda. Bergantung pada tipe dan intensitas tarian, menari selama 20 menit saja bisa membakar 90 – 100 kalori.

Ajak Jalan Peliharaan Anda

Tentu Anda sudah merasakan sendiri keuntungan memelihara binatang—khususnya anjing. Rumah jadi aman dari pencuri dan Anda dibuat senang dengan tingkah lucunya. Tapi, sudahkah Anda rutin mengajaknya jalan-jalan?

Berjalan kaki bersama dengan sahabat kecil yang berbulu ini dapat mengecilkan lingkar pinggang. Tapi jangan terlalu santai saat mengajaknya jalan, karena kalori yang dibakar saat Anda berjalan cepat selama 25 menit mencapai 98 kalori.

Aktivitas fisik tidak akan membantu membentuk tubuh jika Anda makan asal-asalan. Tips membakar kalori di atas tidak berlaku apabila Anda terbiasa ´nambah´ saat makan atau suka ´ngemil´ di malam hari. Jadi, perbaikilah pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi dan jangan lupa minum banyak air.

Advertisement
Alinesia